Calon Perseorangan Pilkada Padang, Syamsuar-Misliza Bermodal Awal Rp4,5 Juta


Kamis, 07 Desember 2017 - 17:14:04 WIB
Calon Perseorangan Pilkada Padang, Syamsuar-Misliza Bermodal Awal Rp4,5 Juta Syamsuar Syam-Misliza

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Dengan rmodal awal hanya Rp4,5 juta, pasangan calon dari jalur independen (perseorangan) Syamsuar Syam-Misliza maju untuk Pilkada Kota Padang 2018 mendatang.

“Kami banyak dibantu masyarakat. Jadi pengumpulan KTP tersebut hanya sukarela saja dari warga. Termasuk dengan kebutuhan kertas untuk mem-print, saya juga mendapatkan bantuan dari para relawan,” ungkap Syamsuar Syam didampingi Misliza yang juga istrinya saat ditemui di kediamannya, Lubuk Lintah.

Ia menjelaskan, jumlah uang yang habis terpakai untuk mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang lebih kurang Rp4,5 juta. Jumlah tersebut, hasil sumbangan dari sejumlah relawan dan sumbangan tersebut bukan hanya berupa uang namun ada juga yang memberikan sumbangan kertas untuk memprint kelengkapan persyaratan pendaftaran ke KPU.

“Kalau secara keseluruhan, ditambah uang makan saat berkumpul di rumah saya sekitar Rp5 juta jadi ada Rp9,5 juta semuanya uang yang dikeluarkan. Namun saya tercatat memiliki hutang 1.450.000 ke relawan karena uangnya terpakai,” ulasnya.

Ia mengatakan, bantuan yang diperolah dari relawan bukan berarti ia tidak memiliki uang untuk membiayai pengumpulan dukungan. Namun, hal tersebut lebih pada keinginan masyarakat yang mengharapkan agar dirinya maju dan memenangkan pilkada Padang 2018 nanti.

“Saya juga ingin memberikan pendidikan politik pada masyarakat, bahwa untuk menjadi pemimpin yang dipilih oleh masyarakat tidak perlu menghambur-hamburkan banyak uang karena niat kita untuk mensejahterakan rakyat. Makanya, saya lebih berbuat dari hati saja, dan dengan keikhlasan untuk kepentingan rakyat serta mengenyampingkan ego pribadi,” jelasnya.

Ia juga ingin memberikan contoh, agar bagaimana pesta demokrasi berjalan semestinya tanpa ada kecurangan atau trik-trik bulus untuk memenangkan pemilihan nanti. “Dengan hadirnya saya berpasangan dengan istri juga memberikan dampak positif, salah satunya mencairnya polemik antara calon walikota dan wakil, dan koalisi partai,” ujarnya.

Salah seorang relawan Syahrian (pensiunan pegawai Unand) mengaku, memberikan sumbangan kertas lima rim pada pasangan Syamsuar Syam-Misliza untuk kebutuhan fotocopy dan print tanda bukti dukungan masing-masing warga untuk dilampirkan ke KPU saat mendaftar.

“Saya kenal sama orangnya, dan bagaimana wataknya. Jadi menurut saya beliau layak untuk memimpin Padang ke depannya, dengan didampingi oleh istrinya. Awalnya saya hanya berikan kertas tiga rim, dan setelah itu baru saya tambah dua rim lagi karena masih membutuhkan kertas untuk memprint bukti KTP tersebut,” ujarnya. (h/rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]