7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang


Kamis, 28 Desember 2017 - 08:59:09 WIB
7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM---- Sidang Paripurna DPRD Kota Padang Revisi Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR),  tidak mencapai keputusan.

Tujuh fraksi menyatakan menolak  yakni, Golkar, Demokrat, PPP, PDIP, Nasdem, Gerindra dan Hanura. Sedangkan  fraksi yang menerima yakni, PAN dan PKS.

Ketua Pansus Revisi Perda KTR DPRD Kota Padang Helmi Moesim Rabu (27/12) kecewa, dengan tidak tercapainya keputusan pada sidang paripurna revisi Perda KTR.

"Dengan tidak tercapainya keputusan, maka sidang paripurna ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan," ujarnya.

Menurutnya, pansus telah bekerja keras dengan mendapat  masukkan dari berbagai pihak, serta telah mengikuti mekanisme yang ada.Setelah ini, Bamus akan menjadwalkan kembali sidang paripurna revisi perda KTR.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengatakan,   bukan menolak Perda KTR. Sebenarnya ia setuju diterapkan kawasan tanpa rokok. Tidak perlu revisi Perda KTR tersebut, karena pada revisi itu semua kawasan di Kota Padang tidak boleh merokok.

"Keinginan Pemko Padang, semua kawasan tidak boleh merokok dan dipasang iklan rokok. Ini kan melanggar HAM," ujarnya.

Pemko Padang cukup mensosialisasikan Perda KTR yang sudah ada, tanpa perlu dilakukan revisi.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi menjelaskan, usulan revisi Perda KTR dari Pemko Padang sudah disesuaikan dengan PP nomor 109.

"Usulan revisi Perda ini, sudah disesuaikan dengan PP. Tak ada alasan mereka untuk menolak. Usulan pertama Pemko Padang untuk semua kawasan, sudah disesuaikan PP nomor 109," tegasnya.

Ia mengatakan, mengenai pengaturan iklan rokok, yang dilarang itu di jalan protokol dan jalan utama.

"Mereka ini membaca tidak draft terakhir Ranperda yang dibahas Pansus , yang dicocokkan dengan PP nomor 109. Jangan-jangan mereka belum baca," tambahnya.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM