Dokter Penyakit Dalam Ikuti PIB ke-18 di Padang


Kamis, 25 Januari 2018 - 09:59:33 WIB
Dokter Penyakit Dalam Ikuti PIB ke-18 di Padang PANITIA PIB -- Panitia Pelaksana PIB ke-18, dari kiri ke kanan DR. dr. Najirman SpPD KR FINASIM., dr. Syaiful Azmi SpPD KGH, FINASIM., dr. Harnavi Harun SpPD., KGH, FINASIM, dan Dr. dr. Irza Wahid SpPD KHOM FINASIM., berfoto bersama usai memberi keterangan pers, Rabu (24/1).

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Unand/RSUP M Djamil Padang, bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Sumbar, kembali menggelar Pertemuan Ilmiah Berkala (PIB) Ilmu Penyakit Dalam ke-18, Jumat – Minggu (26-28/1), di Pangerans Beach Hotel.

Iven yang bakal dihadiri lebih dari 500 peserta dari kalangan dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum serta awam ini, digelar dalam bentuk symposium, workshop dan exhibition, yang bertema Improving health care provider’s competencies in internal medicine in JKN area.

Ketua Panitia Pelaksana PIB ke-18 dr. Harnavi Harun  SpPD., KGH, FINASIM kepada wartawan, Rabu (24/1) di Bagian penyakit dalam RSUP M Djamil mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun oleh PIB Cabang Sumbar. “Tujuannya adalah untuk sharing ilmu pengetahuan serta teknologi terbaru di bagian penyakit dalam kepada rekan sejawat. Sehigga, selain menambah ilmu, pelayanan kepada pasien juga bisa lebih ditingkatkan,” kata Harnavi yang saat itu didampingi Kepala Sub Bagian Hematologi – Onkologi Medik Dr. dr. Irza Wahid SpPD KHOM FINASIM, Kepala Sub Bagian Ginjal Hipertensi dr. Syaiful Azmi SpPD KGH, FINASIM, Kepala Sub Bagian Rheumatologi DR. dr. Najirman SpPD KR FINASIM, serta Kepala Sub Bagian Kardiologi sekaligus Ketua PAPDI Cabang Sumbar dr. Akmal M Hanif SpPD  KKV MARS FINASIM.

Lebih jauh Dr. dr. Irza Wahid SpPD KHOM FINASIM  menambahkan, ada 11 topik utama yang akan dibahas pada kesempatan tersebut. Antara lain, alergi-imunologi, endokrinologi-metaboloik, gastroentero-hepatologi, geriatri, ginjal hipertensi, hematologi-onkologi medic, kardiologi, psikosomatik, pulmonologi, reumatologi serta tropik infeksi. “PIB ini diharapkan dapat membantu dokter dalam mendiagnosis dan menatalaksana dengan tepat penyakit-penyakit tersebut di lapangan, terutama pada fasilitas kesehatan tingkat 1, 2 dan 3 di era BPJS ini,” tambahnya.

Sementara dr. Syaiful Azmi SpPD KGH, FINASIM dan DR. dr. Najirman SpPD KR FINASIM  menyebutkan, RS M Djamil saat ini merupakan rumah sakit pertama di luar Pulau jawa yang bisa melakukan transplantasi ginjal, serta memiliki alat untuk aferesis terapeutik. Bahkan, direncanakan bulan depan RS M Djamil akan melakukan transplantasi ginjal untuk ketiga kalinya, setelah dua sebelumnya berhasil dan sukses dilaksanakan. “Prestasi-prestasiini menunjukkan bahwa pelayanan kami kepada pasien semakin meningkat. Begitu pula dengan penerapan teknologi terbaru, sehingga bisa menambah usia harapan hidup pasien,” ungkapnya.

Adapun narasumber yang bakal hadir berasal dari kalangan dokter ahli penyakit dalam dari Jakarta, Medan dan Sumbar. Sedangkan peserta yang hingga kemarin sudah mendaftar lebih dari 580 orang, berasal dari Sumbar, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi dan Pulau Jawa. “Kami sangat mendukung kegiatan ini, dan diharapkan tahun 2021 mendatang Sumbar bisa menjadi tuan rumah kongres penyakit dalam tingkat nasional,” tutup  dr. Akmal M Hanif SpPD  KKV MARS FINASIM.  (h/atv)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]