BBPOM  Padang Perkarakan 11 Kasus Pelanggaran Obat-obatan


Rabu,06 Desember 2017 - 12:17:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BBPOM  Padang Perkarakan 11 Kasus Pelanggaran Obat-obatan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selama tahun 2017, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang Sumatera Barat  telah berhasil melakukan pemberkasan perkara sebanyak 11 kasus. Empat diantaranya telah masuk sidang dan ditetapkan tersangka.

"Sebanyak empat orang telah ditetapkan tersangka dan sedang menjalin sidang di Pengadilan Negeri Padang. Kasus yang paling banyak kita tangani merupa pelanggaran obat-obatan," terang Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri, Selasa (5/1) di Ruangan Padang Arafah, Gedung BBPOM Padang Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun.

Ditengah keterbatasan BBPOM Padang yang hanya mempunyai 16 Penyidik (PPNS) yang membawahi seluruh wilayah Sumatera Barat, BBPOM telah berhasil menemukan pelanggaran obat-obatan sebanyak delapan kasus disusul dua kasus obat telarang serta satu kasus pelanggaran kosmetik. Penindakan itu, dilakukan di beberapa daerah Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

"Dua pelanggaran di bidang obat sudah masuk sidang, begitupun dengan kosmetik serta obat terlarang. Selebihnya ada yang P-19, P-21, pemerksan dan tahap satu," katanya.

Martin Suhendri menjelasakan, adapun sarana sasaran yang dilakukan penindakan berupa distributor jamu, gudang kosmetik dan obat serta toko obat. "Ini kita lakukan penindakan di daerah Kota Bukittinggi, Payakumbuh, Padang dan Kabupaten Sijunjung," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 11 kasus pemberkasan perkara tersebut melebihi target BBPOM Padang di tahun 2017 ini yang ditargetkan hanya mencapai sembilan kasus.

"Dengan melebihi target ini menunjukan bukti kita akan kepedulian keselamatan masyarakat terhadap bahayanya obat dan makanan," pungkas Martin Suhendri.(h/mg-hkl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM