Acara Baralek Picu Inflasi di Sumbar


Jumat, 12 Januari 2018 - 20:16:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Acara Baralek Picu Inflasi di Sumbar Pedagang cabai saat menunggu konsumen di Pasar Raya, Padang, Jumat (12/1). Rey

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Resepsi pernikahan atau Baralek teryata memicu inflasi pangan di Sumbar. Pasalnya kecintaan masyarakat minang akan masakan pedas membuat permintaan salah satu sembako seperti cabai meningkat, bahkan saat Baralek hingga 100 kilogram.

“Maraknya masyarakat yang menggelar pesta perkawinan menjadi salah satu pendorong inflasi. Selain itu berkurangnya pasokan pangan juga akibat gangguan cuaca," kata Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono pada Haluan, Jumat (12/1).

Inflasi Sumbar pada tahun 2017 mencapai 2,03 persen. Angka tersebut berada di bawah laju inflasi nasional pada Desember 2017 yang melaju pada angka 3.61 persen.

Dari data yang tertulis, terlihat pergerakan harga pangan bergejolak terutama komoditas cabai merah memiliki andil inflasi tahunan sebesar 1,51 persen.

Tingginya permintaan cabai saat baralek juga diungkapkan oleh salah satu pedagang cabai di pasar raya, Marni (30).

"Ketika ada pesta atau baralek, biasanya konsumen berbelanja cabai sampai puluhan kilo, bahkan ada yang lebih seratus kilo," ujarnya.

Okma Linda seorang warga mengatakan, ia baru saja menggelar pesta perkawinan dan mengakui cukup banyak membeli cabai sebagai bahan masakan untuk pestanya.

"Tamu yang saya undang lebih 500 orang, setidaknya butuh cabai merah sekitar 80 kilogram sebagai salah satu bumbu masakan," katanya.

Sementara, sejak tahun 2017, Pemerintahan Kota Padang sudah meluncurkan gerakan menanam sejuta pohon cabai di halaman rumah dan lahan kosong. Hal itu diharapkan agar setiap keluarga di Kota Padang bisa memenuhi kebutuhan cabai sendiri. (h/mg-rei).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM