Sidang Korupsi, Mantan Kepala Sekolah SMK 2 Sawahlunto Dituntut 2 Tahun Penjara


Jumat,12 Januari 2018 - 20:35:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sidang Korupsi, Mantan Kepala Sekolah SMK 2 Sawahlunto Dituntut 2 Tahun Penjara Ilustasi.NET

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sawahlunto, Sunarko menyebutkan pada lanjutan persidangan dugaan korupsi pada SMKN 2 Sawahlunto di PN Tipikor Padang pihaknya menuntut terdakwa dua tahun penjara dan denda Rp50 juta, subsider 6 bulan kurungan.

Sunarko mengatakan, terdakwa Hasdiono pada masa kejadian menjabat sebagai Kepala SMKN 2 Sawahlunto. Ia diduga terlibat dan bertanggung jawab terhadap dugaan korupsi pembangunan ruang kelas baru di sekolah itu pada tahun 2014.

"Pada pembangunan ruang kelas baru tersebut dikucurkan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp1,2 miliar. Diduga negara dirugikan sebesar Rp154. 600.000.," ungkapnya.

Dalam persidangan sebelumnya, JPU telah menghadirkan saksi-saksi di persidangan untuk terdakwa Hasdiono yaitu Wakil Walikota Sawahlunto Ismed dan sejumlah pejabat di Dinas Pendidikan Sawahlunto pada masa itu di antaranya, Kepala Dinas Marwan, Sekretaris Dinas Eidwar, Kabid Dikmen Supar dan Kabid Program Mahyudin serta Joko yang masa itu menjabat Wakil Kepala Sekolah SMK 2

Dalam kasus ini lanjutnya, kejaksaan juga menetapkan status tersangka kepada dua orang lainya yaitu Mahyudin dan Joko. Untuk Pemberkasan keduanya sebut Kejari Sunarko akan segera dilimpahkan ke Pengadilan.

”Setelah terdakwa Hasdiono divonis, berkas dua tersangka lainnya akan segera kami limpahkan,” ujarnya.

Sunarko menambahkan, pihaknya kini telah mendapat tambahan personil sebanyak tiga orang penyidik. Dalam pemberkasan, pihaknya telah memeriksa sebanyak 8 orang saksi.

” Memang ada sedikit keterlambatan dalam prosesnya, hal itu dikarenakan selama ini kami memang kekurangan personil,. Tapi kini sudah ada tiga orang jaksa tambahan, semoga saja dengan adanya tambahan personil ini kita dapat menyelesaikan perkara lebih cepat,” katanya.(h/rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,22 Mei 2018 - 11:08:40 WIB

    Kasus Besi Non-SNI Mulai Disidang

    Kasus Besi Non-SNI Mulai Disidang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terdakwa Widya Kasuma Lawrenzi (68) Alias Awi jalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri Padang, Senin (21/5). Terdakwa diduga mengedarkan besi beton Non Standar Nasional Indonesia (SNI)..
  • Selasa,15 Mei 2018 - 09:25:58 WIB

    Diduga Pungli, Eks Kepsek di Limapuluh Kota Disidang

    Diduga Pungli, Eks Kepsek di Limapuluh Kota Disidang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diduga melakukan Pungutan Liar (pungli) dalam penerimaan siswa baru, terdakwa Yondri (49) merupakan Kepala sekolah (kepsek) SMA 1 Guguak Lima Puluh Kota jalani sidang perdananya di Pengadilan Tinda.
  • Jumat,04 Mei 2018 - 10:37:42 WIB

    Sidang Kasus Korupsi Rumdin Wako Padang Panjang, Audit BPK Penentu Kerugian Negara

    Sidang Kasus Korupsi Rumdin Wako Padang Panjang, Audit BPK Penentu Kerugian Negara PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pakar hukum pidana  Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Prof. Muzakir mengatakan audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menentukan pihak-pihak yang dimintai pertanggungja.
  • Jumat,27 April 2018 - 10:21:57 WIB

    SMS Cinta di Sidang Maria Feronica

    SMS Cinta di Sidang Maria Feronica PADANG, HARIANHALUAN.COM – Terdakwa korupsi anggaran kebersihan Rumah Dinas Walikota Padang Panjang, Richi Lima Saza jadi saksi mahkota untuk terdakwa Maria Feronica, istri Wako Padang Panjang non aktif, Hendri Arnis, Kamis.
  • Kamis,26 April 2018 - 15:31:51 WIB

    Kasus Besi Non SNI di Padang Segera Disidang

    Kasus Besi Non SNI di Padang Segera Disidang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar melimpahkan berkas kasus dugaan perdagangan besi beton tidak memiliki Standar Nasional Indonesia (non SNI) pada Kejari Pada.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM