Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona


Kamis,11 Januari 2018 - 15:44:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona SALURAN IRIGASI - Salah satu saluran irigasi di Korong Padang Jawi yang sudah berfungsi untuk pertanian sawah di Nagari Campago. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan saluran irigasi untuk pertanian masih primadona di Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Pariaman tahun 2018 ini.

"Di Nagari ini sekitar 80 persen penduduk berprofesi sebagai bertani, selebihnya baru pegawai, pedagang dan wiraswasta," kata Walinagari Campago, Sumarjon kepada Haluan, Rabu (10/1).

Luas sawah di nagari ini mencapai 123 hektare dengan hasil mencapai 6,7 ton/hektare untuk tiap kali panen.

“Korong Kubun Padang Manih termasik lumbung padi di nagari ini,” kata Sumarjon.
Kebutuhan saluran irigasi permanen masih dibutuhkan. Dan sampai saat ini baru dibangun secara keseluruhan mencapai 60 persen.

Namun, kata Walinagari Sumarjon, dari tujuh korong yang ada di nagari ini, pembangunan irigasi sudah ada yang mencapai 85 persen.

Jenis padi yang ditanam petani disini masih mengacu kepada permintaan pasar. Pembangunan irigasi di Nagari Campago dilakukan selain berdasarkan usulan masyarakat juga melalui kajian terutama mengenai ketersediaan sumber airnya.

“Kami tidak mau pembangunan irigasi selesai tapi tak ada airnya untuk petani. Makanya selalu melalui kajian terlebih dahulu terhadap pembangunan pekerjaan tersebut,” jelasnya lagi.
Pembangunan irigasi juga akan dilakukan pada sejumlah korong dengan memanfaatkan dana desa tahun ini. (h/tri)
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,17 Januari 2018 - 09:53:34 WIB

    DPRD Sumbar Setujui Pembangunan Pusat Rehab LGBT

    DPRD Sumbar Setujui Pembangunan Pusat Rehab LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kalangan DPRD Sumbar mendukung wacana Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit untuk membangun pusat rehabilitasi penganut perilaku seks menyimpang, Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT). Anggara.
  • Minggu,14 Januari 2018 - 23:36:51 WIB
    INNERHOT 87 IASMA 1 LANDBOUW

    Bantu Pembangunan Mushala Mudiak Angge

    Bantu Pembangunan Mushala Mudiak Angge AGAM, HALUAN- Mudiak Angge, tak mudah dikunjungi, belum ada jalan yang layak untuk sampai ke kampung dalam belantara raya di perbatasan Palupuh Agam dan Palangkitangan Limapuluh Kota ini. Di sinilah Ikatan Alumni SMA N.
  • Senin,02 Oktober 2017 - 21:37:02 WIB

    Ricuh Aksi Tolak Pembangunan Geothermal di Solok, Massa Lempar Batu dan Blokir Jalan

    Ricuh Aksi Tolak Pembangunan Geothermal di Solok, Massa Lempar Batu dan Blokir Jalan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Sekitar seribuan masyarakat salingka Gunung Talang kembali mengepung kantor Bupati Solok, Senin (2/10). Massa yang mengklaim datang dari 12 nagari yang berada di kawasan Gunung Talang ini kembali tu.
  • Senin,07 Agustus 2017 - 20:00:06 WIB

    Puluhan Tahun Terisolasi, Warga Dusun Salak Berharap Pembangunan Jembatan

    Puluhan Tahun Terisolasi, Warga Dusun Salak Berharap Pembangunan Jembatan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah masyarakat Dusun Salak, tepatnya di Kampung Jalamu, Kenagarian IV Koto Hilir, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), setiap hari harus manyabung nyawa. Sebab, akses mer.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM