Mantan Ketua DPRD Padang Desak Gubernur Kembalikan Jabatannya


Selasa, 09 Januari 2018 - 12:29:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mantan Ketua DPRD Padang Desak Gubernur Kembalikan Jabatannya Erisman

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah dikabulkan gugatan Mantan ketua DPRD Kota Padang Erisman oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Padang, untuk mengembalikan Jabatanya sebagai Ketua DPRD. Namun hingga saat ini Gubernur Sumbar belum menjalankan penetapan tersebut, dan masih dipegang Elly Thrisyanti.

Erisman melalui Kuasa Hukumnya Ardyan MH mengatakan Gubernur segera melaksanakan penetapan PTUN Padang No. 11/G/PEN-MH/2017/PTUN-PDG tanggal 1 November 2017, dalam hal penundaan berlakunya Keputusan Tata usaha Negara Nomor: 171-578-2017 Tentang Peresmian Pemberhentian Dan Pengangkatan Pimpinan DPRD.

"Penetapan dan putusan dua hal yang berbeda. Penetapan itu serta merta dan berlaku sampai pada putusan berkekuatan hukum tetap atau dicabutnya penetapan tersebut. Jadi Gubernur harus menjalankannya. Namun, kenyataannya hingga saat ini belum dilaksanakan," kata Ardyan (8/1).

Jadi tidak ada alasan dari Gubernur untuk tidak menjalankan penetapan tersebut. Karena, Dalam penetapan Majelis hakim PTUN jelas, mengatakan kalau ada kekeliruan dalam proses pergantian pimpinan Dewan. Karena, ada proses yang belum selesai di Kota Padang, namun sudah dilanjutkan untuk proses penerbitan SK oleh Gubernur.

"Seharusnya, pergantian tersebut harus melalui makamah partai. Klien saya sudah pernah mempertanyakan ini kepada makamah partai, namun kenyataannya tidak pernah dipanggil oleh makamah partau hingga saat ini," ujar Ardyan.

Diakuai Ardyan, pihaknya telah menerima memori banding dari Gubernur Sumbar yang diserahkan ke PTUN Medan. Banding yang diajukan adalah banding untuk Putusan PTUN dan bukan atas penetapan.

"Dalam memori banding itu hanya menyatakan tentang putusan, walau ada sedikit menyinggung masalah menetapkan. Namun dalam Undang-Undang Makamah aguang mengatakan terhadap penetapan itu hanya bisa dibatalkan melalui gugatan ke pengadilan atau kasasi ke MA," terangnya.

Dikatakan, hingga 14 hari setelah diputuskan pihaknya tidak menerima pemberitahuan kasasi dari Gubernur, maka menurut Ardyan secara otomatis penetapan itu sudah berlaku dan berkekuatan hukum.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 September 2018 - 10:45:04 WIB

    Tenggat 90 Hari, KPU Masih Berhak Mencoret Caleg Mantan Koruptor 

    Tenggat 90 Hari, KPU Masih Berhak Mencoret Caleg Mantan Koruptor  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Mahkamah Agung (MA) memberikan waktu 90 hari ke KPU untuk pikir-pikir melaksanakan putusan judicial review. Oleh sebab itu, KPU masih berhak mencoret eks koruptor nyaleg..
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 20:53:03 WIB

    Caleg DPR, Demokrat Usung Atlet Nasional dan  Mantan Menteri

    Caleg DPR, Demokrat Usung Atlet Nasional dan  Mantan Menteri JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Partai Demokrat mengusung  beberapa  atlet dan mantan atlet nasional dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019.  Selain itu, juga dicalonkan sejumlah  mantan menteri era Pem.
  • Senin, 02 Juli 2018 - 09:36:48 WIB

    Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg

    Mantan Koruptor Dilarang Nyaleg Ketentuan tentang larangan eks koruptor mencalonkan diri menjadi anggota legislatif sudah bisa diterapkan pada masa pendaftaran bakal Caleg Pemilu 2019 yang akan dibuka mulai 4 hingga 17 Juli 2018..
  • Jumat, 21 Juli 2017 - 09:57:12 WIB

    Sering Dizalimi, Mantan Lurah Ini Siap Maju di Pilkada Padang

    Sering Dizalimi, Mantan Lurah Ini Siap Maju di Pilkada Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Menjelang Pilkada Kota Padang pada 28 Juni 2018 nanti, sejumlah nama-nama tokoh mulai mengembang, dan disebut-sebut sebagai calon kepala daerah..
  • Senin, 10 Juli 2017 - 11:29:44 WIB

    Anak Mantan Wako Sawahlunto Siap-siap ke Pilkada

    Anak Mantan Wako Sawahlunto Siap-siap ke Pilkada SAWAHLUNTO,HALUAN-drg Susi Muhardini, Sp Kg, anak mantan Walikota Sawahlunto Drs. Shaimoery, S.H ( 1971 - 1983), memantapkan tekadnya untuk bertarung menuju Sawahlunto satu pada Pemilu Kada 2018..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM