Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia


Rabu, 27 Desember 2017 - 19:11:44 WIB
Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia Ilustasi. (klikdokter)

PADANG, HARIANHALUAN.COM------Lima  hari jelang pergantian tahun baru, alat kontra sepsi atau  kondom laku keras  diberbagai apotek dan toko obat.Ironisnya, kondom itu ramai dibeli kalangan usia produktif atau remaja.

Menurut salah seorang pedagang apotek di kawasan Tarandam Is (45) Selasa (26), kenaikan penjualan alat kontrasepsi atau kondom  ini meningkat hingga 50 persen dari hari biasanya.

"Karena pergantian tahun baru segera tiba, maka banyak yang membelinya," ujarnya.

Pembeli kondom beragam jenisnya, ada orang dewasa hingga remaja usia produktif.

Kemudian kondom yang dibeli beraneka ragam mereknya mulai dari Sutera, Fiesta, Artika, Durex dan Vivo yang terbaru.Saat ini, stok kondom di apotek yang dijaganya terus berkurang. Terlebih, distributor belum menyetorkan lagi ke apoteknya.

"Pembelian kondom yang meningkat ini bukan hanya menjelang akhir tahun, tetapi juga mendekati musim liburan," tambahnya.

Biasanya,  harga kondom  per kotak bervariasi jenisnya mulai Rp16 ribu hingga Rp13 ribu.

Rata-rata per biji, paling rendah Rp2 ribu dan tertinggi Rp5 ribu.

Anggota Komisi IV  DPRD Kota Padang Gustin Pramona kecewa, banyaknya remaja membeli kondom jelang tahun baru, padahal kondom itu untuk orang dewasa yang telah menikah.

"Saya berharap, pemerintah membuat aturan agar apotek jangan menjual kondom pada remaja. Jika perlu, tunjukkan buku nikah dulu baru penjual boleh menjualnya," ujarnya.

Orang tua pun, harus melakukan pengawasan pada anaknya yang akan melakukan malam tahun baru. Biasanya, dimalam tahun baru itu banyak remaja berkumpul bersama temannya seperti, kemah, pesta dan lainnya.

"Saya takutkan, pada malam tahun baru itu para remaja kumpul-kumpul yang akhirnya mengarah ke perbuatan maksiat," tambahnya.

Seperti, tahun baru  sebelumnya di Pantai Padang pada pagi hari setelah malam tahun baru banyak berserakan kondom.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Dewi Susanti berharap, pemerintah pada malam tahun baru melakukan razia ke hotel-hotel, kafe dan Pantai Padang karena rawan terjadinya maksiat yang dilakukan para remaja.

"Jangan sampai malam tahun baru, banyak gadis remaja kehilangan perawannya," ujarnya.

Pemerintah hendaknya, memperketat penjualan kondom sehingga para remaja tidak bisa membelinya kecuali yang pakai buku nikah.(h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 16:25:33 WIB

    Sampah Plastik Diprediksi Meningkat 10 Hari Jelang Idul Fitri

    Sampah Plastik Diprediksi Meningkat 10 Hari Jelang Idul Fitri PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mempresiksi jumlah sampah plastik di Kota Padang akan meningkat drastis 10 hari menjelang hari raya idul fitri. Puncak dari meningkatnya sampah plastik ini .
  • Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah..
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 11:28:43 WIB

    Jelang Pileg 2019, Warga Padang Diminta Waspada Hoaks

    Jelang Pileg 2019,  Warga Padang Diminta Waspada Hoaks PADANG, HARIANHALUAN,COM -- Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, akan banyak isu hoaks bermunculan. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Faisal Nasir meminta masyarakat mewaspadai maraknya berita hoaks..
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:11:10 WIB

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang masih membutuhkan anggaran sebanyak Rp1,5 miliar untuk menyelesaikan tunggakan KTP Elektronik (el) bagi warga Kota Padang. Upaya percepatan perekaman dan pencetakan terus dikejar jelang.
  • Rabu, 16 Mei 2018 - 14:31:38 WIB

    Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang

    Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang Ramadan, penumpang pada beberapa angkutan umum antarkota, kabupaten, dan provinsi meningkat. Hal itu terjadi karena orang-orang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pada puasa p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM