DPRD Setujui APBD Padang 2018 Rp2,327 Triliun


Jumat, 01 Desember 2017 - 20:59:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi
DPRD Setujui APBD Padang 2018 Rp2,327 Triliun Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—DPRD Padang menyetujui APBD 2018 sebesar Rp2,327 triliun dalam Sidang Paripurna, Rabu (29/11).

"Sebelum APBD disetujui, telah dilakukan pembahasan Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Padang sesuai dengan hasil rapat internal, rapat kerja, kunjungan kerja, dan konsultasi serta rapat finalisasi RAPBD," ujar Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra.

APBD Padang 2018, kata Wahyu, sama besarnya dengan anggaran yang telah disepakati dalam Kebijakan Umum Anggaran, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2018.

Ia mengutarkaan, pendapatan daerah pada 2018 sebesar Rp2,327 triliun, PAD Rp568 miliar, dana perimbangan Rp1,4 triliun, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp258 miliar. Sementara itu, belanja daerah sebesar Rp2,380 triliun dengan belanja tidak langsung Rp1,290 triliun dan belanja langsung Rp1,180 miliar.

APBD 2018, kata Wahyu, juga mengakomodasi sepuluh program unggulan sesuai dengan visi dan misi wali kota dan wakil wali kota Padang, yaitu peningkatan pelayan publik.

“Semua organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan menindaklanjuti APBD 2018, termasuk tunjangan-tunjangan kinerja eksekutif. OPD harus mampu memanfaatkan APBD yang telah disepakati dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) akibat kelalaian," ujarnya.

Wali Kota Padang, Mahyeldi, mengatakan, pandangan dan saran dari DPRD Padang akan menjadi pedoman dalam pengaplikasian APBD 2018.

Ia berharap, semua OPD berkoordinasi maksimal dan mempersiapkan segala sesuatunya sehingga apa yang telah disepakati  berjalan dengan baik.

"Penetapan APBD secara tepat waktu merupakan sebuah tantangan karena akan berpengaruh terhadap pencairannya," ucapnya. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Juli 2018 - 19:10:13 WIB

    DPRD Padang dan Baznas Kian Memanas

    DPRD Padang dan Baznas Kian Memanas PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso, mengaku telah melaporkan pengelolaan dana Baznas sesuai aturan yang berlaku. Sementara, Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti, bersikukuh meminta Baznas melaporka.
  • Kamis, 05 April 2018 - 09:08:47 WIB

    DPRD Padang: Tertibkan Angkutan Online Kalau Tak Mengurus Izin

    DPRD Padang: Tertibkan Angkutan Online Kalau Tak Mengurus Izin PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota agar menertibkan angkutan online yang saat ini beroperasi di Kota Padang..
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 12:25:09 WIB

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa PADANG, HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang mengimbau Pemerintah dan warga Kota Padang untuk melakukan salat minta hujan (Istisqa) agar hujan segera diturunkan Allah SWT..
  • Kamis, 01 Februari 2018 - 09:44:18 WIB

    Terkait Operasional Basko Group, DPRD Padang Akan Minta Keterangan PLN

    Terkait Operasional Basko Group, DPRD Padang Akan Minta Keterangan PLN PADANG, HARIANHALUAN.COM – Eksekusi fisik terhadap bangunan Basko Hotel dan Basko Grand Mall yang berdampak pada ancaman hilangnya mata pencarian seribuan karyawan, jadi pembahasan di DPRD Padang. Rencananya, wakil rakyat y.
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 11:45:43 WIB

    Yendril Ketua Badan Kehormatan DPRD Padang

    Yendril Ketua Badan Kehormatan DPRD Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--- Pergantian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kota Padang pada Senin (15/1) kemarin, hanya Fraksi PKS dan PAN tidak dapat jatah pimpinan di AKD..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM