Kelurahan Parupuk Tabing, SKK Diantar Sebelum Dikebumikan


Jumat, 17 November 2017 - 10:37:52 WIB
Kelurahan Parupuk Tabing, SKK Diantar Sebelum Dikebumikan Sceenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kelurahan Perupuk Tabing mengantarkan langsung Surat Keterangan Kematian (SKK) kepada keluarga yang terkena musibah. Bahkan sebelum jenazah dikebumikan.

Kamis (16/11),Sekretaris Lurah dengan didampingi Kasi Pemerintahan Kelurahan Parupuk Tabing, mengantar SKK tersebut sebelum jenazah dikebumikan oleh masyarakat .

Baca Juga : 497 WBP Lapas Kelas IIA Padang Terima Remisi Lebaran

SKK itu untuk warga yang meninggal dunia pada 15 November 2017 pukul 20.00 WIB di rumah duka Komplek Jondul I Blok E/7 RT 001 RW 016 Kelurahan Perupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah.

“Kami dari Kelurahan Perupuk Tabing turut berduka cita atas meninggalnya almarhumah tadi malam. Semoga almarhumah diterima oleh Allah dan pahalanya dilipat gandakan yang maha kuasa,” ujar Darnizar selaku Kasi Pemerintahan Kelurahan Parupuk Tabing.

Baca Juga : Malamang, Tradisi Lebaran yang Tak Dimakan Waktu

Salah seorang keluarga dari almarhum mengucapkan terima kasih kepada pihak kelurahan yang telah mau mengantarkan surat keterang kematian tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pak lurah ataupun yang mewakili yang telah membuat dan mengantarkan surat keterangan kematian tanpa kami minta,” ujar pihak keluarga.

Sementara itu Sekretaris Lurah Rudy menjelaskan bahwa pihaknya selalu mengantarkan surat keterangan kematian sebelum jenazah dikebumikan.

, “Sudah lima kali kami mengantarkan surat keterangan kematian langsung ke keluarga yang ditinggalkan sebelum jenazah dikebumikan,” ujar Rudy.

Rudy menjelaskan bahwa surat keterangan kematian tersebut sangan berguna sekali bagi keluarga yang ditinggalkan.

Diantaranya merevisi Kartu Keluarga (KK). Pengurusan surat pensuin, membuat surat waris dan lainnya katanya memerlukan surat keterangan kematian.

“Banyak gunanya surat tersebut. Jadi orang yang ditimpa musibah tidak kita bebani lagi pengurusannya karena kita akan antar langsung pada keluarga yang ditinggalkan,” tutur Rudy lagi.

 

Dikatakannya lagi, apabila diketahui adanya warga yang meninggal dunia, Kketua RT harus melaporkan ke kelurahan. Hal ini berlaku di seluruh kelurahan yang ada di Kota Padang.

“Ini kami laksanakan berdasarkan peraturan Wali Kota Padang Nomor 29 Tahun 2016,” tegas Rudy yang sudah 1,6 tahun menjabat sebagai sekretaris lurah.

Sementara itu sampai Oktober 2017, Pemerintah Kota Padang telah mencairkan 129 permohonan santunan kematian. Hal itu disampaikan oleh Kabag Kesra Kota Padang, Jamilus.

Program santunan kematian ini sempat terhenti sementara pada tahun 2015 sehingga menimbulkan kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

"Tahun 2015 itu kami terkendala aturan dari Kemendagri yang mengharuskan penerima dana bantuan sosial harus dari masyarakat miskin. Ditambah BPK RI menganjurkan agar dibuat aturan yang menyatakan santunan kematian hanya diberikan kepada keluarga tidak mampu," tukuknya.

Jamilus menyampaikan dibuatlah Perwako No. 12 tahun 2015 yang menjelaskan santunan kematian hanya diberikan kepada setiap warga Kota Padang yang meninggal dunia sesuai prosedur dan persyaratan yang ditentukan.

"Prosedurnya pihak keluarga yang meninggal menyampaikan permohonan beserta persyaratan yang ditentukan ke Kantor Bagian Kesra Setdako Padang.

Persyaratannya adalah KTP Padang, kartu keluarga, surat keterangan miskin, kartu Jamkesmas, Jamkesda mapun kartu Indonesia sehat, surat keterangan ahli waris dan surat Keterangan kematian dari kelurahan setempat. Untuk pencairan dana tinggal dijemput ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) di balaikota lama.

Santunan kematian merupakan salah satu program unggulan Mahyeldi-Emzalmi yang dimulai 13 Mei 2014 lalu. Melalui program itu, Pemko Padang memberikan bantuan sebesar Rp 1 juta bagi ahli waris dari setiap warga Padang yang meninggal dunia.

Awalnya semua warga berKTP Padang dapat menerima santunan kematian. Namun sejak 2016 sampai sekarang, penerima santunan kematian dibatasi untuk keluarga tidak mampu saja. (h/mg-ras)

 

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]