Hari ini, Iqra Chissa Dilantik Sebagai Ketum Hipmi Sumbar


Senin, 18 Desember 2017 - 02:19:27 WIB
Hari ini, Iqra Chissa Dilantik Sebagai Ketum Hipmi Sumbar

PADANG, HALUAN -- Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia, hari ini (Senin, red) dijadwalkan melantik Iqra Chissa sebagai Ketum BPD HIPMI Sumatera Barat masa bakti 2017 - 2020. Pelantikan entreprenuer muda Ranah Minang ini akan dilangsungkan di Ballroom Premier Basko Hotel.

“Alhamdulillah, BPP Hipmi sudah menetapkan Iqra Chissa sebagai Ketua BPD Hipmi Sumbar terpilih. Ketua Umum Iqra Chissa beserta jajaran kepengurusan dilantik langsung oleh Ketum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan BPD HIPMI Sumbar, Alfinando.

Didampingi Sekretaris Panitia Riffandy Pratama dan Bendahara Septiadi Fajri, Alfinando menyebutkan, sejumlah petinggi BPP Hipmi sudah mengkonfirmasi untuk menghadiri pelantikan ini, termasuk Sekretaris Jenderal BPP Priamanaya Djan.

"Menurut rencana Ketum BPP Bahlil Lahadalia juga akan mengisi kuliah umum entrepreneur yang diadakan Kopertis di Universitas Baiturrahmah," ujarnya.

Sebelum prosesi pelantikan tambah Alfinando, diawali dengan agenda Diklatda yang akan diikuti ratusan peserta. Adapun materi-materi wajib Diklatda Hipmi antara lain, sejarah dan tujuan perjuangan Hipmi, manajemen organisasi dan jenjang karir Hipmi dan mekanisme peraturan Hipmi di tingkat daerah.

Selanjutnya manajemen dan etika kemitraan organisasi Hipmi di tingkat daerah, mekanisme opini dan hubungan kemasyarakatan Hipmi, arah kebijakan dan program Hipmi di tingkat BPD serta indikator keberhasilan kepengurusan Hipmi tingkat daerah.

 Sedangkan untuk materi penunjang pada Diklatda seperti, pengetahuan lokal yang meliputi potensi usaha, potensi pasar lokal dan manajemen perbankan. Kemudian, kebijakan pembangunan daerah dan mekanisme kesekretariatan, kebendaharaan dan atruiibut Hipmi di tingkat daerah.

Menahkodai BPD Hipmi Sumbar tiga tahun ke depan, Iqra Chissa menegaskan bersama dengan jajaran pengurus memiliki tekad berkontribusi dalam pembangunan daerah. Satu di antaranya program strategis adalah dengan melakukan pembinaan intensif terhadap Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan UMKM.

Meski terbilang sangat muda, Iqra Chissa yang memiliki usaha penyediaan bahan bakar dan kontraktor ini mengatakan, setiap nagari diwajibkan mendirikan Bumnag yang tujuannya untuk mendongkrak perekonomian nagari.

"Merujuk dari hasil analisa dan evaluasi pengamatan di lapangan, pengelolaan Bumnag terkendala dari segi sumber daya manusia (SDM). Disinilah peran Hipmi. Kita bisa membantu membina Bumnag baik pemasaran, administrasi, maupun pengelolaannya,” terang Iqra.

Pria kelahiran 20 Oktober 1993 ke depan akan memperkuat jejaring sesama pengusaha. Gagasan yang cukup relevan seiring teknologi yang kian maju pada era gadget, diperlukan data base anggota berikut usaha digeluti. Dengan tersedianya data base tersebut, tentunya membuka peluang dunia usaha berkembang. Tidak itu saja, hal ini kata Iqra, akan membawa dampak luas yang positif bagi daerah.

"Agar tersedia data dan informasi usaha yang akurat, mengkover seluruh daerah di Sumbar, kita akan buatkan aplikasinya," papar Iqra.

Program strategis selanjutnya adalah terkait sarana prasarana. Bagaimana ke depan Hipmi memiliki sekretariat yang representatif dengan sarana lahan parkir luas.

"Sekretariat dengan lahan yang luas akan kita pakai untuk ruang bagi pelaku UMKM memasarkan produknya,” jelas Iqra. (h/rel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 14:35:38 WIB

    Pohon Tumbang Renggut Mata Pencaharian Yulianti

    Pohon Tumbang Renggut Mata Pencaharian Yulianti PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat bencena angin kencang beberapa hari lalu, salah satu tempat usaha milik Yulianti (54) hancur tertimpa pohon. Akibatnya, Yulianti tidak bisa lagi berusaha beberapa hari belakangan, apalagi it.
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 18:37:56 WIB

    Dalam Sehari, 47 Pohon Tumbang di Kota Padang, Ini Rinciannya

    Dalam Sehari, 47 Pohon Tumbang di Kota Padang, Ini Rinciannya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar mencatat jumlah bencana alam yang terjadi di Kota Padang selama Rabu (28/1/2020) sudah mencapai 48 kejadian. Adapun bencana alam yang paling banyak.
  • Senin, 23 Desember 2019 - 21:09:28 WIB

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu

    PT Semen Padang Apresiasi Perjuangan Perempuan pada Peringatan Hari Ibu PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Operasi PT Semen Padang, Firdaus, menilai momentum peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 mesti menjadi refleksi dan perenungan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pem.
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:06:30 WIB

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang

    Sidang Alot, Buchari Bachter dan Dady Fatria juga Mundur dari Calon Ketum Kadin Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah sebelumnya dua calon mundur, penjaringan calon Ketua Umum Kadin Kota Padang akhirnya menyisakan tiga nama. Namun, setelah sidang yang alot, dua calon lagi yakni, Buchari Bachter dan Dady Fa.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 21:42:12 WIB

    Delapan Hari Operasi Zebra, Sat Lantas Padang Tilang 2.800 Kendaraan

    Delapan Hari Operasi Zebra, Sat Lantas Padang Tilang 2.800 Kendaraan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 2.800 lebih surat tilang bagi pengendara jalan raya yang tidak memiliki kelengkapan dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polresta Padang selama delapan hari pada Operasi Zebra.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM