Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah


Senin, 20 November 2017 - 19:25:08 WIB
Dirikan Rumah Sarok, Faldo Maldini Ajak Masyarakat Padang Kelola Sampah PENGELOLAAN SAMPAH—Pendiri Pulangkampuang.com, Faldo Maldini, menjelaskan Rumah Sarok pada diskusi pengelolaan sampah berbasis bank sampah di Padang, baru-baru ini. Melalui Rumah Sarok, Faldo mengajak masyarakat Padang untuk menjaga kebersihan lingkungan. HOLY ADIB

Faldo akan meluncurkan Rumah Sarok tersebut beberapa waktu ke depan di Padang. Dalam menjalankan bank sampah itu nantinya, ia akan menggandeng perusahaan pengelolaan sampah terbesar di Indonesia, yakni PT Xaviera Global Synergy. Selain itu, ia mengikutsertakan sukarelawan Pulangkampuang.com di Padang dalam mengelola Rumah Sarok.

Pulangkampuang.com memiliki ribuan sukarelawan yang merupakan anak-anak muda. Saya melibatkan anak-anak muda dalam barisan penyelamatan lingkungan dengan mengelola sampah. Semoga anak-anak muda lain di luar komunitas Pulangkampuang.com mau ikut terlibat dalam program ini karena ini untuk masyarakat dan kota Padang, bukan untuk Rumah Sarok, Pulangkampuang.com, atau saya sendiri,” ucap direktur14 perusahaan Langgar Group itu.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Sugiharto, aktivis lingkungan yang membuat alat mengelola sampah organik, sependapat dengan Faldo. Ia berpandangan, persoalan sampah tidak cukup hanya dengan mendirikan bank sampah, tetapi adalah mengelola manusianya agar sadar lingkungan, setidaknya tidak membuang sampah sembarangan.

“Persoalan sampah tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab moral manusia. Karena itu, pengelolaan smapah harus dimulai dari lingkungan keluarga,” kata penemu alat pengelola sampah solar bio digester itu.  

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Sekjen Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Wilda Yanti, mendukung niat baik Faldo membangun Rumah Sarok karena latar belakang keilmuwan Faldo cocok dengan kegiatan penyelamatan lingkungan tersebut. Sekadar informasi, Faldo menamatkan S-1 di Universitas Indonesia Jurusan Fisika, dan S-2 di Imperial College London dengan penelitian tentang plastik.

“Saya berharap Rumah Sarok menjadi penggerak pengelolaan sampah di Padang. Nanti perusahaan saya akan membantu Rumah Sarok,” ujar pendiri PT Xaviera Global Synergy yang membina 1.200 bank sampah di Indonesia itu. (h/dib)

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]