Makan Bajamba di HUT Sawahlunto ke 129, Wujud Harmoni Kebhinekaan


Jumat, 01 Desember 2017 - 21:55:44 WIB
Makan Bajamba di HUT Sawahlunto ke 129, Wujud Harmoni Kebhinekaan Wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung kekota ini, merasakan uniknya Makan Bajamba di hari jadi kota Sawahlunto ke 129, Jumat (1/12). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Kota Sawahlunto baru saja memasuki usia 129 tahun. Kota dengan julukan "Kota Arang", itu berdiri pada tanggal 1 Desember 1888, mengadakan makan bajamba sebagai bentuk rasa syukur serta mempererat keharmonisan di Lapangan Segitiga, Sawahlunto, Jumat, (1/12).

Walikota Sawahlunto Al Yusuf, mengungkapkan, makan bajamba adalah bentuk kebersamaan antar-berbagai entnis dan rasa syukur. Menurutnya, kebersamaan itu terjadi dengan sendirinya dari pendahulu berbagai etnis  saat di datangkan Belanda ke Sawahlunto untuk menjadi petambang batubara. Hal itu terjaga hingga saat ini. Multikultur sudah mendarah daging bagi masyarakatnya.

"Makan Bajamba ini adalah perwajahan dari keragaman yang ada di kota ini, di sini semua orang akan duduk sama rendah untuk makan. Sebagai bukti syukur atas umur Sawahlunto yang menyediakan penghidupan bagi kami selama ini," ungkapnya.

Suasana itu lanjut Walikota Ali Yusuf, pada akhirnya tidak saja terjadi saat makan bajamba saja, tetapi juga muncul pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Dengan tetap mempertahakan identitas masing-masing, semua etnis terbuka untuk mempelajari seni budaya etnis lain.

"Kebersamaan adalah kekuatan bagi Sawahlunto, dengan kebersamaan membangun kota wisata tambang di tahun 2020 nanti. Kita akan melakukan berbagai hal untuk mewujudkan itu, salah satunya membangun kerjasama dengan perantau untuk kepentingan pembangunan. Tidak hanya sampai disana, kekompakan masyarakat adalah kunci penting untuk mewujudkan itu semua. Tahun 2020, adalah mimpi kami untuk wajah Sawahlunto yang lebih sejahtera," sebutnya.

Ikur hadir kehormatan, Menteri Kesehatan,  Nila F Moeloek yang juga urang awak dalam acara makan bajamba tersebut dan berbaur dengan warga etnis dari berbagai etnis seperti Tionghoa, Batak, Jawa, Minang, Bugis dan Sunda.

"Mensyukuri bertambahnya usia Sawahlunto, semua pihak harus arif dan bijaksana mengakui bahwa masih banyak kekurangan dalam pembangunan kota ini. Usia yang matang dan waktu yang panjang tentu membawa perubahan disemua sendi kehidupan. Tidak sekedar larut dalam uforia kemeriahan hari jadi tapi lebih kepada introspeksi menuju kota yang maju dan sejahteta," ungkapnya.

Menkes berpesan, pembangunan masyarakat harus dilandasi dengan pembangunan dibidang kesehatan, jika kesehatan yang diutamakan makan keberhasilan semua bidang lain akan serta merta terbangun sendiri.

"Kalau masyarakat sehat, tentu masyarakatnya akan produkatif, lain halnya jika ekonomi bagus tapi tidak sehat, tentu apa yang telah dicapai tudak dapat dinikmati sepenuhnya karena kita sibuk mencari kesembuhan," katanya.(h/rki).

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 April 2020 - 15:01:06 WIB

    Jalan Nagari Saok Laweh Sudah Banyak Makan Korban, Pemkab Solok Kemana?

    Jalan Nagari Saok Laweh Sudah Banyak Makan Korban, Pemkab Solok Kemana? SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Sebuah lubang di ruas jalan nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok, persis disamping kantor Walinagari Saok Laweh sudah sering memakan korban. Namun belum ada keinginan untuk memperbaiki.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 11:23:22 WIB

    Ayo ke Payakumbuh..! Ada Pesta Rakyat dan Makan Gratis Siang Ini

    Ayo ke Payakumbuh..!  Ada Pesta Rakyat dan Makan Gratis Siang Ini PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN.COM — Hari ini Pesta Rakyat di Kota Payakumbuh bakal dihelat. Pesta ini merupakan bagian dari wujud syukur memasuki 49 tahun berdirinya kota Payakumbuh pada 17 Desember 2019. Acara “makan-makan” .
  • Senin, 15 Januari 2018 - 15:24:03 WIB

    Rajut Silaturahmi, Kasat Reskrim Ajak Wartawan Pessel Samakan Persepsi

    Rajut Silaturahmi, Kasat Reskrim Ajak Wartawan Pessel Samakan Persepsi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka membangun hubungan baik yang lebih akrab serta harmonis antara pihak Kepolisian dengan seluruh insan Pers di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kapolres Pessel melalui Kasat Reskrim m.
  • Jumat, 08 September 2017 - 00:55:33 WIB

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan.

    Kasat Sabhara Polres Bukittinggi Diserahterimakan. BUKITTINGGI, HALUAN – Kasat Shabara Polres Bukittinggi diserahkan dari pejabat lama AKP Dwi Yulianto kepada pejabat baru AKP Jefri Afridan. Serah terima jabatan terebut dipimpin Kapolres Bukittinggi di Mapolres Bukittinggi,.
  • Senin, 04 September 2017 - 02:17:26 WIB

    Wali Nagari Pasie Laweh Diserahterimakan

    Wali Nagari Pasie Laweh Diserahterimakan AGAM,HALUAN -- Wali nagari Pasia Laweh kecamatan Palupuh diserahterimakan dari NR. Dt. Maruhun, S.Sos kepada wali nagari baru terpilih Z.A. Dt. Parpatiah, S.Sos, MM, di kantor wali nagari setempat Jumat (1/9)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]