Berikan Layanan Prima, RSJ HB. Saanin Tidak Bedakan Pasien JKN-KIS dengan Pasien Umum


Kamis, 07 Desember 2017 - 17:05:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Berikan Layanan Prima, RSJ HB. Saanin Tidak Bedakan Pasien JKN-KIS dengan Pasien Umum dr. Lily Grace Diany

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meski berada jauh dari pusat kota, tapi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB. Saanin tidak penah sepi dari pasien. Setiap hari sekitar 200 pasien rawat jalan berdatangan dari
berbagai daerah, termasuk dari luar provinsi Sumbar.

Ketika Haluan melakukan reportase pada Senin (4/12) lalu, pasien rawat inap berjumlah 198 orang. Pasien didominasi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jumlahnya mencapai 85 persen. Sisanya 15 persen adalah pasien umum dari keluarga mampu. 

“Biaya pengobatan pasien gangguan jiwa itu cukup besar dan berlangsung seumur hidup. Jika pasien tidak menjadi peserta JKN-KIS, tentu akan memberatkan keluarga,” kata Direktur RSJ HB Saanin, dr. Lily Grace Diany.

Lily menjelaskan, pihaknya melayani pasien JKN-KIS sejak 2014 dan tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien umum dan JKN-KIS.

“Program JKN-KIS membangkitkan kesadaran masyarakat. Dengan JKN-KIS mereka merasa terjamin pelayanan kesehatannya. Tingkat kunjungan ke rumah sakit pun meningkat, termasuk RSJ HB Saanin. Persoalan yang muncul kemudian, tentu harus diatasi sebagai wujud pelayanan prima dan mempertahankan kualitas layanan,” katanya.

Namun, masih banyak yang belum paham alur dan prosesnya. Karena itu, rumah sakit yang mengantongi akreditasi paripurna ini, selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan melalui Tim JKN-KIS RS yang dibentuk dengan melibatkan dokter dan perawat. Sehingga kendala yang dihadapi, dapat diatasi segera. 

“Kami juga koordinasi dengan BPJS Kesehatan tentang program rujuk balik, termasuk Pemko/Pemkab daerah asal pasien. Sebab kelanjutan pengobatannya dilakukan di Puskesmas atau rumah sakit di tempat tinggalnya,” terang Lily.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 03 Mei 2018 - 21:07:38 WIB

    Hari Bakti ke-110, IDI Pasbar Berikan Pengobatan Gratis

    Hari Bakti ke-110, IDI Pasbar Berikan Pengobatan Gratis PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kembali berikan pengobatan geratis untuk masyarakat di Nagari Sungai Aur, Kecamatan Sungai Aur , Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Kegiatan tetsebut diadakan dalam rangk.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM