BLK Sijunjung Terima Bantuan dari Pusat


Senin, 04 Desember 2017 - 01:34:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BLK Sijunjung Terima Bantuan dari Pusat KADIS Nakertrans Riki Maineldi beserta para camat foto bersama dengan jajaran BBPLKLN Cevest Bekasi, Jawa Barat saat melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu guna meningkatkan kualitas para pencari kerja di BLK Sijunjung. IST

SIJUNJUNG, HALUAN - Berkat keseriusan dan kegigihan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi akhirnya Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

Kementerian Tenaga Kerja RI salurkan bantuan berupa peralatan kepada BLK Sijunjung berupa 13 unit kenderaan sepeda motor dan peralatan menjahit sebanyak 16 unit dan mobil menjahit satu unit yang ditaksir nilai bantuan mencapai sekitar Rp2 miliar.

“Alhamdulillah itu berkat perjuangan dan andil bupati, dimana beliau sangat gigih dan mendukung program pelatihan bagi para pencari kerja di Sijunjung,” kata Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sijunjung, Riky didampingi Sekretaris, Efendi Nur, Kepala UPTD Sijunjung, Gustinus dan Kabid PPKK, Aprizal.

Bahkan, menurutnya BLK Sijunjung saat ini melatih tenaga terampil periode ke-4 dengan 5 paket kegiatan diantaranya 2 paket menjahit, satu paket tataboga, membatik 2 paket. “Saat ini ada 80 peserta yang ikut pelatihan dan tiap paket 16 orang. Pelatihan berupa membatik di Tanjung Kaliang dan Muarotakung dan Tataboga dan menjahit di BLK pelaksanaan sebulan secara berkesinambungan,” tambah Riky

Menurut Riki, saat ini bukan lagi jamannya orang berlomba-lomba jadi PNS, akan tetapi Jaman sekarang adalah jaman wirausaha. Keterampilan yang para peserta dapatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sijunjung sesuai bidang masing-masing akan menjadi modal untuk membuka usaha-usaha baru, seperti menjahit, tata boga, teknisi motor, teknisi HP dan Drafter. Selain itu, pihaknya akan terus memperjuangkan bantuan fasilitas kerja untuk para lulusan pelatihan kerja di BLK Kabupaten Sijunjung serta akan menambah pelatihan kerja di bidang lainnya seperti otomotif dan teknisi pedingin.

 “Sebagai pemerintah, tugas kami adalah mendukung dan melayani apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat dengan fasilitas yang kita sediakan. Dan kita berharap kepada para peserta BLK yang mengikuti pelatihan di sini agar betul-betul mengikuti dan memahami pelatihan yang dilaksanakan secara gratis tersebut tanpa dipungut biaya apapun, sehingga ilmu yang mereka dapatkan di BLK tidak sia-sia,” ucap Riki.

Sementara itu, Kepala BLK Sijunjung Gustinus mengharapkan agar para peserta mengikuti pelatihan dengan serius, perhatikan apa yang diberikan instruktur sehingga setelah mengikuti pelatihan memiliki keterampilan yang cukup untuk modal memasuki dunia kerja. Bahkan merintis usaha sendiri menjadi wira usaha handal. Oleh karena itu, para peserta hendaknya konsentrasi penuh dalam mengikuti pelatihan dilandasi doa, usaha, ikhtiar dan tawakal agar sukses dalam usaha.

“Segala sesuatu kegiatan terutama dalam merintis usaha harus diawali dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tulus dan ikhlas ditindaklanjuti dengan usaha dan ikhtiar yang maksimal,” ujarnya. (h/ogi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Juli 2018 - 19:41:53 WIB

    Jemput Bola, BLK Padang Bawa Mobile Training Unit ke Nagari-nagari di Sumbar 

    Jemput Bola, BLK Padang Bawa Mobile Training Unit ke Nagari-nagari di Sumbar  PADANG, HARIANHALUAN.COM--Balai Latihan Kerja (BLK) Padang bekerjasama dengan sejumlah nagari-nagari di Sumatera Barat dalam mensosialisasikan program pelatihan Mobile Training Unit ( MTU). .
  • Ahad, 06 September 2015 - 19:15:12 WIB

    BLK Payakumbuh Segera Miliki Asrama

    PAYAKUMBUH, HALUAN —  Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh akan dilengkapi dengan asrama untuk menampung para peserta pelatihan yang berdomisili di nagari yang jauh seperti di pelosok Kabupaten Limapuluh Kota, Agam maup.

  • Kamis, 03 September 2015 - 19:50:08 WIB

    Kedubes RI di Singapura Kunjungi BLK Payakumbuh

    TERAPKAN KERJA SAMA

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kedubes RI untuk Singapura diwakili Mohamad Rizki, S. Malia (third Secretary) didampingi dua orang pegawai dubes serta Shol.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM