Realisasi e-KTP Tanah Datar Baru 92,91 Persen


Selasa, 14 November 2017 - 03:50:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Realisasi e-KTP Tanah Datar Baru 92,91 Persen ELIZABETH

TANAH DATAR, HALUAN - Hingga pertengahan November ini, realisasi perekaman KTP elektronik dan akte kelahiran di Tanah Datar belum maksimal. Hal itu terkendala sering rusaknya mesin perekam dan printer pencetak kartu identitas kependudukan yang ada di lima kecamatan di Tanah Datar. Akibatnya, hingga saat ini realisasi akte kelahiran baru tercapai 77 persen dan 92.91 persen untuk perekaman KTP.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Datar, Elizabeth kepada Haluan, Senin (13/11) mengatakan, rusaknya mesin perekam dan printer tersebut menjadi kendala utama dalam realisasi capaian target.
Dikatakan, berdasarkan laporan regular pada Oktober kemarin, dari 366.136 jiwa jumlah penduduk Tanah Datar, 270.742 jiwa merupakan wajib KTP. Namun, dari jumlah itu baru 251.534 jiwa yang telah melakukan perekaman. Sedangkan yang baru mencetak KTP secara regular baru 249.196 jiwa.
“Total cetak Oktober kemarin sebanyak 2.066 keping, dengan sisa blangko kita sebanyak 1.660 keping, yang belum cetak masih terdata sebanyak 2.338 keping. Artinya, hingga awal November ini realisasi kita baru 92,91 persen,” jelasnya.
Selain persoalan kerusakan mesin pencetak dan perekaman sebut Elizabeth, kesadaran masyarakat juga menjadi kendala dalam pencapaian realisasi target. Padahal, menurutnya antisipasi dari sering rusaknya mesin tersebut, Disdukcapil telah melakukan proses jemput bola ke nagari-nagari yang ada.
"Setiap nagari kita kunjungi selama tiga hari, tetapi masih saja terdapat banyak warga yang tidak mengikuti hal itu, mereka seolah enggan untuk mengurus KTP, ini jadi persoalan juga saat ini,” jelas Elizabeth.
Tanah Datar saat ini dapat melakukan perekaman KTP langsung di Kantor Disdukcapil Batusangkar. “Guna membantu warga beberapa kecamatan telah kita berikan mesin pencetak KTP, diantaranya di Kecamatan Lintau Buo Utara, X Koto, Batipuh, Sungaitarab dan Kecamatan Rambatan,” ujarnya.
Namun, sejak awal hingga saat ini dilima kecamatan itu, mesin yang diperbantukan untuk mempermudah masyarakat dalam pencetakan KTP sering mengalami kerusakan.

“Terkadang printer pencetaknya yang sering bermasalah, padahal setiap printer tersebut mampu untuk mencetak 500 keping KTP,” jelasnya.
Karena kondisi tersebut, akhirnya sasaran utama dalam pencetakan terpaksa ke kantor Disdukcapil di Batusangkar. “Rata-rata setiap hari ada 100 hingga 300 orang yang mengurus KTP, dan semua itu harus kita tampung di sini,” ujarnya.
Sayangnya, sebut Elizabeth, Kantor Disdukcapil sendiri belum maksimal sebagai tempat pelayanan profesional, sehingga masyarakat terpaksa banyak yang tidak dapat bangku untuk duduk.
“Harapan kita dapat memberikan pelayanan yang profesional, namun kondisi kantor kita memang baru begini adanya, kita harap masyarakat dapat memakluminya,” ungkapnya.
Elizabeth juga menyebutkan, proses pembuatan e-KTP saat ini cukup singkat dan tidak memakan waktu, kecuali untuk pengurusan e-KTP pindah datang dan pemula.
Sedangkan untuk pengurusan e-KTP yang hilang, terangnya, harus dilengkapi dengan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian.

“Gunanya untuk mengantisipasi penyalahgunaan identitas bagi oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.
Kadis Dukcapil juga tidak menampik jika saat ini di kantornya kekurangan petugas profesional dalam pelayanan e-KTP. “Banyak juga anggota kita yang belum paham bagaimana memakai mesin perekam, kadang ada yang merangkap kerjanya,” sebutnya.
Hal serupa juga terjadi dalam pengurusan akte kelahiran, saat ini telah mendata 109.477 jiwa anak usia 0 - 18 tahun. Dari jumlah itu yang baru memiliki akte kelahiran baru sebanyak 85.256 jiwa dan yang belum memilikinya 24.221 jiwa. “Kepemilikan akte kelahiran 0 - 18 tahun baru 77,88 persen,” terangnya.
Selama Oktober kemarin jelas Elizabeth, pihaknya telah mendata 722 angka kelahiran, dan penerbitan akte sebanyak 4.233 lembar dan untuk akte kematian sebanyak 168 jiwa. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Oktober 2017 - 05:20:47 WIB

    Realisasi Pajak Samsat Dharmasraya Lebihi Target

    Realisasi Pajak Samsat Dharmasraya Lebihi Target DHARMASRAYA, HALUAN - Realisasi pencapaian pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Samsat Kabupaten Dharmasraya hingga akhir September ini melebihi target yang ditetapkan. Da.
  • Jumat, 14 Juli 2017 - 13:56:28 WIB

    Realisasi Pajak Kendaraan di Provinsi Sumbar Capai Rp317,2 miliar.

    Realisasi Pajak Kendaraan di Provinsi Sumbar Capai Rp317,2 miliar. PADANG, HARIANHALUAN.COM--Realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor pada pelayanan pendapatan provinsi Sumbar pada semester I tahun 2017 mencapai Rp317,2 miliar..
  • Kamis, 27 April 2017 - 11:55:13 WIB

    Komisi IV Imbau Mitra Optimalkan Realisasi Anggaran

    Komisi IV Imbau Mitra Optimalkan Realisasi Anggaran PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Komisi IV DPRD Sumbar mengimbau semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumbar agar mengoptimalkan realisasi anggaran pada wilayah kerja masing-masing..
  • Rabu, 25 Januari 2017 - 10:36:41 WIB

    Baznas Realisasikan Rp250 Juta untuk 1.000 Jamban

    PADANG, HALUAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatra Barat, merealisasikan dana Rp250 juta untuk pelaksanaan program pengadaan 'jamban dhuafa' yang direncanakan sebanyak 1.000 buah..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:40:55 WIB

    ADD Tahap II Harus Segera Direalisasikan

    PADANG, HALUAN — Nagari/desa di Sumbar diminta untuk segera merealisasikan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap II hingga akhir tahun ini. Karena ADD tahap II dipastikan telah dikirim dari kas kabupaten/kota ke nagari..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM