Terbukti Komsumsi Sabu, Dua IRT Divonis 3 Tahun


Kamis, 04 Januari 2018 - 11:15:22 WIB
Terbukti Komsumsi Sabu, Dua IRT Divonis 3 Tahun Neliwati (52) dan Yusnelawati (50) divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang dengan hukuman masing-masing tiga tahun penjara. YUHENDRA

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Neliwati (52) dan Yusnelawati (50) divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang dengan hukuman masing-masing tiga tahun penjara pidana. Pasalnya, kedua wanita yang sudah memasuki usia tua tersebut dinilai bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu, seberat 0,76 gram.

Ketua majelis, Leba Max Nandoko mengatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Baca Juga : Mantan Komandan Kapal Selam Nuklir Inggris: KRI Nanggala 402 Mungkin Tak Akan Ditemukan

"Kedua terdakwa terbukti bersalah. Hal yang memberatkan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba. Hal-hal yang meringankan kedua terdakwa menyesali perbuatannya,"kata Leba Max Nandoko saat membacakan amar putusannya, Rabu (3/1).

Dikatakanya, perbuatan terdakwa terbukti melanggar pasal 127 KUHP tentang narkotika. Untuk itu majelis hakim menjatuhkan hukuman terhadap kedua ibu rumah tangga ini.

Baca Juga : Usai Kasus KIPI Seperti Stroke, Thailand Tetap Pakai Sinovac

“Menjatukan pidana penjara masing-masing tiga tahun dengan dikurangi masa kurunganya. Kedua terdakwa boleh pikir-pikir, banding atau menerima putusan ini,”kata Leba.

Terhadap putusan yang dibacakan oleh hakim, kedua terdakwa menjalani sidang yang didampingi Penasehat Hukum (PH) Anna Mardiah menerima putusan tersebut.

Baca Juga : Ini Peringatan Keras untuk Negara Barat, Putin: Jangan Lewati 'Garis Merah' Kami!

“Kami menerima putusan ini pak hakim,”kata kedua terdakwa, yang divonis sesuai dengan tuntutan JPU.

Dalam dakwaan JPU disebutkan, kedua terdakwa ditangkap pada 16 Juni 2017 di kawasan Koto Tangah, Kota Padang. Penangkapan dilakukan oleh polisi berdasarkan informasi dari masayarakat, yang mengatakan di rumah terdakwa kerap melakukan pesta sabu.

Baca Juga : Australia Bakal Buka Kebun Ganja Terbesar di Queensland

Saat dilakukan penangkapan, polisi menyita barang bukti sabu-sabu dengan berat 0,76 gram di dalam dompet kecil yang disimpan terdakwa dibelakang Tv.

Dari pengakuan terdakwa barang haram tersebut diperoleh dengan cara membeli seharga Rp600 ribu, kepada rekannya yang bernama Iklas yang saat ini masuk kedalam daftar pencarian orang (DPO). Dari pengakuan kedua terdakwa, sabu tersebut untuk dipakai berdua. (h/mg-hen)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]