Cegah Kejahatan di Medsos, Polda Sumbar Bentuk Satgas Cyber Troop


Jumat, 12 Januari 2018 - 10:05:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cegah Kejahatan di Medsos, Polda Sumbar Bentuk Satgas Cyber Troop Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN – Polda Sumbar membentuk Satgas Cyber Troop untuk melakukan monitoring kejahahatan di media sosial jelang Pilkada serentak empat kota di Sumbar. Tim ini khusus memantau media sosial dan mencegah terjadinya provokasi yang berlanjut ke kisruh.

Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol Bayu Wisnumurti mengatakan, pembentukan satgas Satgas Cyber Troop sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

“Saat momentum Pilkada ini akan ditugaskan untuk memonitor informasi di media sosial. Satgas Cyber Troop juga ditugaskan untuk mencegah munculnya provokasi melalui dunia maya dan mengidentifikasi pelakunya,” terang Bayu saat digelarnya simulasi sistem pengamanan Pilkada Padang yang digelar Polresta Padang, Selasa (11/1) di Lanud Sutan Sjahrir.

Dalam simulasi, Satgas Cyber Troop menggerebek rumah pelaku ujaran kebencian terhadap Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dengan menuduh melakukan politik uang. Pelaku ujaran kebencian tersebut dapat ditangkap dan dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE.

“Tugas Satgas Cyber Troop seperti yang saya sebut tadi, bukan sekadar menangkap pelaku, tapi juga melakukan pencegahan,” papar Wakapolda.

Polresta Padang sendiri sudah bersiap untuk melakukan antisipasi dalam dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Simulasi pengendalian massa pun digelar. Skenario lainnya, adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas menyerbu KPU, polisi melakukan pengamanan.

Saat simulasi, massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral.

Anggota dalmas dengan tameng terus menghalangi massa yang berusaha membuat kerusuhan lain, yakni membakar Kantor KPU. Tindakan tegas dilakukan. Personil Dalmas dibantu mobil water canon mendesak agar massa mundur. Personil pengurai massa (Raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dengan tembakan .

Brigjen Pol Bayu Wisnumurti mengatakan, dengan diadakannya simulasi tersebut dapat mempersiapkan para personil untuk menghadapi Pilkada serentak mendatang. Dengan demikian, apabila hal tersebut benar terjadi mental dan fisik tim gabungan sudah terlatih dan siap siaga.

"Dengan adanya simulasi ini tentu adanya gambaran apa saja yang akan nanti terjadi saat pilkada serentak berlangsung. Persiapan lebih bersungguh lagi, kita persiapan mental dan fisik jika betul terjadi," katanya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 21:41:42 WIB

    Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Lantamal II Padang Tes Urine Mendadak

    Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Lantamal II Padang Tes Urine Mendadak PADANG, HARIANHALUAN.COM-Dalam mencegah beredarnya dan penyalahgunaan narkoba di kalangan anggotanya, Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman bekerjasama dengan BNN memerintahkan prajurit dan ASN Lantamal II.
  • Kamis, 21 September 2017 - 17:40:12 WIB

    Cegah Peredaran Obat PCC, Polres dan Dinkes Dharmasraya Razia Apotek

    Cegah Peredaran Obat PCC, Polres dan Dinkes Dharmasraya Razia Apotek DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM--Sebanyak 26 apotik berizin di razia tim yang tergabung dari Polres Dharmasraya dan Dinas Kesehatan Dharmasraya, Rabu (20/9).Razia dipimpin Kepala Dinas Kesehatan, dr.Rahmadian dan Kasat Narkoba .
  • Jumat, 11 Agustus 2017 - 18:21:40 WIB

    BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK

    BNNK Sawahlunto Sosialiasi Pencegahan Narkoba di CV BMK SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Badan Narkotika Nasional Kota Sawahlunto melaksanakan  kegiatan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)  di lingkungan pekerja. Sebanyak 30 Karyawa.
  • Senin, 17 Juli 2017 - 00:20:40 WIB

    Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia

    Cegah Peredaran Narkoba, BNK Bukittinggi Intensifkan Razia BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.VOM--Guna mengantisipasi masuknya peredaran Narkoba di Bukittinggi, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bukittinggi intensifkan razia kenderaan roda empat pada jalur gerbang pintuk masuk dalam kota.
  • Senin, 19 Juni 2017 - 15:53:18 WIB

    Kapolres Agam Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

    Kapolres Agam Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme AGAM,HALUAN- Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga keberagaman prinsip-prinsip kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bahaya radikalisme dan intolerensi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM