Retribusi Naik, Dinas Perdagangan Padang Raup Rp5,1 Miliar


Jumat, 10 November 2017 - 11:52:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Retribusi Naik, Dinas Perdagangan Padang Raup Rp5,1 Miliar Jalan Permindo, Pasar Raya, Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hingga penghujung tahun 2017, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perdagangan telah capai Rp5,1 miliar. Ditargetkan, pada akhir Desember capaian retribusi akan mencapai angka Rp6 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal pada Haluan, Kamis (9/11) mengatakan, capaian angka tersebut patut diapresiasi. Pasalnya, dibanding tahun-tahun sebelumnya retribusi jauh meningkat tajam.

“Sejak tiga tahun belakangan, pada tahun 2015 retribusi hanya mencapai Rp2,5 miliar, meningkat pada tahun 2016 dengan angka Rp3 miliaran. Namun pada tahun 2017 ini sudah lebih pada angka Rp5 miliar. Kita yakin bisa capai Rp6 miliar,” terangnya.

Disampaikannya, faktor yang mempengaruhi capaian tersebut yaitu penerapan ekstra pemungutan retribusi. Jika pada tahun sebelumnya terapan tidak begitu gesit, tahun ini lebih diperbaiki penerapannya. Selain itu, juga dipengaruhi faktor kenaikkan tarif retribusi.

“Kita lebih gesit dari tahun sebelumnya. Baik dengan cara persuasif maupun ekstra ketegasan. Itulah faktor terbesar capaian melonjak selain kenaikan tarif,” tambahnya.

Endrizal juga menjelaskan, retribusi diperoleh dari harian oleh Pedagang Kaki Lima (PKL), bulanan oleh kios dan toko, wc, royalti Plaza Andalas dan berkaitan tera ulang serta bidang kemetrologian.

“Kita juga akan menunggu cicilan ataupun pelunasan dari pihak Sentral Pasar Raya (SPR). Itu juga termasuk angka yang lumayan besar,” imbuhnya.

Ia optimis angka yang terus diperoleh untuk PAD akan terus meningkat dari tahun ke tahun. “Dengan kegigihan dan kerja keras tentu saja akan menghasilkan sesuatu yang baik,” pungkasnya. (h/win)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM