Antisipasi Sampah, Sungai di Padang Dipasang Jaring


Rabu, 24 Januari 2018 - 12:01:06 WIB
Antisipasi Sampah, Sungai di Padang Dipasang Jaring Ilustasi/Haluan

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang punya cara baru untuk menjaga sungai agar tetap bersih. Caranya adalah dengan memasang jaring di sungai pada batas-batas kecamatan.

"Pada batas kecamatan dipasang jaring, setiap sampah yang tersangkut jadi tanggung jawab kecamatan masing-masing," kata Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam sebuah kegiatan bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) V Sumatera di banjir kanal kawasan GOR H. Agus Salim.

Menurut Mahyeldi, perhatian Pemko Padang terhadap kebersihan sungai juga direspon masyarakat dengan membentuk Komunitas Peduli Sungai. Selain itu, hampir semua perguruan tinggi di Kota Padang turut memberikan dukungan melalui aksi bersih sungai.

"Pemko, masyarakat dan komunitas serta perguruan tinggi di Kota Padang siap bersinergi dengan BWS V untuk mewujudkan sungai yang bersih," ujar Mahyeldi.

Walikota menambahkan, pihaknya ingin lebih serius lagi dalam hal mewujudkan sungai tanpa sampah. Tidak henti-hentinya dilakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

Ia juga berharap pihak BWS V Sumatera selaku perpanjangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar membantu juga untuk mengadvokasi masyarakat dengan pemasangan plang larangan membuang sampah di sepanjang sungai.

"Kita berharap BWS membantu membuatkan plang larangan di sepanjang sungai untuk mengadvokasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai," tukas Mahyeldi.

Ia juga menyampaikan, komunitas peduli sungai di Kecamatan Padang Barat yang sudah terbentuk dapat bersinergi dengan BWS dan perguruan tinggi. Sinergi ini akan memperkuat advokasi masyarakat untuk memiliki kesadaran pentingnya sungai bersih.

"Komunitas serupa nanti juga akan diikuti oleh masyarakat di seluruh kecamatan, karena semua kecamatan di Kota Padang dilalui oleh sungai," tukas Mahyeldi. (h/ita)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 22:42:11 WIB

    Antisipasi Gejolak Harga, Pemko Padang Bersama TTI Gelar Operasi Pasar Cabai

    Antisipasi Gejolak Harga, Pemko Padang Bersama TTI Gelar Operasi Pasar Cabai PADANG, HALUAN -- Untuk mengatasi tingginya harga cabai, Pemko Padang bekerja sama dengan Pemprov Sumbar melalui Tokoh Tani Indonesia (TTI) akan menggelar operasi pasar cabai, di Bypass pada Rabu (17/07). Pada pelaksanaan ope.
  • Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah..
  • Selasa, 24 Oktober 2017 - 18:32:03 WIB

    Antisipasi Ada Kecurangan, Bus Trans Padang Miliki Pintu Putar

    Antisipasi Ada Kecurangan, Bus Trans Padang Miliki Pintu Putar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Antisipasi terjadinya kecurangan oleh pramugara di bus Trans Padang, saat ini Dinas Perhubungan telah membuatkan pintu putar. Sebanyak 25 bus sudah mempunyai pintu putar yang akan bekerja otomatis m.
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:28:33 WIB
    SOSIALISASI WBS & CONTROL DI SEMEN PADANG

    Aplikasi WBS Efektif Antisipasi Kecurangan

    Aplikasi WBS Efektif  Antisipasi Kecurangan PADANG, HALUAN — Aplikasi Whistleblowing System (WBS) yang dimiliki PT Semen Padang (PTSP) dinilai efektif meng­an­tisi­pasi terjadinya fraud (ke­cu­rangan) yang ada di ling­kungan perusahaan tersebut. Sebab, fraud m.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 15:51:32 WIB

    Pertamina Sumbagut Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM

    Pertamina Sumbagut Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM PADANG, HALUAN -- Pertamina telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak menjelang dan selama libur panjang Idul Fitri 1437 H mendatang..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM