GOJEK MENDAPAT TEMPAT DI HATI MASYARAKAT

Penghasilan Driver Rp300.000/Hari


Jumat,12 Januari 2018 - 01:45:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penghasilan Driver Rp300.000/Hari JEMPUT ANTAR—Driver Gojek sedang menikmati waktu istirahat sambil berkumpul bersama rekannya di Komplek Gor Agus Salim, Padang, Rabu (10/1). Mereka siap melayani jemput antar masyarakat yang membutuhkan jasanya. RENDI

PADANG, HALUANDriver yang mengenakan jaket berwarna hijau hitam itu, dikenal dengan sebutan Gojek, salah satu jasa layanan jemput antar. Jasa transportasi ini saat ini sedang trend an diminati banyak orang.

Pantauan Haluan di salah satu pangkalan Gojek di Komplek Gor Agus Salim, Padang,  tepatnya di depan Enhaii, terlihat driver Gojek sedang menikmati kopi dan sarapan pagi, Rabu (10/1). Di tempat itu, sedikitnya terdapat 10 pengendara yang siap melayani pelanggan jemput antar ke berbagai tujuan.

"Biasanya kami mangkal di sini, menunggu panggilan dari konsumen yang menggunakan jasa kami," ungkap Marcel, salah satu driver Gojek yang dulunya bekerja sebagai sales.

Berpindah profesi dari sales menjadi driver online merupakan langkah yang sudah diperhitungkan Marcel dengan matang. Rupiah yang ia raup dari Gojek lebih dirasakannya melegakan dari pada pekerjaan sebelumnya.

"Untuk tarif dasar pelanggan dikenakan sebesar Rp3.000. Sedangkan dari pihak kantor tarif dasar senilai Rp6.000, jadi untung kita ambil dari situ," katanya.

Dikatakannya juga, secara umum tarif cendrung relatif, berdasarkan jarak tempuh.

Selanjutnya, ia menerangkan juga kalau hal yang menjadikan pekerjaan tersebut menarik adalah sistem poin. Dimana poin Gofood (pesan makanan) berjumlah 2 poin, namun kalau pemesanan diatas angka Rp200.000 bernilai 3 poin. Goride (layanan antar orang) poinnya 1 dan Goshop poinnya 1 dan jika angka belanja di atas Rp200.000 maka poinnya menjadi 2.

Marcel dan kawan-kawannya sepakat, selain rupiah yang didapat dari kerja mereka tersebut, kerja menjadi driver Gojek tidak mengikat sama sekali. Pengakuan mereka, dari pekerjaan itu rata-rata sehari bisa memberikan rupiah senilai Rp300.000 bahkan lebih.

Selain itu, untuk menjadi driver Gojek tidaklah serumit memasuki pekerjaan lainnya. Cukul dengan KTP, SIM dan punya surat-surat kendaraan lengkap.

Marcel juga mengatakan, semenjak Maret tahun 2017, dalam sehari saja Gojek menerima 25 driver. Ketika dikalkulasikan hingga sekarang kemungkinan jumlah driver  Gojek lebih seribu orang.

Latar belakang driver Gojek ternyata beragam profesi, ada yang mahasiswa, pedagang, bahkan pegawai negeri dari salah satu dinas di Kota Padang juga bekerja sebagai driver Gojek.

"Iya, ada juga pegawai dinas yang menjadi salah satu driver Gojek yang bekerja pada malam hari," katanya.

Bagi Marcel dan kawan-kawannya, saat berbincang dengan Haluan, berharap pada pemerintah lebih menaungi profesi mereka. Selain dari naungan pihak Gojek sendiri seperti Droncom yang menjadi pelindung Gojek atas dasar Permenhub 108.

Dilain sisi keberadaan Gojek sangat dirasakan perlu bagi masyarakat. Seperti info yang didapat dari salah satu warga yang merasakan keberadaan Gojek sangat membantu.

"Pada waktu itu saya pulang kerja, namun hujan menahan saya sampai pukul 23.00 WIB. Karena sudah larut malam dan saya perempuan, maka terlintas di pikiran saya untuk menggunakan Gojek. Alhamdulillah, berkat jasa Gojek saya sampai juga ke rumah dengan aman," ungkap Rina, salah satu pegawai Mall. (h/mg-rei)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,11 Januari 2018 - 13:32:49 WIB

    Gojek di Padang, Penghasilan Driver Rp300.000/Hari

    Gojek di Padang, Penghasilan Driver Rp300.000/Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM—Driver yang mengenakan jaket berwarna hijau hitam itu, dikenal dengan sebutan Gojek, salah satu jasa layanan jemput antar. Jasa transportasi ini saat ini sedang trend an diminati banyak orang..
  • Kamis,21 Desember 2017 - 10:37:09 WIB

    Dari Jasa Cuci Gosok Lampu Mobil, Firdaus Raup Penghasilan Hingga Ro7 Juta per Bulan

    Dari Jasa Cuci Gosok Lampu Mobil, Firdaus Raup Penghasilan Hingga Ro7 Juta per Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Firdaus, pria 40 tahun yang bekerja seharai-hari sebagai jasa cuci gosok lampu mobil di Jl. Diponegoro, tepatnya di Depan Taman Budaya Padang,  tengah sibuk menggosok lampu mobil pelanggannya, Rabu.
  • Jumat,16 September 2016 - 03:11:33 WIB
    DIKLAT DASAR TENUN PROGRAM INKUBATOR BISNIS

    Jadi Penenun Bisa Tambah Penghasilan Keluarga

    SIJUNJUNG, HALUAN — Menurut Ketua Dekranasda Sumatra Barat, Nevi Irwan Prayitno, menjadi penenun bisa menambah dan membantu pendapatan ekonomi keluarga, terutama bagi orang yang berasal dari keluarga tidak mampu. Ia berpend.
  • Kamis,25 Agustus 2016 - 04:20:28 WIB
    DIRUT PELINDO II TINJAU TELUK BAYUR

    Maksimalkan Penghasilan Pelabuhan

    PADANG, HALUAN — Direktur Utama PT Pelindo II yang baru dilantik, Elvyn G Masasssya meninjau kondisi pelabuhan Teluk Bayur, Rabu (24/8). Ia hadir ke Padang bersama Direktur Keuangan, Orias P Moedak..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM