Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona


Kamis, 11 Januari 2018 - 15:44:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona SALURAN IRIGASI - Salah satu saluran irigasi di Korong Padang Jawi yang sudah berfungsi untuk pertanian sawah di Nagari Campago. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan saluran irigasi untuk pertanian masih primadona di Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Pariaman tahun 2018 ini.

"Di Nagari ini sekitar 80 persen penduduk berprofesi sebagai bertani, selebihnya baru pegawai, pedagang dan wiraswasta," kata Walinagari Campago, Sumarjon kepada Haluan, Rabu (10/1).

Luas sawah di nagari ini mencapai 123 hektare dengan hasil mencapai 6,7 ton/hektare untuk tiap kali panen.

“Korong Kubun Padang Manih termasik lumbung padi di nagari ini,” kata Sumarjon.
Kebutuhan saluran irigasi permanen masih dibutuhkan. Dan sampai saat ini baru dibangun secara keseluruhan mencapai 60 persen.

Namun, kata Walinagari Sumarjon, dari tujuh korong yang ada di nagari ini, pembangunan irigasi sudah ada yang mencapai 85 persen.

Jenis padi yang ditanam petani disini masih mengacu kepada permintaan pasar. Pembangunan irigasi di Nagari Campago dilakukan selain berdasarkan usulan masyarakat juga melalui kajian terutama mengenai ketersediaan sumber airnya.

“Kami tidak mau pembangunan irigasi selesai tapi tak ada airnya untuk petani. Makanya selalu melalui kajian terlebih dahulu terhadap pembangunan pekerjaan tersebut,” jelasnya lagi.
Pembangunan irigasi juga akan dilakukan pada sejumlah korong dengan memanfaatkan dana desa tahun ini. (h/tri)
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Juli 2018 - 15:13:42 WIB
    Menyangkut Mitigasi Bencana

    Marzul Veri: Pembangunan Bandara Piobang Mendesak

    Marzul Veri: Pembangunan Bandara Piobang Mendesak Desakan Marzul untuk menghidupkan kembali Bandara Piobang sebenarnya sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 69 Tahun 2013. Dalam Permen itu dirincikan, kebijakan pengembangan bandara baru diprioritaskan di daerah .
  • Jumat, 06 Juli 2018 - 09:27:49 WIB

    Bupati Agam Raih Satya Lencana Pembangunan KKBPK

    Bupati Agam Raih Satya Lencana Pembangunan KKBPK AGAM, HARIANHALUAN.COM-Bupati Agam, Indra Catri, meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada acara puncak.
  • Kamis, 15 Maret 2018 - 20:50:57 WIB

    Kunjungi Konservasi Penyu Ampiak Parak, Risnaldi: Perlu Pembangunan Sarana Belajar

    Kunjungi Konservasi Penyu Ampiak Parak, Risnaldi: Perlu Pembangunan Sarana Belajar PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Risnaldi mengunjungi Kawasan Ekowisata Penyu Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)..
  • Sabtu, 03 Maret 2018 - 02:34:27 WIB

    IASMA 1 Bukittinggi Tinjau Pembangunan Rumah Ibadah di Kampung Terpencil

    IASMA 1 Bukittinggi  Tinjau Pembangunan Rumah Ibadah di Kampung Terpencil BUKITTINGGI, HALUAN-Prosesi pembangunan Mushala di dusun terpencil Mudiak Angge Palupuah, Agam, dan pembanguna Masjid di Dusun Palangkitangan, Jorong Kampuang Melayu, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten 50 Kota, berjalan la.
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 09:53:34 WIB

    DPRD Sumbar Setujui Pembangunan Pusat Rehab LGBT

    DPRD Sumbar Setujui Pembangunan Pusat Rehab LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kalangan DPRD Sumbar mendukung wacana Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit untuk membangun pusat rehabilitasi penganut perilaku seks menyimpang, Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT). Anggara.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM