Ustaz Felix Siauw Akan Datang ke Payakumbuh


Rabu, 15 November 2017 - 01:35:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ustaz Felix Siauw Akan Datang ke Payakumbuh USTAZ FELIX SIAUW

PAYAKUMBUH, HALUAN - Ustaz muda beretnis Tionghoa, Felix Siauw bakal datang ke Payakumbuh. Kedatangan Ustaz Felix Siauw (UFS) direncanakan untuk menyampaikan kajian bertema “Muslim Bersaudara” mulai 18.30 WIB di Masjid Istiqlal, Labuah Basilang, Payakumbuh, Jumat (17/11).

“UFS kita undang ke Payakumbuh untuk tabligh akbar Jumat (17/11) malam. Besoknya, Sabtu (18/11) pagi, UFS juga memberikan ceramah tentang keluarga di Aula SMKN 2 Payakumbuh,” ujar Sekretaris Yayasan Muslim Bersaudara, Zaki Purnama kepada Haluan, Selasa (14/11).

Meski UFS berafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang sudah dibubarkan pemerintah beberapa waktu lalu, Zaki menyampaikan Muslim Bersaudara tetap mengundang UFS murni untuk tujuan dakwah. “Kami tahu UFS adalah aktifis dakwah. Darimanapun organisasinya, tetap ada kebaikan yang ia bawa. Lagi pula beliau tokoh fenomenal beretnis tionghoa sehingga punya daya tarik tersendiri bagi jamaah,” katanya.

Beberapa tahun terakhir, nama UFS ramai diperbincangkan publik. UFS lebih dahulu dikenal lewat media sosial, terutama Twitter. Tweet-tweet ceramah Felix Siauw banyak menyimpan kata mutiara termasuk tema tentang pacaran dan pernikahan. Ia pun dikenal sebagai Ustaz muda nan gaul. Namun begitu, isi ceramah maupun tweetnya juga pernah menuai kontoversi. Terutama topik dan perspektif yang terkait dengan HTI.

Dengan disahkannya Perpu Ormas menjadi Undang-undang oleh DPR, Selasa, (24/10), hal itu berdampak kepada penolakan-penolakan kepada ceramah UFS. UFS yang merupakan anggota HTI dianggap anti Pancasila karena ingin mendirikan negara Islam dengan mengusung konsep khilafah.

Terkait hal itu, Zaki Purnama menyampaikan kedatangan UFS ke Payakumbuh tak ada kaitannya dengan HTI dan ideologinya. “UFS diundang untuk menyampaikan kajian tentang persaudaraan muslim dan bahkan tentang keluarga. Tidak ada tema-tema khilafah. Kami pun menempuh semua prosedur. Pengurus masjid menyambut baik, surat pemberitahuan ke Polres juga kami layangkan,” tuturnya.

Zaki menambahkan, penolakan-penolakan terhadap UFS hanya terjadi di Jawa. Itupun ormasnya itu-itu juga. Menurutnya penolakan ormas tersebut adalah imbas dari aksi sebelumnya seperti aksi 212, 411, dan seterusnya. “Mereka dari dulu tak pernah ikut dalam aksi umat Islam tersebut. Sejauh ini animo masyarakat untuk mendengarkan kajian UFS cukup besar. Tak hanya di Payakumbuh, Padang dan Bukttinggi juga mengundang,” tukuknya.

Zaki menyampaikan masyarakat sekarang sudah dewasa untuk memilah Ustaz yang sesuai dengan pertimbangan mereka. “Betapapun berapi-api kita mengajak masyarakat, masyarakat berhak untuk menentukan,” pungkasnya.

Pantauan Haluan, terkait rencana kedatangan UFS ke Payakumbuh, kebanyakan masyarakat Payakumbuh menyambut positif. Salah satunya pengusaha muda, Agung Perdana. Ia malah mengajak masyarakat untuk datang ke kajian UFS. “Subhanallah, Ustaz Felix Siauw yang fenomenal akan hadir bersama kita di Payakumbuh. Mari datang beramai-ramai, kita pelajari dan hayati pesan-pesan ilmu dari beliau,” ujar Agung yang juga pendiri SMP Cahaya Islam Payakumbuh.

Hal senada disampaikan warga Payakumbuh, Nasril Cutin. “Kita obat hati beliau di ranah Minang. Kita siap meramaikannya,” ujarnya. Camat Lampasi Tigo Nagari, David Bachri turut memberikan dukungan dengan menyebar banner ceramah UFS di media sosial. Namun begitu ada juga yang berkomentar datar-datar saja. “Saya ikut kajian di surau-surau saja,” ujar Mak Ciak Sati. (h/mg-ari)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM