500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres


Rabu, 20 Desember 2017 - 01:42:37 WIB
500 pedagang Dipindahkan ke Gedung Inpres Kondisi terkini pemindahan dan penataan Pasar Raya Padang yang sudah dilakukan selama Minggu-Senin (17-18/12). Diperkirakan penataan akan berjalan hingga satu minggu ke depan. WINDA

PADANG, HALUAN - Sekitar 500 pedagang yang tersebar di Pasar Raya Padang sejak Minggu-Senin (17-18/12) mulai dipindahkan ke gedung inpres II, III dan IV.

 

Pantauan Haluan, Senin (18/12) pemindahan dilakukan oleh Dinas Perdagangan mulai dari Simpang Kandang hingga Jalan Sandang Pangan. Disepanjang trotoar depan pasar Inpres sudah kosong dan dilarang pedagang untuk berjualan di trotoar tersebut.

 

Tidak hanya trotoar saja yang dikosongkan namun juga di Jalan Sandang Pangan juga akan dikosongkan. Saat ini baru sepertiga saja yang masih dikosongkan.

 

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menyampaikan bahwa pembenahan dan penataan pasar dilakukan secara bertahap. Mulai dari membuka lapak dagangan, pemindahan, pengosongan hingga pembersihan lahan target.

“Kita mulai star pemindahan sejak Kemaren sore (Minggu red) hingga berlangsung selama satu minggu ke depan. Sejak dua hari berjalan ada sekitar 500 pedagang yang sudah masuk ke dalam Inpres II, III dan IV,” ujarnya saat ditemui Haluan, di ruang kerjanya.

 

Dijelaskannya, diantara 500 pedagang tersebut diantaranya ada yang sebelumnya berjualan di depan BRI Pasar Baru, di samping BRI, sepanjang depan Pasar Inpres, di belakang Inpres IV dan sebagiannya ada yang di Jalan Sandang Pangan.

 

“Target utama kita mengosongkan sepanjang Jalan uatam di depan pasar inpres. Trotoar harus kosong meskipun ada beberapa yang menolak namun tetap harus mematuhi,” tambahnya.

 

Endrizal juga menyebutkan, karena keterbatasan tempat untuk pedagang ikan basah di Inpres IV maka pada siang hari sekitar pukul 11.00 WIB beberapa pedagang terpaksa turun ke luar yaitu tepat di samping Inpres IV.

 

“Ada sekitar 30 pedagang yang belum muat masuk ke dalam Inpres IV maka itu kita beri kelonggaran dulu untuk berjualan diantara Inpres III dan IV. Setelah itu kita akan carikan tempat atau jalan keluarnya pedagang tersebut,” lanjut Endrizal.

 

Ia juga menyebutkan, untuk pedagang yang sudah pindah dan berbenah maka akan diberikan waktu hingga akhir bulan ini. Jika tempat yang telah ditentukan tidak dihuni maka tepat tersebut akan diberikan kepada yang belum mendapat tempat.

 

“Kita beri waktu dulu dan dalam kesepakatan harus segera mengisi sesuai waktunya. Jika tidak lebih baik diisi oleh yang membutuhkan,” pungkasnya. (h/win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]