Marak Kampanye Hitam, Awasi Medsos Selama Pilkada


Jumat, 12 Januari 2018 - 20:40:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Marak Kampanye Hitam, Awasi Medsos Selama Pilkada Media Sosial

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Poses Pilkada 2018 baru memasuki tahap pendaftaran, tapi aktivitas kampanye hitam melalui dunia maya sudah mulai meningkat.

"Walaupun belum masuk tahapan (Pilkada) tapi sudah mulai (kampanye hitam), sudah banyak. Baik itu secara langsung atau tidak langsung," ungkap Sekretaris Komisi I DPRD Kota Padang Faisal Nasir, Kamis (11/1).

Intensitas pertumbuhan aktivitas kampanye hitam, relatif sama di daerah yang akan mengadakan pilkada.

"Provinsi yang melakukan pilkada hingga kabupaten/Kota, sudah jelas ada kampanye hitam, " jelasnya.

Untuk itu, pihak kepolisian agar melakukan penyelidikan terhadap konten-konten kampanye hitam tersebut. Mengingat, kampanye hitam dapat masuk dalam delik aduan atau pidana murni.

Anggota Komisi I DPRD Kota Padang Zaharman memperkirakan,  penyebaran berita "hoaks" melalui media sosial akan semakin massif menjelang penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu 2019 .

Menurutnya, mengantisipasi kemungkinan massifnya berita "hoaks" harus dilakukan langkah-langkah antisipasi agar kondisi masyarakat tetap kondusif dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia mengimbau, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo dan lembaga terkait lainnya dapat melakukan sosialisasi anti "hoaks" ke masyarakat, terutama ke kampus-kampus, sekolah-sekolah dan ke kelompok-kelompok masyarakat, seperti diamanahkan dalam UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Ia menjelaskan, dalam UU ITE menyebutkan, berita "hoaks" yang isinya pencemaran nama baik dapat dikenakan sanksi pidana.

"Khawatir boleh, tapi tidak perlu takut dengan banyaknya berita 'hoaks'," katanya.

Ia mengingatkan, masyarakat untuk  kritis dan cermat dalam menerima informasi-informasi terutama melalui media sosial dengan memfilter berita positif dan negatif serta berita valid dan tidak valid.(h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM