Duta Damai Padang Raih Juara 2 Pagelaran Seni


Selasa, 05 Desember 2017 - 19:19:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Duta Damai Padang Raih Juara 2 Pagelaran Seni 24 orang perwakilan Duta Damai Dunia Maya regional Padang mengikuti Pelatihan Tingkat Lanjut Duta Damai Dunia Maya yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 27 November – 1 Desember 2017 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- 24 orang perwakilan Duta Damai Dunia Maya regional Padang mengikuti Pelatihan Tingkat Lanjut Duta Damai Dunia Maya yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 27 November – 1 Desember 2017 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini seluruhnya berjumlah 152 orang perwakilan Duta Damai Dunia Maya dari sepuluh regional di Indonesia, yaitu Bandung, Semarang, Malang, Padang, Banjarmasin, Mataram, Yogyakarta, Medan, DKI Jakarta, dan Makassar.

Sujatmiko, Kasubdit Kontra Propaganda BNPT dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini akan diisi dengan rangkaian kegiatan antara lain: pameran dan penayangan hasil produk kreatif Duta Damai 2017 dari masing-masing regional, pemutaran video Duta Damai 2017 dan pesan damai, performance ambasaddor Duta Damai, musikalisasi puisi oleh Duta Damai, dan talkshow bersama kepala BNPT, Komjen. Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., Ambasaddor Duta Damai, Kikan Namara, Duta Damai 2017, Muhammad Alfiansyah, Slank, dan Mantan Napiter, Iqbal Kusnaini/Rambo yang dimoderatori oleh Balques Manisang. “Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kedua,” terang Sujatmiko, Senin (27/11).

Dihari ketiga pagi, berlangsung kegiatan penguatan visi dan misi dalam rangka pencegahan terorisme di dunia maya oleh Deputi Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen. TNI. Abdul Rahman Kadir, kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama mentor Pusat Media Damai, koordinasi Duta Damai 2016 dan 2017, dan pagelaran seni Duta Damai 2017.

Dalam pagelaran seni tersebut Duta Damai Dunia Maya 2017 masing-masing regional diadu untuk menampilkan bakat seni budaya mereka lewat pertunjukan teatrikal, musikalisasi puisi, maupun stand up comedy. Sebanyak 7 kelompok sukses mengikuti kompetisi tersebut, yaitu Duta Damai regional Bandung, Semarang, Malang (2 kelompok, yaitu kelompok Satu Jiwa dan Banter), Padang, Banjarmasin, dan Mataram dalam panggung lesehan di lantai 27 hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta. 

Setelah melalui penjurian oleh dewan juri yang terdiri dari Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko, Eri Suprayitno (Kasie Media Literasi), dan Fanina Fanindita, terpilih tiga kelompok terbaik. Juara ketiga diraih oleh Duta Damai Banjarmasin yang menampilkan teatrikal dengan mengusung cerita kepahlawanan dan nasionalisme serta tarian dayak.

Juara kedua diraih oleh Duta Damai Padang yang menampilkan teatrikal Pandeka Damai. Teatrikal Pandeka Damai tersebut bercerita tentang kehidupan anak muda zaman sekarang yang terpengaruh gaya hidup dan budaya barat, tetapi melalui pendekatan kearifan lokal anak muda tersebut berhasil kembali menjadi anak Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Juara pertama diraih oleh Duta Damai Mataram yang menampilkan teatrikal Putri Mandalika yang juga dibumbui dengan drama kepahlawanan dan cinta tanah air. 

Eri Suprayitno selaku dewan juri mengatakan penentuan para pemenang dalam kompetisi ini dilakukan dengan ketat. Hal tersebut dikarenakan setiap kelompok mampu menampilkan dengan sangat baik peran mereka masing-masing, dan dalam setiap pertunjukkan yang ditampilkan terdapat nilai-nilai kearifan lokal masing-masing daerah yang sesuai dengan visi dan misi Duta Damai.

“Bahkan selisih nilai antarkelompok sangat tipis, yaitu 0,001 persen,” ungkapnya, Rabu (29/11).

Panitia memberikan kejutan berupa hadiah uang tunai kepada tiga kelompok pemenang sebagai bentuk apresiasi dari penampilan Duta Damai tersebut. Hadiah diserahkan langsung oleh Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko kepada kelompok pemenang.

Hari keempat, Duta Damai mengikuti kegiatan Amazing Race di kawasan Kota Tua, Jakarta dengan tujuan untuk mengingat kembali sejarah Indonesia, saling mengenal dan mempererat silaturrahmi diantara Duta Damai seluruh Indonesia, berkolaborasi, dan menguatkan tekad untuk menciptakan perdamaian demi keutuhan NKRI. Setelah itu, dilanjutkan dengan tour ke BNPT, dan apel penutupan kegiatan pelatihan tingkat lanjut duta damai dunia maya.(h/mg-ras) 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM