Kembangkan Ekonomi Berbasis Kehutanan, KKI Warsi Sumbar Gelar Workshop


Rabu, 29 November 2017 - 00:18:19 WIB
Kembangkan Ekonomi Berbasis Kehutanan, KKI Warsi Sumbar Gelar Workshop TALKSHOW yang dipandu knowledge managemen spesialis KKI Warsi Sumbar, Arifki Chaniago di Nagari Nagari Pulakek, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (28/11). YUHENDRA

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Sumbar telah melaksanakan pendampingan sejak tahun 2007 lalu dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat berbasis ramah lingkungan.

Mulai dari pengembangan di sektor kehutanan berupa pengembangan hutan nagari, hutan ekowisata. Kemudian di sektor pertanian berbentuk pencanangan tanam padi organik, serta memberikan pelatihan terhadap kelompok perempuan sehingga bisa menghasilkan produk UMKM bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Projet KKI Warsi Sumatera Barat, Riche Rahma Delvita saat talkshow dan workshop Integritas Inisiatif Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah di Nagari Pulakek, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (28/11).

Lebih lanjut dikatakan, semua pendampingan yang dilakukan terhadap masyarakat tidak akan ada artinya tanpa dukungan pemerintah daerah untuk melanjutkan dengan anggaran serta kebijakannya.

"Di Sumbar kami melakukan pendampingan di Solok Selatan dan Pesisir Selatan," kata Riche menjelaskan.

Dijelaskannya, dukungan pemerintah bisa diaplikasikan dalam bentuk memasukan anggaran untuk kelompok pendampingan dan pembinaan yang dilakukan Warsi selama ini. Kemudian terkait kebijakan, bagaimana masyarakat bisa mengakses hutan secara legal dengan payung hukum yang dilahirkan pemerintah.

"Masyarakat dapat memanfaat ekonomi dari sumber daya hutan di lingkungan tempat tinggal mereka dengan anggaran tersedia dan legal di bawah payung hukum," jelasnya.

Menurutnya, berbagai produk lahir dari pendampingan dan pembinaan yang telah dilakukan, mulai dari gagasan hutan nagari yang terus berjalan hingga hari di Kenagarian Simancuang. Selanjutnya produk kelompok perempuan dalam bentuk dendeng pucuk ubi, pengolahan madu, hingga pengolahan padi organik, serta revitalisasi PLTMH dan pengembangan biogas.

"Sayang jika pemerintah, khususnya Solsel dan Pessel tidak mampu mendukung anggaran untuk kelompok yang sudah ada agar tetap eksis," katanya lagi.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 April 2020 - 19:38:39 WIB

    Pemkab Pariaman akan Fokus Kembangkan Tiga Sektor

    Pemkab Pariaman akan Fokus Kembangkan Tiga Sektor PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar memberikan saran jitu saat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Su.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:52:39 WIB

    Pemkab Dharmasraya Kembangkan GERMAS Mandiri

    Pemkab Dharmasraya Kembangkan GERMAS Mandiri DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Acara Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Terpadu yang dilaksanakan di halaman SDN 09 Nagari Koto Beringin, Kecamatan Tiumang, Senin (21/10) berlangsung meriah serta ramai dihadiri masyara.
  • Ahad, 23 September 2018 - 12:24:46 WIB

    Wali Kota di Perancis Ini Tertarik Kembangkan Minyak Atsiri di Kabupaten Solok

    Wali Kota di Perancis Ini Tertarik Kembangkan Minyak Atsiri di Kabupaten Solok AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Kekayaan alam Kabupaten Solok kembali dilirik negara luar untuk dikembangkan. Salah satunya potensi minyak atsiri yang menjadi bahan dasar minyak wangi..
  • Selasa, 04 September 2018 - 16:37:55 WIB

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan p.
  • Senin, 19 Februari 2018 - 15:50:41 WIB

    Perbaiki Layanan Publik, Pemkab Agam Kembangkan Radio

    Perbaiki Layanan Publik, Pemkab Agam Kembangkan Radio AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam menggelar Rapat Paripurna Penyampaian nota Bupati Agam mengenai rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik L.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]