Pahlawan di Tanah Ombak

Obituarium Pak Acin, Orang Biasa yang Luar Biasa


Jumat, 19 Januari 2018 - 01:16:17 WIB
Obituarium Pak Acin, Orang Biasa yang Luar Biasa Pak Acin (duduk) menemani Yusrizal KW dan Henry Pong saat mendesain Ruang Baca dan Kreatifitas (RBK) Tanah Ombak.
kami bersama Pak Acin menyiapkan panggung dongeng Tanah Ombak. Kebetulan, Minggu itu kami mengundang pendongeng Marwan, untuk memainkan dongeng sembari melukis dengan judul Hantu Telunjuk. Acara batal, karena Tanah Ombak berduka, kami mengantar Pak Acin ke peristirahatan terakhirnya, yang kami yakin, ia pergi dengan doa baik anak-anak Tanah Ombak. Semoga segala pemberian moril dan materilnya, semangat dan rasa bangganya pada RBK Tanah Ombak, menjadi amal ibadah yang memuliakannya di mata Allah SWT.

Selepas pemakaman, kami pulang. Kami merasa Pak Acin masih ada. Sapaannya, candanya, serta motivasi-motivasinya kepada anak-anak yang malas atau dilarang ibunya bergabung, membuat kami merasa betapa pentingnya seorang Pak Acin, orang biasa yang dititipkan Allah begitu sangat sebentarnya bersama kami.

Kami sepakat, akan mengenang Pak Acin, sebagai salah satu tokoh penting Tanah Ombak. Ia simbol perlawanan terhadap kebodohan dari orang biasa, demi generasi Purus masa depan yang hebat. Walau tak diucapkannya, tapi kepergiannya menyiratkan betapa sosok Pak Acin tak tergantikan.

Pak Acin, selamat jalan. Tanah Ombak, akan tetap berdebur, akan tetap hidup, karena semangatmu bukan semangat orang tak bisa tulis baca, melainkan semangat orang yang menyadarkan kami: orang hebat dan baik sepertimu, ada di juga di Purus, di gang yang dulu dikenal sebagai Gang Setan, gang yang sebentar lagi kami ganti dengan nama Gang Baca. Pak Acin kami kehilanganmu, dan mendoakanmu, semoga kebaikan dan ketulusan hatimu, mengantarkanmu ke sisi kemuliaan, di hadapan-Nya. Pak Acin, semoga di alam sana, kau tersenyum, walau pada saat ini, kami sedang menyeka air mata, diam-diam. (*)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM