Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona


Kamis,11 Januari 2018 - 15:44:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pembangunan Irigasi di Padang Pariaman Masih Primadona SALURAN IRIGASI - Salah satu saluran irigasi di Korong Padang Jawi yang sudah berfungsi untuk pertanian sawah di Nagari Campago. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan saluran irigasi untuk pertanian masih primadona di Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Pariaman tahun 2018 ini.

"Di Nagari ini sekitar 80 persen penduduk berprofesi sebagai bertani, selebihnya baru pegawai, pedagang dan wiraswasta," kata Walinagari Campago, Sumarjon kepada Haluan, Rabu (10/1).

Luas sawah di nagari ini mencapai 123 hektare dengan hasil mencapai 6,7 ton/hektare untuk tiap kali panen.

“Korong Kubun Padang Manih termasik lumbung padi di nagari ini,” kata Sumarjon.
Kebutuhan saluran irigasi permanen masih dibutuhkan. Dan sampai saat ini baru dibangun secara keseluruhan mencapai 60 persen.

Namun, kata Walinagari Sumarjon, dari tujuh korong yang ada di nagari ini, pembangunan irigasi sudah ada yang mencapai 85 persen.

Jenis padi yang ditanam petani disini masih mengacu kepada permintaan pasar. Pembangunan irigasi di Nagari Campago dilakukan selain berdasarkan usulan masyarakat juga melalui kajian terutama mengenai ketersediaan sumber airnya.

“Kami tidak mau pembangunan irigasi selesai tapi tak ada airnya untuk petani. Makanya selalu melalui kajian terlebih dahulu terhadap pembangunan pekerjaan tersebut,” jelasnya lagi.
Pembangunan irigasi juga akan dilakukan pada sejumlah korong dengan memanfaatkan dana desa tahun ini. (h/tri)
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM