Jalan Tani IV Koto Dilewati Truk Bertonase Lebih


Selasa, 14 November 2017 - 03:47:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jalan Tani IV Koto Dilewati Truk Bertonase Lebih BERTONASE LEBIH - Terlihat truk fuso berbelok menuju jalan tani. Padahal jalan tersebut sudah dipasang plang larangan bahwa yang boleh lewat truk muatan di bawah 8 ton. OSNIWATI

PASBAR, HALUAN — Jalan tani yang berada disepanjang jalan Sumber Agung Jorong IV Koto-Jorong Tandikek, Kecamatan Kinali dilewati oleh truk barang dan tronton dengan kapasitas lebih dari 10 ton dan mobil tronton dengan roda 10 dengan kapasitas 18-30 ton. Padahal Dishub Pasbar sudah memasang plang bahwa mobil barang diatas 8 ton dilarang masuk.

Masyarakat didua kejorongan tersebut  sudah mengeluh dengan kondisi tersebut. Dicemaskan, jalan akan cepat rusak dan mengancam keberadaan masyarakat sekitar. Karena truk dan tronton bermuatan kelapa sawit tersebut juga tidak diberi pengamanan berupa jaring, sewaktu-waktu mengancam nyawa masyarakat yang berselih dengan truk tersebut. Masyarakat juga sudah melayangkan surat keresahan kepada Pemkab Pasbar yang ditujukan kepada Disbub.

Ketua Pemuda Jorong IV Koto, Zainuddin kepada Haluan Senin (13/11) menyebut, jalan tersebut hampir dilewati delapan truk setiap harinya. Pemuda juga tidak memiliki kewenangan untuk melakukan larangan secara langsung. Pihaknya berharap pihak terkait yang melakukan tugasnya dan mengembalikan fungsi jalan tersebut kembali ke semula.

“Ini hanya jalan tani, bukan jalan proyek atau jalan truk serta tronton. Jika terus dibiarkan maka lambat laun jalan ini akan rusak. Kepada pemerintah, kami juga sudah melayangkan surat terkait kondisi tersebut,” papar Zainuddin.
Ia menambahkan, jika tidak ada respon dari pemerintah jangan salahkan nanti jika pemuda melakukan tindakan sendiri. Pasalnya, jalan tani tersebut hanya diperbaiki oleh pemerintah tidak setiap tahunnya. Jika terus dilewati oleh truk tronton maka jalan itu akan cepat rusak dan nyawa masyarakat terancam.

“Kami akan tunggu dalam minggu ini, jika tidak ada tanggapan maka kami akan lakukan tindakan sendiri lagi,” tegas Zainuddin.

Sementara itu, pemuda Jalan Sumber Agung Jorong IV Koto  Santo juga sudah melakukan penolakan sama seperti yang dilakukan oleh masyarakat Tandikek. Ketika truk tersebut lewat masyarakat terpaksa turun dari bahu jalan karena takut dilindas dan tertimpa buah kelapa sawit yang tidak pakai pengamana seperti jaring.

“Masyarakat sudah bersabar selama ini. Kalau mobil yang sudah ditentukan oleh pemerintah kami tidak masalah. Ini mobil yang membawa sawit 18 hingga 25 ton setiap hari. Kami tidak masalah sebenarnya dengan kondisi atau truk tersbut, tapi jangan lewat jalan tani. Kan ada jalan lain yang bisa dilewati oleh truk tersebut,” papar Santo.

Selain itu, tandas Santo, Pemkab Pasbar seakan tidak mendengar keluh kesah masyarakat pengguna jalan setiap harinya. Masyarakat lewat jalan harus mengalah turun dari bahu jalan menghindari ancaman mobil besar jenis Fuso ditambah lagi muatan mobil tanpa jaring pengaman.

“Banyak hal yang dilanggar, namun pemerintah seakan diam saja,” tandas Santo.

Jauh hari masyarakat sudah sampaikan keluhan ini melalui surat pengaduan kepada Pemda, Dishub, DPRD, Polres, camat, Polsek Kinali,  wali nagari, serta jorong setempat.

“Namun sampai ini hari belum ada tindakan tegas yang dilakukan oleh Pihak berwajib. Kita berharap ada tindakan dari pemerintah,” tutur Santo.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pasbar Adrinaldi mengatakan untuk penindakan di lapangan sudah dikoordinasikan dengan Polantas. Karena hal tersebut adalah kewenangan Polantas sesuai dengan UU 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan barang.

“Sebaiknya koordinasikan juga dengan Polres Pasbar, karena tindak menindak kewenangan mereka,”t andas Adrinaldi. (h/ows)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 09:00:57 WIB

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD

    16 Ribu Pelamar Kemenag Sumbar Jalani SKD PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 16.151 peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk penempatan Kementerian Agama (Kemenag) di Provinsi Sumbar mulai bertarung di gelanggang seleksi kompetisi dasar (SKD), Sela.
  • Sabtu, 13 Oktober 2018 - 23:11:29 WIB

    Ruas Jalan akan Dilewati TdS di Kabupaten Sijunjung Segera Diperbaiki

    Ruas Jalan akan Dilewati  TdS di Kabupaten Sijunjung Segera Diperbaiki SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Ruas jalan provinsi dan kabupaten yang akan dilewati para pebalap Tour de Singkarak (TdS) etape 1 di Kabupaten Sijunjung segera diperbaiki. Proses perbaikan jalan tersebut akan dimulai pada minggu .
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 08:13:08 WIB

    Percepat Pemerataan Kemajuan,  Pemko Padang Buka Tiga Ruas  Jalan Baru

    Percepat Pemerataan Kemajuan,  Pemko Padang Buka Tiga Ruas  Jalan Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (pemko) Padang terus melakukan pembukaan akses atau jalan baru di sejumlah ruas kota. Tahun ini, setidaknya ada tiga titik jalan baru yang sedang dalam pengerjaan..
  • Rabu, 03 Oktober 2018 - 09:19:02 WIB
    MASYARAKAT TOLAK HARGA GANTI RUGI 

    Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin Mangkrak

    Proyek Jalan  Tol  Padang-Sicincin  Mangkrak PADANG, HARIANHALUAN.COM– Pembangunan jalan tol seksi 1, Padang – Sicincin terancam tak jalan. Pasalnya, sampai saat ini tak ada kesepakatan harga tanah antara masyarakat pemilik dengan pemerintah. Masyarakat enggan melep.
  • Senin, 24 September 2018 - 15:52:43 WIB

    Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan

    Ratusan Warga Demo, Desak Bupati Irfendi Arbi Bangun Jalan SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM-Ratusan warga dari dua  kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu warga Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak Kecamatan Mungka dan warga Jorong Sungai Data Kecamatan Harau, unjuk rasa ke  kantor .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM