Nyabu, Pasutri Jalani Persidangan


Rabu, 08 November 2017 - 12:17:08 WIB
Nyabu, Pasutri Jalani Persidangan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kosumsi narkoba jenis sabu, pasangan suami istri Rajali Lubis (35) dan Ernawati (35) merasakan duduk di kursi persakitan, Pengadilan Negeri (PN) Padang, Selasa (7/11). Dengan agenda sidang pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fitria Pada Kejaksaan Negeri (kejari).

Selain pembacaan dakwaan, JPU hadirkan dua saksi penangkapan, yaitu Suryadi dan Akmal yang menerangkan bahwa kedua terdakwa ditangkap di pinggir Jalan Kampung Nias Padang Selatan Kota Padang.

"Sebelum melakukan penangkapan, kami mendapat informasi dari masyarakat, bahwa kedua terdakwa telah memiliki narkotika jenis sabu. Berdasarkan itu kami langsung ke lokasi, " kata Suryadi pada kesaksiannya dalam persidangan.

Lebih lanjut dikatakan Syuryadi, berdasarkan keterangan para terdakwa waktu pemeriksaan di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) keduanya mendapat barang tersebut dari temannya yakni In Kaliang yang saat ini masuk kedalam daftar pencarian orang (DPO) dengan cara membeli dan akan dipakai oleh pasangan suami istri ini.

"Berapa beratnya kami tidak tahu buk hakim, tapi yang jelas sabu dibeli kepada DPO In Kaliang satu paket kecil sabu seharga Rp150 ribu," sebutnya lagi menjawab pertanyaan dari Hakim.

Kemudian Suryadi juga menjelaskan, pada saat pemeriksaan di TKP, terdakwa menyembunyikan BB tersebut dengan menginjak karena sebelumnya BB dilemparkan oleh istrinya ke arah bawah. Namun setelah diamankan, keduanya langsung digiring ke kantor polisi untuk diperiksa lebih lanjut.

Terhadap keterangan saksi dan barang bukti yang dihadirkan jaksa, dihadapan ketua majelis hakim Agnes Sinaga yang didampingi oleh Ari Muladi dan Inna Herlina sebagai hakim anggota, pasangan sumai istri, yang merupakan tukang parkir dan ibu rumah tangga tersebut tidak bisa lagi mengelak dan membenarkan apa yang diungkap para saksi.

Sementara dalam dakwaan JPU disebutkan, hasil dari mengujian laboratorium dan setelah ditimbang, barang bukti tersebut seberat 0,12 gram yang ditemukan tim penangkapan di bawah kaki terdakwa Rajali Lubis.

Atas perbuatannya, kedua terdakwa dijerat pidana sebagaimana diatur dalam pasal 127 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang mengatakan bahwa setiap Penyalah Guna narkotika Golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.(h/mg-hen).

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 11:25:58 WIB

    Tengah Asyik Nyabu, Firdaus Diciduk Polisi

    Tengah Asyik Nyabu, Firdaus Diciduk Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Unit Reserse Narkoba Polresta Padang mengamankan seorang laki-laki merupakan pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu di wilayah Andalas, Kecamatan Padang Timur, Padang, Minggu (6/1). Penangkapan.
  • Jumat, 16 November 2018 - 09:48:25 WIB

    Nyabu, Dua Warga Gantiang Diciduk Polisi di Payakumbuh

    Nyabu, Dua Warga Gantiang Diciduk Polisi di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Dua warga Gantiang Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kota Payakumbuh diciduk anggota Satresnarkoba Polres Payakumbuh, Rabu (14/11). Keduanya diamankan polisi ketika sedang menghisap narkoba jenis s.
  • Rabu, 22 November 2017 - 17:07:25 WIB

    Nyabu, Pasutri di Padang Dituntut 4 Tahun

    Nyabu, Pasutri di Padang Dituntut 4 Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinilai terbukti menggunakan narkoba jenis sabu, pasangan suami istri terdakwa Rajali Lubis (35) dan terdakwa Ernawati (35) dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama empat tahun penjara, di Pengad.
  • Rabu, 06 September 2017 - 22:21:44 WIB

    Nyabu, 2 Pemuda Divonis 5 Tahun

    Nyabu, 2 Pemuda Divonis 5 Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terdakwa Hafis (27) dan rekanya Syafri Anto (20) divonis masing-masing 5 tahun penjara, oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas I A Padang. Pasalnya, kedua terdakwa ini dinyatakan bersalah dalam .
  • Rabu, 19 Juli 2017 - 11:34:02 WIB

    Nyabu, Tiga Pemuda Dipenjara 16 Bulan

    Nyabu, Tiga Pemuda Dipenjara 16 Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tiga terdakwa M.Nur (26), Rudin Ardiansyah (25), dan Erik Ardian (26), hanya tertunduk dan diam saat mendengarkan vonis oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Padang, Selasa (18/7)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]