TPS 3R Melati Rawang Diresmikan


Selasa,05 Desember 2017 - 11:29:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
TPS 3R Melati Rawang Diresmikan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang terletak di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan telah diresmikan pemakaiannya oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Senin (4/12/).

TPS ini diberi nama TPS 3R (Reduce, Reuce dan Recycle) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Melati yang berdiri atas inisiatif masyarakat dengan didukung beberapa pihak.

Sementara tujuannya adalah, sebagai tempat untuk memfasilitasi masyarakat dalam upaya meningkatkan pengurangan sampah sejak dari sumbernya dengan sistem Reduce (Mengurangi Produk Sampah), Reuse (Menggunakan Kembali Sampah) dan Recycle (Daur Ulang Sampah).

Walikota Mahyeldi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak sehingga hadirnya TPS 3R di Kelurahan Rawang.

“Semoga keberadaan TPS 3R ini akan memberikan banyak kontribusi untuk terjaganya kebersihan khususnya di kelurahan ini. Hal ini tentu mendukung Padang sebagai kota yang bersih, indah dan nyaman,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi melanjutkan, ia pun mengucapkan syukur dan terima kasih kepada semua pihak terutama seluruh masyarakat sehingga kembalinya Piala Adipura ke pangkuan Kota Padang di tahun 2017 ini. Ia pun berharap prestasi tersebut menjadi pelecut semangat untuk terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan sampai kapanpun.

“Jadi, hadirnya TPS 3R KSM Melati ini sangat tepat. Semoga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan menjadi budaya kita bersama untuk menciptakan kawasan yang bersih dan bebas dari sampah.

Karena mulai sekarang, berbagai jenis sampah telah bisa diolah di TPS untuk disulap sebagai produk baru yang bermanfaat bahkan memiliki nilai jual,” tukas Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Al Amin.

Ketua TPS 3R KSM Melati, Syaiful menyebutkan pembangunan TPS 3R KSM Melati tersebut sudah mulai dibangun sejak 2015 lalu dengan berada di eks Kantor Kelurahan Rawang Timur.

Untuk sumber dana pembangunannya katanya, bersumber dari APBN/APBD yang dibantu kontribusi dari masyarakat dan sumber dana lainnya.

“Penyaluran pengadaan sarana dan prasarananya dari APBN melalui DIPA Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),” ungkapnya.

Sementara itu jelas Syaiful, di dalam TPS 3R KSM Melati meliputi beberapa area ruang lingkup. Diantaranya area penerimaan sampah, pemilahan, pencacahan, composting dan pematangan kompos disertai gudang kompos disertai sarana pendukung lainnya.

Sementara untuk fasilitas di samping bangunan, juga memiliki becak motor sebanyak 2 unit, mesin pencacah 1 unit, mesin ayakan rotary 1 unit dan keranjang ‘Takahura’ 200 buah.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat di Kelurahan Rawang cukup tinggi menyambut keberadaan TPS 3R ini. Untuk ke depan di samping melakukan pemungutan sampah skala rumah tangga, kita akan terus melakukan sosialisasi sehingga warga menjadi tau tentang pemilahan sampah yang organik dan unorganik.

 Kita sudah memilik program kerja dimulai rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Semoga dengan upaya ini khususnya Kelurahan Rawang senantiasa menjadi kawasan yang bersih dan bebas dari sampah,” tukasnya.

Dalam peresmian TPS 3R KSM Melati tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung sekaligus pengguntingan pita oleh Walikota Padang. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Satker PSPLP Sumbar Irman, Camat Padang Selatan Fuji Astomi serta lurah dan tokoh masyarakat setempat.  (h/ita)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Desember 2016 - 00:42:13 WIB
    PERCEPAT PERIZINAN INVESTASI

    Pemko Padang Luncurkan E-TPSP

    PADANG, HALUAN — Pe­merintah Kota Padang me­nerapkan pelayanan perizinan yang cepat, mudah, murah dan transparan berbasis elektronik. Pelayanan bertitel Pelayanan Terpadu Satu Pintu-elektronik (E-TPSP) ini diluncurkan sec.
  • Sabtu,15 Oktober 2016 - 00:46:26 WIB
    TIMBULKAN BAU MENYENGAT

    Sampah Berserakan di TPS Air Tawar

    Sampah Berserakan di TPS Air Tawar Padang, Haluan—Ma­syarakat Air Tawar Kecamatan Padang Utara keluhkan bau sampah yang berserakan dari kontainer yang tidak memadai, Jumat (14/10). Kondisi ini mengakibatkan warga setempat resah dengan bau sampah yang menye.
  • Sabtu,08 Oktober 2016 - 03:12:36 WIB
    BISA JADI SARANG PENYAKIT

    Sampah TPS Membuat Warga Resah

    PADANG, HALUAN — Masyarakat Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji Padang, mengeluhkan adanya tumpukan sampah di tempat Pembuangan Sementara (TPS) kawasan tersebut. Terlebih tumpukan tersebut sudah mengeluarkan bau tidak.
  • Jumat,11 Desember 2015 - 03:16:53 WIB

    Dua TPS di Padang Lakukan Pemilihan Ulang

    PADANG, HALUAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara di Kecamatan Nanggalo dan Koto Tangah..
  • Kamis,10 Desember 2015 - 04:09:28 WIB

    MK–Fauzi dan IP-NA Bersaing Ketat di TPS 02

    PADANG, HALUAN – Perolehan suara Calon Gu­bernur/Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-Fauzi) bersaing ketat dengan Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA) di TPS 02, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang U.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM