Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang


Selasa, 12 Desember 2017 - 11:06:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rp 6,3 Miliar untuk Pembangunan Landmark Aksara Slogan Padang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan biaya pembangunan landmark di Gunung Padang yang menghabiskan biaya Rp6,3 Miliar, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang melalui Kepala Bidang Bina Marga Hendri Zulviton mengatakan, besarnya anggaran karena lokasi pengerjaan yang berada di atas gunung dengan kemiringan 90 derajat.

Selain itu, yang membuat mahalnya pembangunan landmark tersebut juga karena DPUPR harus membuat jaringan listrik dan bawah ke atas. Kemudian tembok penahan dan pengerjaan kabel bawah tanah.

“Ada delapan tiang listrik lengkap dengan panel dan jaringan untuk menghidupkan lampu LED landmark tersebut,”jelas Hendri Zulviton kepada harianhaluan.com, Selasa (13/12).

Ditambahkannya, apalagi pengerjaan tersebut yang digali adalah batu andesit, batu cadas, dan batu karang yang sulit untuk dikerjakan. Tak hanya itu, konstruksi yang digunakan untuk landmark juga baja.

“Kami lapisi dengan ACP bagian belakang dan samping. Bagian depannya dipasangi acrlic, pakai LED dan lampu sorot. Ketahanan landmark bisa mencapai puluhan tahun,”sebut Hendri.

Menurut Hendri Zulviton, ketinggian huruf landmark tersebut mencapai hampir 10 meter sama dengan bangunan tiga lantai. Jika tidak ada kendala, pembangunan landmark akan selesai 31 Desember, yang sudah dimulai semenjak 5 Juli 2017.

“Bayangkan sulitnya medan yang ditempuh untuk pembangunan landmark ini. Susah naik keatas, ada lebih kurang 400 ton material yang harus diangkut keatas,”sebutnya.

Ditambahkannya, anggaran tersebut sudah dirasakan pas untuk membangun landmark di Gunung Padang tersebut. Ia menegaskan tidak ada anggaran yang dibesarkan jumlahnya.

“Perencanaanya pakai konsultan kok, dan lelang juga terbuka,”kata Hendri. (h/mg-mel)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:15:27 WIB

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu

    Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana melakukan beberapa pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Salah satunya Gunung Padang, karena kawasan Gunung Padang salah satu kawasan wisata utama di K.
  • Rabu, 07 November 2018 - 16:05:37 WIB

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung

    Pemko Padang Hadirkan Perpustakaan di Warung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna meningkatkan indeks literasi masyarakat di Padang, pemerintah kota setempat berencana menghadirkan perpustakaan di warung-warung. Pemko Padang melakukan hal itu juga untuk mendekatkan masyaraka.
  • Kamis, 01 November 2018 - 21:46:43 WIB

    Mahyeldi: Integritas Berpijak pada Agama

    Mahyeldi: Integritas Berpijak pada Agama BALIKPAPAN, HARIANHALUAN.COM – Kolaborasi integritas nasional menjadi ajang pembelajaran untuk mencapai keunggulan strategis dalam pengelolaan pemerintahan yang bersih dan baik. Integritas harus berpijak pada ajaran agama, .
  • Jumat, 05 Oktober 2018 - 17:02:33 WIB

    Lima Jam Galang Dana, Driver Ojek di Padang Ini Kumpulkan Rp83 Juta

    Lima Jam Galang Dana, Driver Ojek di Padang Ini Kumpulkan Rp83 Juta PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ikut merasakan kesedihan, dan ingin berbagi kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, ribuan driver ojek yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Ojek Padang (FKDOP) .
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 15:27:07 WIB

    Tindakan Tegas Perparkiran Menunggu Perda

    Tindakan Tegas Perparkiran Menunggu Perda PADANG, HARIANHALUAN.COM—Penindakan pengembosan ban tak menciutkan nyali para pelaku parkir sembarangan di Kota Padang. Dinas Perhubungan Kota Padang mengaku tengah menunggu Peraturan Daerah (Perda) baru yang akan mengatur .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM