Dermaga Apung Kota Pariaman Tuntas Dikerjakan


Jumat,12 Januari 2018 - 01:25:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dermaga Apung Kota Pariaman Tuntas Dikerjakan DERMAGA Apung Pulau Tangah Kota Pariaman tuntas pengerjaannya. TRISNALDI

PARIAMAN, HALUAN - Pembangunan Dermaga Apung di Pulau Tangah di Pantai Kota Pariaman telah selesai 100 persen. Kegiatan pembangunan itu untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata.

Pembangunan Dermaga Apung memanfaatkan dana pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Besar dana tersebut Rp1,7 miliar dan dermaga yang sudah selesai dikerjakan itu, Kamis (11/1) serta langsung diujicoba penggunaan.
Tender pembangunan Dermaga Apung itu dilakukan langsung oleh pihak KKP RI di Jakarta dan Pemko Pariaman hanya menerima pengerjaan hingga selesai saja.
"Saya mendapat laporan bahwa pembangunan dermaga apung di pulau tangah telah selesai dikerjakan, makanya kita mengecek langsung ke lokasi, dan sekaligus kita uji coba kelayakan dermaga apung ini," kata Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman.
Selain mengecek keberadaan Dermaga Apung, Mukhlis Rahman juga mengecek pembangunan pendestriannya.
“Pendestrian jalan setapak tersebut baru selesai 7 persen dan diakhir bulan ini rampung 100 persen.
Tentang pembangunan rumah panggung, tinggal pemasangan atap dan finising saja.
Pulau tangah rencananya jadi destinasi wisata keluarga,” kata Mukhlis Rahman.
Dalam peninjauan itu walikota menelusuri pendestrian jalan setapak yang dibangun melalui APBD Kota Pariaman, dan rumah panggung sebanyak 15 unit, yang nantinya bisa sebagai tempat beristirahat dan bercengkrama bersama anggota keluarganya yang berkunjung ke pulau ini.
Walikota mengimbau pembangunan berkelanjutan hendaknya sesuai master plan yang telah dibuat untuk pulau tangah ini, kalau berpijak ke master plan butuh waktu 3 tahun lagi baru tuntas.
Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pariaman, Zamzamil mengatakan, beberapa sarana dan prasarana pendukung masih dalam tahap pembangunan.
"Untuk pembangunan di pulau tangah ini, menghabiskan biaya sebesar Rp780 juta untuk pendestrian dan Rp330 juta untuk 15 unit gazebo," tuturnya. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,14 November 2016 - 00:39:18 WIB

    Siberut Tengah Dambakan Dermaga

    PADANG, HALUAN — Masyarakat Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai men­dam­bakan adanya dermaga, untuk men­jem­batani kebutuhan masyarakat antar pulau..
  • Jumat,13 Maret 2015 - 19:42:21 WIB

    Dermaga Ditambah, Panasahan Dipersiapkan Jadi Pelabuhan Regional

    PAINAN, HALUAN—Pelabuhan Panasahan Painan Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dipersiapkan menjadi pelabuhan regional pengangkutan barang. Untuk tujuan itu, kini tampak penambahan pembangunan d.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM