Personel Kompeten Hanya 20 Orang, Kegiatan Bidang Perkebunan Sumbar Sudah 90 Persen


Kamis, 14 Desember 2017 - 23:21:00 WIB
Personel Kompeten Hanya 20 Orang, Kegiatan Bidang Perkebunan Sumbar Sudah 90 Persen Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dengan keterbatasan personel, Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar harus mengelola anggaran senilai Rp45 miliar. Meski pun secara keseluruhan kegiatan yang dianggarkan tuntas dikerjakan, tetap terdapat kekurangan dalam hal pengawasan kegiatan tersebut.

Kondisi itu disampaikan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar Akhiruddin, di ruang kerjanya. Disebutkannya, saat ini, dengan 20 orang personel yang ada, satu orang staf bisa mengerjakan sampai lima kegiatan, dan kondisi ini telah berlangsung sejak dileburnya bidan tersebut ke dalam Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan.

"Bidang Perkebunan diamanahkan mengelola anggaran cukup banyak selama 2017 ini. Terbanyak dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Untuk peremajaan sejumlah komoditi unggulan, Bidang Perkebunan mendapatkan Rp37,2 miliar dari APBN. Ditambah lagi Rp600 juta dana dekonsentrasi, dan Rp8,7 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," kata Akhiruddin.

Khusus untuk kegiatan yang dibiayai dengan APBN, lanjutnya, terbagi dalam 105 kegiatan. Ditambah dengan 43 item kegiatan dari APBD. Semuanya menurut Akhiruddin membutuhkan tenaga yang berkompeten dalam pengelolaan. Seperti untuk membiayai peremajaan komoditi karet masyarakat, peremajaan kakao, bantuan traktor, pendapingan masyarakat dan sosialisasi.

Kondisi tersebut diperkirakan Syafruddin akan berlanjut lagi pada 2018. Sebab, tahun depan Bidang Perkebunan akan mendapatkan anggaran cukup besar. Paling tidak, Bidang Perkebunan akan mendapatkan anggaran Rp35 miliar, yang terfokus untuk bantuan bibit sawit, kelapa, karet, kopi, cengkeh, dan pala.

"Bersyukur kami mendapatkan perhatian yang cukup besar dari pusat. Jika amanah itu tidak dilaksanakan dengan baik, maka kepercayaan dari pusat juga akan berkurang. Sebelumnya saat masih berstatus Dinas Perkebunan Sumbar, ada 140 orang personel yang bekerja, terbagi pada 21 pejabat eselon tiga dan eselon empat. Sejak dilebur, berubah menjadi setingkat eselon tiga, hanya ada tiga eselon empat. Karena itu personel bidang perkebunan dipangkas menjadi 40 orang saja.

"Sebelas dari 40 tenaga yang ada itu, memasuki masa pensiun. Jadi hanya ada 29 orang yang lima di antaranya sopir yang tidak bisa dilibatkan dalam kegiatan teknis, jadi yang efektif dan kompetitif itu sekitar 20 orang saja. Secara kinerja pasti keteteran, secara anggaran jelas sulit berjuang, meski begitu kami berupaya menyelesaikan kegiatan dengan maksimal. Paling tidak 90 persen lebih kegiatan kami selesai,"sebutnya.

Menurutnya, dengan kondisi seperti itu diharapkan dapat menjadi pertimbangan agar bidang perkebunan dapat naik kelas lagi menjadi dinas. Mengingat beban kerja yang ditanggung cukup besar. Karena, selain berdampak pada kinerja, kondisi itu juga berdampak pada penganggaran pada APBD. (h/isq)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 13:16:39 WIB

    187 Personel Pasaman Siap Amankan Lebaran

    187 Personel Pasaman Siap Amankan Lebaran PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman sedikitnya menerjunkan 187 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik dan libur lebaran di daerah itu. Hal itu terungkap dalam gelaran apel pasukan Operasi Ket.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 16:29:46 WIB

    260 Personel Gabungan Kota Sawahlunto Siap Amankan Lebaran

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resor Sawahlunto turunkan 90 personel dan didukung 170 instansi samping dalam pengamanan dan pelayanan Idul Fitri 1440 hijriah di Kota Sawahlunto. Selain itu, Polres Sawahlunto mendi.
  • Jumat, 21 Desember 2018 - 15:24:38 WIB

    Operasi Lilin 2018, Polda Sumbar dan TNI Siagakan 5 Ribu Lebih Personel

    Operasi Lilin 2018, Polda Sumbar dan TNI Siagakan 5 Ribu Lebih Personel PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar adakan apel gelar pasukan operasi lilin 2018, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Jumat (21/12). Acara yang bertujuan untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan p.
  • Kamis, 02 Februari 2017 - 20:12:12 WIB

    Pengamanan Pilkada, 100 Personel Polda Sumbar Bakal Berangkat ke Aceh

    Pengamanan Pilkada, 100 Personel Polda Sumbar Bakal Berangkat ke Aceh PADANG, HALUAN- Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) ambil bagian dalam pengamanan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Aceh, yang jatuh pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang. .
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 14:48:25 WIB

    Etape Tujuh TdS Bakal Libatkan 654 Personel Pengamanan

    Etape Tujuh TdS Bakal Libatkan 654 Personel  Pengamanan DHARMASRAYA, HALUAN – Sedikitnya 654 orang personel gabungan Polri, TNI, Pol PP, Perhubungan, Pramuka, Pelajar, Senkom, RAPI, BPBD, FKPPI, akan diturunkan untuk pelayanan pengamanan dalam pelaksanaan etape 7 Tour de Singkar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM