Puskesmas Padang Pasir: Selama November 366 Warga Terserang ISPA


Rabu,06 Desember 2017 - 12:12:14 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Puskesmas Padang Pasir: Selama November 366 Warga Terserang ISPA PASIEN PUSKESMAS--Sejumlah warga berobat ke Puskesmas Padang Pasir kemarin. Di Puskesmas Padang Pasir tercatat ada 366 kasus ISPA selama November 2017.MELATI

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan menyebabkan banyak masyarakat yang terkena inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Di Puskesmas Padang Pasir tercatat ada 366 kasus ISPA selama November 2017.

“Dari sepuluh penyakit terbanyak disini, ISPA menempati peringkat pertama,”ujar Kepala Puskesmas Padangpasir dr Winanda kepada Haluan, Senin (4/12).

Dikatakan dr Winanda setiap harinya ada 100 hingga 150 orang pasien yang berobat ke Puskesmas Padang Pasir. Sekitar 10 persenya mengalami ISPA.

Lebih lanjut dikatakan dr Winanda, dari 366 kasus ISPA, hanya 16 kasus lama, sisanya 350 kasus baru.

“Kebanyakan yang kena anak-anak dan lansia perempuan. Sebanyak 167 kasus ISPA dialami oleh laki-laki, sisanya 199 diderita perempuan,”sebutnya.

Ditambahkannya , ISPA merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Orang-orang yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh dan lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. Selain itu, anak-anak juga memiliki risiko yang sama, karena sistem kekebalan tubuh belum terbentuk sepenuhnya secara sempurna.

“Seseorang bisa tertular ISPA saat menghirup udara yang mengandung virus atau bakteri. Virus atau bakteri ini dikeluarkan oleh penderita infeksi saluran pernapasan melalui bersin atau ketika batuk,”jelasnya.

Menurut dr Winanda, pentingnya menjaga pola makan sehat, mengkonsumsi air putih yang cukup, menjaga kebersihan, dan istirahat merupakan cara untuk mencegah terjadinya ISPA.

Selain ISPA, penyakit yang banyak terbanyak di Puskesmas Padangpasir yakni Hipertensi, Dispepsia atau mag, mata, dan diabetes. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,28 Juli 2017 - 22:48:53 WIB

    Puskesmas Lampasi Terima Akreditasi Utama dari Kemenkes RI

    Puskesmas Lampasi Terima Akreditasi Utama dari Kemenkes RI PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-- Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta akhirnya menganugerahkan Akreditasi Utama pada Puskesmas La.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM