Pemkab Pasbar Siapkan 256 Titik Pengamanan TdS


Rabu, 08 November 2017 - 00:52:04 WIB
Pemkab Pasbar Siapkan 256 Titik Pengamanan TdS Bupati Pasaman Barat Syahiran di dampingi Wakil Bupati Yulianto, Ketua DPRD Pasaman Barat Dalius K dan Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, saat memimpin rapat persiapan pengaman TdS etape 6 di Aula Mapolres Pasaman Barat. (Idenvi Susanto)

PASBAR,HALUAN-- Pemerintah Pasaman Barat dan Polres Pasaman Barat akan melakukan pengamanan Finishing Tour den Singkarak (TdS) di 256 titik pada etape 6 Kamis 23 November 2017 mendatang. Hal ini disampaikan Bupati Pasaman Barat Syahiran.

 

"Benar, Pemkab Pasaman Barat bersama instansi terkait menggelar rapat finishing tentang pengamanan TdS 2017," tutur Bupati Pasaman Barat Syahiran kepada Haluan, Selasa (7/11)

 

Menurutnya Syahiran berdasarkan hasil rapat Polres Pasaman Barat bersama Pemkab sepakat menurunkan 529 personil dengan 256 titik pengamanan disetiap tempat yang telah di tentukan nanti.

 

"Personel itu terdiri atas anggota Polres, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Orari, FKKPI dan TNI. Selain itu juga dari instansi lainnya.

Fokus pengamanan akan dipusatkan di setiap persimpangan yang ada sepanjang 45 kilometer dari perbatasan Pasaman-Pasaman Barat," sebut Syahiran.

 

Syahiran menambahkan untuk persiapan lainnya, Pemkab Pasaman Barat akan melakukan uji coba lintasan pada 21 November dengan mengadakan lomba balap sepeda berhadiah yang akan di ikuti seluruh instansi terkait.

 

"Untuk pelaksanaan TdS 2017 ini Pasaman Barat memperoleh bagian untuk finish di depan kantor bupati setempat. Sedangkan startnya dimulai dari Pariaman".

 

Pihaknya melalui Dinas Pariwisata menyiapkan anggaran untuk TdS 2017 sebesar Rp800 juta ditambah anggaran dari jajaran Organisasi Perangkat Daera lain seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya.

 

"Anggaran itu akan digunakan untuk pelaksanaan TdS sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. Kita berharap melalui ajang ini bisa meningkatkan promosi wisata dan daerah Pasaman Barat," tambahnya.

 

Penyambutan TdS di Pasaman Barat tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Akan ada Pesta rakyat dan pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM).

 

Pesta rakyat itu nantinya akan menampilkan kesenian yang ada di Pasaman Barat, seperti ronggeng, randai, gondang sembilan dan band-band generasi muda serta masih banyak yang lainnya.

 

Stahiran mengakui pada awalnya, pihaknya menargetkan Pasaman Barat dijadikan lokasi start dan finis TDS, namun tidak bisa dilakukan karena keterbatasan.

 

"Kita tidak bisa memutuskan, apalagi jalan yang akan dilewati oleh peserta TdS menjadi penting sekali. Rencana kita memang akan melewati Aia Bangis, tapi tidak bisa dilakukan karena jalan kurang memadai," katanya.

 

Syahiran berharap semua pihak dapat mendukung ajang TdS sebab, ajang ini tidak hanya sebagai kalender tahunan pemerintah pusat saja tetapi dijadikan ajang promosi wisata dan segala potensi yang ada.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Daspresi Bahar melalui Kabag Humas Pemkab Pasaman Barat M. Syahril mengatakan pihaknya melalui bidang kehumasan akan memaksimalkan ajang TdS ini untuk promosi potensi wisata yang ada Pasaman Barat kepada pihak luar.

 

"Kita akan memaksimalkan ajang TdS ini untuk mempromosi potensi yang dimiliki Pasbar. Karna Pasbar merupakan wilayah yang kaya wisata dan kaya sumber daya alamnya". Pungkasnya. (h/mg-idn)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM