BNNP Targetkan Rehab 190 Pecandu Narkoba


Jumat, 10 November 2017 - 01:17:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BNNP Targetkan Rehab 190 Pecandu Narkoba KABID Rehabilitasi BNNP Sumbar, Suryadi Boy saat memberikan materi pada Rakor tingkat kota/kabupaten dengan dinas terkait di wilayah kerja BNNK Sawahlunto, di Hotel Ombilin, Kamis (9/11). RIKI YUHERMAM

SAWAHLUNTO, HALUAN - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat menargetkan melakukan rehabilitasi bagi 190 orang pemakai atau pecandu narkotika. Hingga awal November 2017, BNNP Sumbar telah melakukan rehab kepada 173 orang. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi Sumatera Barat, Drs Suryadi Boy dalam rapat koordinasi tingkat kota/kabupaten dengan dinas terkait di wilayah kerja BNNK Sawahlunto, di Hotel Ombilin setempat, Kamis (9/11).

 

Diungkapnya juga, penyalahgunaan narkoba dikalangan umum sangat memprihatinkan dengan banyaknya kasus-kasus yang terjadi saat ini. Terlebih dikalangan artis yang terpublikasi oleh media sehingga seolah-olah marak dikalangan tertentu saja. Padahal realitanya di Sumbar sendiri juga banyak penggunanya.

"Dari data BNN pengguna narkoba dari semua kalangan baik anak kecil maupun dewasa mencapai 63 ribu lebih. Sebenarnya dikalangan umum banyak yang menggunakan, hanya saja artis banyak dipublikasi oleh media. Sumbar juga banyak pengguna narkoba. Dan narkoba itu sudah menjadi jalur lintasan dan kita harus waspada," ujarnya.

 

Maka dari itu, lanjutnya, BNNP Sumbar ataupun BNNK Sawahlunto melakukan beberapa langkah dengan mengedukasi kepada semua elemen masyarakat menangani bahaya narkoba melalui program Pencegahan dan Pemberdayaan Narkotika (P2N). Pemnerantasan Narkoba katanya, tidak mungkin dibebankan kepada BNN saja, tapi butuk kerjasama semua pihak tetmasuk instansi terkait di kota ini.

"Adapun program rehabilitasi yang dijalankan oleh BNNP saat ini perlu dibantu oleh beberapa instansi terkait. BNN dan instansi terkait harus sepakat akan meningkatkan program rehabilitasi, rehabilitasi itu tidak mungkin bisa berjalan hanya oleh BNN saja," katanya.

 

Sementara itu, Kepala BNNK Sawahlunto, Drs Guspriadi menambahkan, mekanisme pelaksanaan program rehab membutuhkan peran aktif lingkungan dan keluarga sebagai ujung tombak dalam memanfaatkan intensitas komunikasi antar anggota keluarga.

"Rakor ini berfungsi untuk memetakan potensi sekaligus antisipasi dimasing-masing instansi. Melalui rakor rehabilitasi dengan instansi terkait, diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan konsultasi penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

 

Hingga November 2017, BNNK Sawahlunto telah dan tengah melakukan rehabilitasi sebanyak 24 orang. Sedangkan di 2016 lalu juga telah direhab sebanyak 28 orang pecandu narkoba. (h/mg-rki)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 Maret 2019 - 10:47:37 WIB

    BNNP Sumbar Musnahkan Sekilo Sabu-sabu

    BNNP Sumbar Musnahkan Sekilo Sabu-sabu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar melakukan pemusnahan terhadap satu kilogram (kg) sabu-sabu di Kantor BNNP Sumbar, yang merupakan hasil dari penangkapan empat pelaku diduga pengedar d.
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 11:23:07 WIB

    Pejabat di BNNP Sumbar Resmi Dilantik

    Pejabat di BNNP Sumbar Resmi Dilantik PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan pengawas, dan jabatan fungsional tertentu, Selasa (19/2) di Aula Kantor BNNP.
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 11:01:06 WIB

    BNNP Sumbar Laksanakan Layanan Rehabilitasi

    PADANG, HALUAN — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melaksanakan program layanan pascarehabilitasi di Rumah Sakit Bhayangkara di Jalan Jati, Kecamatan Padang Utara, Kamis (28/7) meru­pa­kan salah sa.
  • Senin, 16 Mei 2016 - 16:50:18 WIB

    Giliran Pejabat Pemko Bukittinggi Jalani Tes Urine BNNP Sumbar

    Giliran Pejabat Pemko Bukittinggi Jalani Tes Urine BNNP Sumbar BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melakukan tes urine kepada pejabat di lingkungan Pemko Bukitt.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM