Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi


Jumat, 12 Januari 2018 - 10:18:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tanah Datar Bakal Punya Kampung Religi KAMPUNG RELIGI -- Camat Lima Kaum, bersama Kepala KUA Lima Kaum, mengadakan rapat awal mengenai Kampung Religi, Kamis lalu. Khairul

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Memasuki tahun 2018, pemerintahan Kecamatan Lima Kaum, langsung tancap gas dalam menjalankan program-program unggulannya. Salah satu programnya adalah Kamoung Religi yang sudah berjalan dalam beberapa bulan ini.

Tidak mau dikatakan programnya jalan ditempat, Afrizal Camat Lima Kaum mengadakan rapat Koordinasi dengan tokoh-tokoh yang Berkopeten dalam bidangnya, Kamis lalu di kantor Camat Lima Kaum. Dalam rapat koordinasi ini, Afrizal bersama Ketua KUA Kecamatan Lima Kaum, membahas trobosan dan kegiatan yamg akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini, guna mengisi program kampung religi tersebut.

"Pertemuan kali ini merupakan rapat awal dalam membahas perkampungan religi kedepannya," ujar Afrizal.

Selain itu, rapat awal ini tidak hanya membahas tentang perkampungan religi saja, namum juga membahas mengenai kegiatan-kegiatan keagamaan yang lainya. Ia juga menyampaikan impian dan cita-citanya selaku Camat Lima Kaum, yang ingin menciptakan masyarakat religi dengan menjadikan kampung religi, bahkan nanntinya juga tercipta wisata religi.

"Saya pribadi sangat memimpikan masyarakat Lima Kaum bisa kembali kepada ajara Adat dan Agamanya dalam hal ini Budaya Minangkabu, dan Islam," tambah Afrizal.

Afrizal juga mengatakan impian ini tidak akan bisa terlaksa tanpa bantuan semua unsur dan semua golongan masyarakat Lima Kaum. "Itu alasannya saya mengadakan rapat awal ini, guna merancang nantinya apa-apa saja program yang akan dikerjakan tahun ini. Nantinya akan ada rapar bersama seluruh Wali Nagari yang ada di Kecamatan Lima Kaum guna membahas bersama," tambahnya lagi.

Tidak hanya itu, Afrizal juga menambahkan raoat bersama yang akan digelar pada tanggal 10 nanti juga membahas bagaimana persiapan khafilah Kecamatan dalam menghadapi MTQ di tahun ini.

"Selain membahas kamoung religi, kami juga akan membahas bagaimana kesiapan Khafilah kami dalam mengahadapi MTQ tahun ini," tambahnya lagi.

Hal senada juga diutarakan Kepala KUA Kecamatan Lima Kaum, Syafrizal yang mengatakan bahwa kegiatan keagamaan sangat perlu di utamakan dalam kindisi apapun. Pasalnya, agama merupakan togak dalam pembentukan karakter suatu masyarakat. Selain agama adat juga merupak tiang berdirinya karakter di Tanah Minangkabau ini.

"Saya sangat mendukung semua program ke agama

Sementara itu, Kapolsek Lima Kaum IPTU Fetrizal mengatakan, bahwa kali ini dirinya banyak terlibat langsung dalam program-program kemasyarakatan. Hal ini membuatnya sangat senang dengan bisa menambah pengalaman dalam mengabdi kemasyarakat, sebagaimana yang sudah tertera dalam tugas seorang polisi, sebagai pelindung, pelayan masyarakat.

"Saya sangat senang bisa terlibat langsung dalam kegiatan kemsyarakatan," ujarnya.

Ditambahkannya lagi, dengan selalu diikut sertakan oleh pihak kecamatan dalam semua kegiatannya, juga bisa memudahkan pekerjaanya sebagai petugas kepolisian yang kini diembanya. "Dengan lebih dekat bersama masyarakat, ini sangat mempermudah pekerjaan saya. Contohnya sosialisasi bahaya narkoba, dan kenalakan remaja lainnya," tambahnya.

Senada yang disebutkan Danramil Kapten Inf.Imam, kegiatan keagamaan apabila digalakan tentu akan menekan angka kejahatan dan dalam hal ini dirinya selaku salah satu Forkopinca di Lima Kaum sangat mendukung program yang dijalankan dan diprakarsai oleh Camat Lima Kaum.

Menurutnya, gebrakan dan terobosan yang dilakukan oleh jajaran Kecamatan Lima kaum telah hampir sepenuhnya diaplikasi dengan baik oleh walinagari dan masyarakatnya seperti pencanangan kampung religi di Jorong Koto Gadih yang hingga saat ini berjalan dengan baik.

“Selain itu kebangkitan dan kebersamaan masyarakat mulai hidup dan ini dibuktikan dengan ratusan warga turut serta bergotong royong dalam membersihkan lingkungan, kemudian imbas dari kunjungan Forkopinca ke sekolah-sekolah dalam menggalakan tadarus di sekolah-sekolah berjalan dengan efektiv, hal ini menjadi tolak ukur dari peluncuran program religisu di Lima Kaum mulai menampakan hasil," Sebutnya. (h/rul)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Oktober 2018 - 10:21:26 WIB
    DUKUNG PEMBERANTASAN NARKOBA

    Zohirin: Pemko Sawahlunto Sediakan Tanah untuk Pusat Rehabilitasi

    Zohirin: Pemko Sawahlunto Sediakan Tanah untuk Pusat Rehabilitasi SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengungkapkan, Pemko Sawahlunto sangat serius untuk berpartisipasi dalam memerangi narkoba. Pemko menyediakan tanah seluas 15 hektare untuk pembangunan Pus.
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:37:54 WIB

    Polres Tanah Datar Gelar Aksi Peduli

    Polres Tanah Datar Gelar Aksi Peduli TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas (Lantas), Polres Tanah Datar menggelar aksi pedui kepada pekerja tukang angkat di pasar Batusangkar, Kamis (20/9)..
  • Rabu, 07 Maret 2018 - 17:22:55 WIB

    Di Tanah Datar, Satlantas Bagi-bagi Bunga dan Coklat

    Di Tanah Datar, Satlantas Bagi-bagi Bunga dan Coklat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dihari ketiga Operasi Keselamatan Singgalang 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar melaksanakan pembagian bunga, coklat dan stiker tertib berlalu lintas kepada pengendara, Rabu (7/3)..
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 22:27:10 WIB

    Polres Tanah Datar Bantu Anak Penderita Hydrocephalus

    Polres Tanah Datar Bantu Anak Penderita Hydrocephalus TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Penderitaan salah seorang anak berusia dua tahun mendapat perhatian Kapolres Tanah Datar. Awalnya anak penderita Hydrocephalus tersebut dijumpai Kapolres, AKBP Bayuaji Yudha Prajas di Pasar Bat.
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 11:21:42 WIB

    Pelayanan SKCK, Polres Tanah Datar Dapat Rapor Merah

    Pelayanan SKCK, Polres Tanah Datar Dapat Rapor Merah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatra Barat (Sumbar) mengategorikan Polres Tanah Datar ke dalam zona merah dalam hal pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kepada publik pada 2017. Polres Tanah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM