24 Tenaga Damkar Tanah Datar Ikuti Pembekalan


Kamis, 04 Januari 2018 - 11:29:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
24 Tenaga Damkar Tanah Datar Ikuti Pembekalan Ilustasi/Haluan

DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 24 orang pegawai honorer Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja Tanah Datar diberikan pembekalan menjelang melaksanakan tugas.

Kadis Damkar dan Pol PP, Nuryeddisman Tanah Datar, Rabu (3/1) mengatakan, pembekalan tersebut telah dilaksanakan di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak.

"Tujuan pembekalan itu untuk membekali masing-masing diri anggota tersebut karena pekerjaan di Dinas Damkar membutuhkan tenaga yang terampil. Jika seandainya kita gegabah dalam menghadapi kejadian pada saat bencana akibatnya tentu akan fatal bagi anggota itu sendiri," ujarnya.

Dikatakan, terhadap 24 orang anggota yang baru direkrut ini akan ditempatkan di kantor cabang-cabang Damkar yang tersebar di Tanah Datar, diantaranya posko Buo, Kecamatan Lintau Buo, posko Batipuh Kecamatan Batipuh dan di kantor di Batusangkar.

Kadis Nuryeddisman juga menyebutkan, seiring banyaknya terjadinya bencana kebakaran pemukiman di Tanah Datar dan terhadap perhadap perkebunan rakyat, kedepan ditargetkan akan ditempatkan pos-pos Damkar di tiap kecamatan.

2018 ini, kita rencanakan akan membangun posko Damkar di kawasan Ombilin Kecamatan Rambatan, ini mengingat penduduk di sana cukup padat, dan ini juga bisa mengkafer ke Kecamatan Batipuh Selatan. Di Damkar Tanah Datar saat ini anggota pemadam telah berjumlah sebanyak 81 orang dan sebanyak 7 unit mobil pemadam, ketersediaan mobil Damkar ini kita harap ke depan bisa ditambah karena luasnya daerah dan untuk maksimalnya dalam penanggulangan bencana kebakaran.

24 orang tenaga honorer Damkar yang baru tersebut, diantaranya 21 orang laki-laki dan 3 orang wanita dengan usia maksimal 25 tahun.

Salah seorang anggota Damkar yang mengikuti pembekalan, Yogi Wardian kepada Haluan mengatakan, telah mengikuti pembekalan itu selama tiga hari. Ia berkesan dalam pembekalan tersebut cukup mendapatkan teknik-teknik yang akan dihadapi saat tugas nanti.

"Kami mengikuti simulasi bencana, berupa melakukan pemadaman api. Nanti kami juga akan diberikan pembekalan dari pusat. Saat acara penutupan kami melakukan agenda pembaretan dengan melakukan jalan kami dari Salimpauang ke posko induk di Kampung Teleng, Batusangkar sejauh 25 kilometer, pada sesi akhirnya juga ditutup dengan doa bersama," ujar Yogi. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Oktober 2017 - 17:44:41 WIB

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel

    Ada 247 Orang Penderita Gangguan Jiwa di Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kesehatan Solok Selatan (Dinkes Solsel) memastikan setiap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak ada yang terlantar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Solsel, Novirman pada Haluan (6/.
  • Rabu, 19 Juli 2017 - 11:48:30 WIB

    SK 24 CPNS GGD Solsel Ditandatangani

    SK 24 CPNS GGD Solsel Ditandatangani SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan Surat Keputusan (SK) dan Nomor Induk Pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (NIP CPNS).
  • Selasa, 28 Februari 2017 - 10:48:03 WIB

    242 Aplikasi ASN Bukittinggi Tercatat di MURI

    BUKITTINGGI, HALUAN – Pemerintah Kota Bukittinggi siap memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi (TI) yang diwujudkan dengan hadirnya 242 aplikasi gratis yang telah diluncurkan.
  • Senin, 13 Februari 2017 - 08:32:03 WIB

    Satpol PP Padang Panjang Siaga 24 Jam

    PADANG PANJANG, HALUAN--Untuk menjaga ketertiban umum dan menegakan perda di Kota yang berjuluk Serambi Mekah, Polisi Pamong Praja Kota Padang Panjang, siap menjaga ketertiban umum 24 jam sehari semalam..
  • Kamis, 22 September 2016 - 03:26:33 WIB

    Syahiran : Camat Harus Standby 24 Jam

    Syahiran : Camat Harus Standby 24 Jam PASBAR, HALUAN — Pe­rangkat daerah, pimpinan daerah, camat harus standby selama 24 jam berada diwi­layah yang dipimpinannya. Karena jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan, pejabat tersebut siap me­layani..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM