Mario Syahjohan: Sudah Selayaknya di Solsel Ada Perguruan Tinggi


Kamis,07 Desember 2017 - 19:38:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mario Syahjohan: Sudah Selayaknya di Solsel Ada Perguruan Tinggi Kegiatan adat di Istano Rajo Balun, Solsel. Dok

SOLOK SELATAN HARIANHALUAN.COM-- Sudah selayaknya setiap kecamatan di Solok Selatan (Solsel) membenahi setiap fasilitas ataupun sarana prasarana publik yang berstandar kota madya. Selain bertujuan untuk kenyamanan, juga memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat. 

Hal ini disampaikan tokoh muda Solsel, Mario Syahjohan yang juga sebagai ketua umum KONI Solsel.

"Terutama, terkait akses pendidikan tinggi seperti universitas. Sudah selayaknya berdiri suatu perguruan tinggi yang berstandar nasional," ungkap Mario pada Haluan, Kamis (7/12).

Dari pengamatan, imbuhnya dari tahun 1980-an masyarakat Solsel telah berkuliah di luar Solsel, seperti di Kota Padang maupun ke luar provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

"Sejak saat itu, hingga sekarang pada umumnya masyarakat atau generasi penerus Solsel masih pergi kuliah ke kota Padang dan universitas lainnya di luar Solsel," tambahnya.

Mario menyebutkan, sudah menjadi impian sejak lama untuk Solsel memiliki universitas negeri atau universitas islam dengan biaya kuliah murah yang terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

"Setelah SDM generasi muda Solsel mumpuni, maka kejayaan sudah dipastikan didepan mata," tandasnya.

Menurut, Mario selain akses pendidikan tinggi, juga sarana pendukung lainnya seperti sarana olahraga, kantor kecamatan, dan gedung publik lainnya.

"Apalagi infrastruktur fasilitas umum berupa jalan dan jembatan. Apabila standar kotamadya terpenuhi maka sangat memudahkan untuk masyarakat    sebab sudah dipersiapkan dari sekarang. Hal ini tentunya, tanpa mengurangi anggaran untuk ibukota Solsel," sebutnya.

Kemudian, keuntungan lainnya, akan memudahkan pengurusan pelayanan publik dengan  waktu yang cepat lagi efisien. Semua itu, lanjutnya, seyogyanya diusulkan mulai dari tingkat masyarakat, nagari hingga kecamatan melalui musyawarah rencana pembangunan.

"Dan juga difokuskan pada kecamatan atau nagari yang ada di daerah perbatasan. Jadi bisa kita maksimalkan pada sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan usaha kecil menengah," tuturnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM