Terkait Angkutan Online, Dishub Tak Berwenang Menindak


Selasa, 21 November 2017 - 13:45:33 WIB
Terkait Angkutan Online, Dishub Tak Berwenang Menindak Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait kendaraan berbasis online yang ada di Kota Padang, Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal mengatakan tidak dalam wewenang menindak. Jika memang harus menindak hal tersebut dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Hingga saat ini angkutan online tersebut tidak ada yang melapor ataupun mendaftarkan secara resmi ke perhubungan. Jika ada yang merasa terancam secara keselamatannya baik itu pengemudi maupun penumpang maka kita tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkap Henidal pada Haluan, Senin (20/11).

Dikatakannya, angkutan umum berbasis online yang tidak ada izinnya tersebut tidak hanya terjadi di Kota Padang saja namun se-Indonesia. Untuk itu Henidal meminta kecerdasan dan ketelitian masyarakat dalam bertindak.

“Jika sesuatu terjadi ya akibatnya tanggung sendiri-sendiri saja. Namun, kita sudah koordinasikan dengan pihak kepolisian bagaimana tindakan selanjutnya,” tambahnya.

Ia meminta, supaya masyarakat lebih jeli dalam menggunakan kendaraan umum. Karena, hal tersebut berkaitan dengan keselamatan jiwa dan keselamatan kendaraan sendiri.

Salah satu kendaraan berbasis online yang menjadi mitra sebagai pengemudi mengaku selama ini aman saja. Dalam struktur yang ia jalani, baik pengemudi dan penumpang diberikan bekal keamanan dan keselamatan.

“Sebelum penumpang naik ke kendaraan kita, penumpang bisa melihat data pengemudi. Kemudian selama perjalanan penumpang juga dibekali asuransi kecelakaan jika terjadi sesuatu selama perjalanan,” terang pengemudi dengan inisial D yang merupakan anggota salah satu angkutan online.

Ia juga menjelaskan, selama perjalanan penumpang juga bisa memberikan chip kepada teman atau keluarganya supaya juga bisa dipantau perjalanannya.

“Struktur tersebut kami rasa sudah dipelajari oleh calon penumpang sebelum dilakukan pemesanan. Namun tetap saja pilihan ada di tangan penumpang,” tutur Dedi. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]