Yusuf Lubis Bupati Berharap Banyak Pada Guru


Senin, 04 Desember 2017 - 01:29:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Yusuf Lubis Bupati Berharap Banyak Pada Guru SERAHKAN PIALA - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat menyerahkan piala kepada salah seorang guru pada peringatan HUT PGRI dan HGN. YUDI LUBIS

PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, menghadiri peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72 tahun di Gedung Olahraga Rakyat (GOR) Tuanku Rao, Lubuksikaping, Sabtu (2/12).

 

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2017. HUT PGRI bertema "Membangun Pendidikan Berkarakter, Melalui Keteladanan Guru".

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, Asari berpesan kepada guru di daerah itu agar selalu memperbaiki diri dan meningkatkan kompetensi.

 

"Tolong evaluasi diri dengan baik, jadikan HUT PGRI dan peringatan Hari Guru Nasional menjadi momentum diri memperbaiki peserta didik dan bangsa ini, yakinlah pepatah orang yang berbunyi, hebat itu selalu lahir dari tangan dingin seorang guru," ungkap Asari.

 

Ditempat yang sama, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada para guru yang tetap mengaktifkan diri, serta membangun kerjasama.

 

"Harapan saya kepada guru, mari kita jadikan HUT ini untuk introspeksi diri, supaya guru kembali kepada jati dirinya sebagai guru", tutur Yusuf Lubis.

 

Sesuai dengan tema HUT PGRI, Bupati juga berpesan kepada seluruh guru yang hadir pada kesempatan tersebut agar mengedepankan pendidikan berkarakter, karena tantangan ke depan, bangsa Indonesia memerlukan orang-orang yang memiliki karakter.

 

"Guru harus ditempatkan pada posisi utama untuk menghadirkan anak bangsa di Pasaman menjadi anak cerdas dan berkarakter," katanya.

 

Ia berharap kepada seluruh guru di wilayah tersebut lebih meningkatkan lagi keteladanan, serta pembangunan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.

 

"Saya berharap melalui peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ini dapat menjadi cambuk pendorong bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten, khususnya para guru sendiri, untuk lebih meningkatkan lagi pembangunan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan," kata Yusuf Lubis.

 

Seluruh tenaga pendidik, kata dia, agar senantiasa dapat meningkatkan kemampuan profesionalnya sehingga mampu mewujudkan cita-cita bersama yakni terwujudnya generasi yang cerdas, berahklak mulia, serta berkepribadian.

 

"Kompetensi dan profesionalisme guru diukur dari empat standar yaitu standar kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Oleh karena itu, setiap guru hendaknya menjalankan profesi dan mengembangkan kompetensinya berdasarkan 4 standar tersebut," ujar bupati.

 

Selain itu, ia juga berpesan kepada para pengurus PGRI di daerah itu untuk bekerja keras mengawal perjuangan dan aspirasi para pendidik dalam mewujudkan profesionalisme, kesejahteraan dan bermartabat.

 

"PGRI akan selalu menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan pendidikan dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana untuk mencapai pendidikan nasional yang bermutu dan berbudaya," tukasnya. (h/yud)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 01:35:32 WIB

    Yusuf Lubis Terima Keluhan Warga Bangkok

    Yusuf Lubis Terima Keluhan Warga Bangkok PASAMAN, HALUAN - Sejumlah permintaan disampaikan oleh masyarakat Bangkok, Nagari Silayang, Kecamatan Mapattunggul Selatan, kepada Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, pada peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H, di Masjid Nurul .
  • Selasa, 03 Oktober 2017 - 01:14:17 WIB

    Yusuf Lubis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin

    Yusuf Lubis Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyampaikan banyak pesan kepada jajarannya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan setempat, usai penyerahan 314 berkas SK kenaikan pangkat PNS, periode 1 Oktober 20.
  • Senin, 19 Desember 2016 - 01:30:29 WIB
    TEKAN ANGKA KEMISKINAN

    Sehari, Ali Yusuf Bedah Tiga Rumah

    Sehari, Ali Yusuf Bedah Tiga Rumah SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski persentase kemiskinan Kota Sawahlunto versi Badan Pusat Statistik (BPS) berada di posisi kedua di level nasional, dengan angka 2,22 persen, namun hal itu tidak membuat Pemerintah Sawahlunto berpua.
  • Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:59:09 WIB
    SERUKAN AYO MAKAN IKAN

    H Yusuf Lubis Lantik Pengurus Forikan

    H Yusuf Lubis Lantik Pengurus Forikan PASAMAN, HALUAN — Seba­nyak 30 pengurus Forum Pening­katan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Pasaman, masa bhakti 2016-2019, dilantik oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. .
  • Senin, 24 Oktober 2016 - 01:31:32 WIB

    Yusuf Lubis Ajak ASN Basmi Pungli

    Yusuf Lubis Ajak ASN Basmi Pungli PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengingatkan agar para PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemkab setempat, untuk tidak melakukan pungutan liar (Pungli) dalam memberikan pelayan publik..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM