Konflik Tanah di Koto Tangah, Pemko dan Warga Ngadu ke DPR RI


Kamis, 11 Januari 2018 - 13:21:28 WIB
Konflik Tanah di Koto Tangah,  Pemko dan Warga Ngadu ke DPR RI Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Menindaklanjuti laporan masyarakat soal klaim tanah kaum Maboed, anggota Komisi III DPR RI berjanji akan segera turun ke Kota Padang. Anggota dewan itu bakal mencari fakta dan data, serta menuntaskan persoalan dan berjanji akan menindak tegas pihak yang membeking masalah tersebut.

Penegasan itu dinyatakan dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat Pemko Padang di Gedung DPR RI di Jakarta, Rabu (9/1). Para pejabat pemko, di antaranya Sekdako Asnel, Asisten I Vidal Triza, bagian hukum dan lainnya.

Kemudian pengurus masyarakat Tigo Sandiang, Arifin Musa dan Amasrul, termasuk pengacara RS Sitirahmah dan Universitas Baiturrahmah, Honda Gajah Motor, SPBU Aia Pacah dan lainnya, Rimaison Syarif. Sementara dari pihak Komisi III hadir antara lain Tifatul Sembiring, Arsul Sani, Asriadi Dahlan dan lainnya.                  

Dikatakan Rimaison Syarif, dalam pertemuan itu rombongan dari Padang membeberkan masalah yang dihadapi masyarakat terkait klaim dari Kaum Maboed atas tanah seluas 765 hektare di enam kelurahan di Kecamatan Koto Tangah, Padang, yang berujung permasalahan dan keresahan ratusan ribu masyarakat yang sudah puluhan tahun mendiami daerah tersebut.

Belum lagi ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menguasai lahan yang belum ada bangunannya dan berkembang informasi di masyarakat akan ada pengukuran lahan yang dikawal aparat keamanan. Apalagi 3.500 sertifikat masyarakat hingga saat ini masih diblokir. Kemudian tak ditindaklanjutinya sejumlah laporan masyarakat terkait kelompok Lehar oleh pihak kepolisian di Sumbar.

Sementara sebaliknya, laporan dari pihak Lehar tetap ditindaklanjuti. Yang cukup penting adalah ada dugaan kesalahan Pengadilan Negeri (PN) Padang dalam angkat sita dan tunjuk batas objek peekara No. 90 tahun 1931 di lahan tersebut.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 November 2019 - 22:22:43 WIB

    Penenggelaman Bagan Danau Singkarak, Ancaman Konflik dan Kepunahan Bilih

    Penenggelaman Bagan Danau Singkarak, Ancaman Konflik dan Kepunahan Bilih SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Tim gabungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar, serta aparat keamanan melakukan penertiban bagan (alat tangkap ikan) milik warga di Danau Singkarak. Bagan yang kedapatan masih b.
  • Senin, 16 September 2019 - 06:28:47 WIB

    Kecam Serangan ke Fasilitas Minyak Arab Saudi, RI Serukan PBB Penyelesaian Konflik Yaman

    Kecam Serangan ke Fasilitas Minyak Arab Saudi, RI Serukan PBB Penyelesaian Konflik Yaman JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Pemerintah Indonesia mengecam aksi penyerangan fasilitas minyak Saudi Aramaco di Arab Saudi yang diduga dilakukan kelompok pemberontak Houthi Yaman. Fasilitas minyak terbesar di dunia itu diseran.
  • Selasa, 02 Juli 2019 - 00:34:06 WIB

    Konflik Agraria Berkepanjangan, Dua Basis SPI Sumbar Mengadu ke Komnas HAM Perwakilan Sumbar

    Konflik Agraria Berkepanjangan, Dua Basis SPI Sumbar Mengadu ke Komnas HAM Perwakilan Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM- Empat orang utusan Basis SPI Aia Gadang dan Muaro Kiawai dan didamping ketua cabang SPI Pasaman Barat serta Ketua DPW SPI Sumbar,  mendatangi kantor Komnas HAM Perwakilan Sumbar di Padang, Selasa (3.
  • Kamis, 06 Juni 2019 - 23:23:27 WIB

    Polda Sultra Sebut Situasi Konflik Buton Sudah Kondusif

    Polda Sultra Sebut Situasi Konflik Buton Sudah Kondusif JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Personel gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian dikerahkan untuk meredam konflik yang melibatkan warga dua desa di Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Teng.
  • Rabu, 28 Maret 2018 - 14:29:19 WIB
    MAHASISWA BERUNJUK RASA, TOKOH ADAT MENOLAK

    Ancaman Konflik Emas Pasaman

    Ancaman Konflik Emas Pasaman Ekplorasi emas di Pasaman yang dikelola PT Indexco Jaya Makmur (IJM) menuai protes dimana-mana. Mahasiswa berunjuk rasa. Masyarakat adat mengecam. Para aktivis lingkungan juga bersuara lantang. Tak hanya ditakutkan memicu kon.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM