Hubungan Bilateral Solsel- Agam Harmonis


Senin, 08 Januari 2018 - 18:00:22 WIB
Hubungan Bilateral Solsel- Agam Harmonis Bupati Solsel Muzni Zakaria dan Bupati Agam, Indra Catri dan Wakil Bupati, Trinda Farhan serta unsur tokoh masyarakat Solsel ketika berfoto di kawasan SRG, Senin (8/1). IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Hubungan bilateral antara kabupaten Solok Selatan (Solsel) dengan Agam kian harmonis. Hal ini terlihat dari hubungan kekerabatan yang begitu erat dari dua kabupaten itu. Pascabanjir bandang melanda Solsel pada Februari 2015 lalu, bantuan logistik dan uang tunai yang pertama kali datang dari Kabupaten Agam dengan jumlah yang fantastis. Begitu juga pada bencana banjir 2017 lalu.

Pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Solsel ke-14, Pemkab Agam juga ikut menghadiri dan melakukan kunjungan ke-objek wisata kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) setelah melewati pertandingan bola persahabatan kedua daerah, Senin (8/1). Kedatangan rombongan pemkab Agam dihadiri oleh Bupati Indra Catri dan Wakil Bupati, Trinda Farhan.

Bupati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria apresiasi pemerintah Kabupaten Agam. Hal ini disebabkan kedekatan dua daerah itu dalam menjalin kerjasama.

" Kami merasa senang dan bahagia mendapatkan perhatian dari Pemkab Agam, semoga menjadikan hubungan lebih akrab lagi kedepannya," kata Muzni.

Malamnya, Minggu (7/1), rombongan Agam ikut menghadiri malam resepsi HJK Solsel di halaman kantor bupati Solsel dan turut menyumbangkan beberapa tembang minang di hadapan masyarakat. Indra Catri juga takjub dengan kawasan SRG Solsel.

" Luar biasa, ini adalah modal yang sangat besar dalam mengembangkan wisata budaya dan juga alam di Solsel yang jarang dimiliki daerah lain," katanya.

Jika melihat kebelakang, terkait kedekatan Pemkab Agam dengan Soslel, bagi korban bencana, tepat sehari pasca dilantik sebagai Bupati Agam pada (18/2/2015), Indra Catri langsung meninjau dan memberikan bantuan logistik kepada masyarakat Solsel yang terdampak bencana banjir bandang saat itu. Ia mengatakan, bahwa beras yang biasa dikonsumsinya berasal dari Solsel. Artinya, semoga areal persawahan segera diperbaiki,

“Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang. Kita bersaudara, bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban saduara-saudara kita di Solsel,” ungkapnya.

Pada September 2017 lalu, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, bantuan bencana banjir KPGD Solsel dikumpulkan sumbangan dari sekolah, pemda, dan masyarakat umum saat penyerahan bantuan di Posko Bantuan saat itu (22/9).

Dalam berita acara penyerahan bantuan yang diberikan berupa daftar bantuan kabupaten Agam beras 1 ton, sayur-mayur 2 ton, Pakaian sekolah 5 kodi, Pakaian layak pakai 15 karung, Mie instan 200 kardus dan uang tunai Rp. 266.372.000.

Secara khusus Bupati Agam meminta uang tunai tersebut digunakan untuk memperbaiki instalasi air bersih PDAM Solsel yang hancur akibat banjir bandang. "Semoga dengan bantuan ini air bersih dapat normal kembali sehingga bisa membantu masyarakat yang terkena bencana," harapnya. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:25:23 WIB

    IKSM Pererat Hubungan Perantau dan Anak Nagari

    IKSM Pererat Hubungan Perantau dan Anak Nagari Agam, Haluan — Ikatan Keluarga Srikandi Manggopoh (IKSM) Jabodetabek menggelar pertemuan di Gedung Darul Hitam Kebon Kacang Tanah Abang, kegiatan tersebut dalam rangka memperkuat hu­bungan perantau dan urang kampuang. .
  • Jumat, 15 April 2016 - 03:34:36 WIB
    Setelah Sempat Tegang Sehari

    Hubungan DPRD dan Eksekutif Mencair Kembali

    Hubungan DPRD dan Eksekutif Mencair Kembali BUKITTINGGI, HALUAN — Masalah salah pengertian antara Ketua DPRD dengan Walikota Bukittinggi, akibat terjadinya kesalahan teknis pada acara Pembukaan Musrembang Senin lalu, akhirnya dengan sikap dewasa kedua pihak, hubungan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]