Pol PP Padang Bongkar Bangunan Liar


Jumat, 26 Januari 2018 - 09:09:27 WIB
Pol PP Padang Bongkar Bangunan Liar Ilustasi/Haluan

PADANG,HARIANHALUAN.COM—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang menertibkan sepuluh bangunan liar (bangli) di bantaran Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kamis (25/1). Bangunan liar dibongkar petugas Pol PP bersamaBabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Meskipun ada sedikit protes dari masyarakat yang tidak terima lapaknya di bongkar, namun penertiban itu, berjalan lancar dan aman.

Baca Juga : Temui Mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Hendri Septa Bicarakan Hal Ini

Petugas memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa bangunan liar dan lapak yang didirikan di tepi sungai Batang Arau melanggar aturan. Akhirnya masyarakat paham dan ikut membongkar sendiri banglinya.

"Riak kecil dalam penertiban itu biasa, ini kan hanya sebahagian masyarakat yang tidak mau menerima untuk ditertibkan,” ucap Kasat Pol PP Yadrison melalui Kasi Operasi Syafnion kepada Haluan, Kamis (25/1).

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

Dijelaskan Syafnion, sebelum petugas membongkar bangli tersebut, masyarakat pemilik bangli telah diberi surat peringatan. Namun, mereka selalu mempertahankan tempatnya dengan berbagai dalih.

“Semua administrasi sebelum penertiban, telah kami lakukan. Jika dibiarkan, yang lain juga akan ikut-ikutan untuk tidak membongkar,”tuturnya.

Ia menegaskan, sepanjang bantaran sungai Batang Arau tidak boleh digunakan untuk berjualan maupun mendirikan bangunan. Jika masih ada lagi yang berjualan, pihaknya tidak akan melayangkan surat. Akan tetapi, langsung dibongkar petugas.

Syafnion berharap masyarakat setempat tidak lagi mengunakan bantaran sungai pasca penertiban ini untuk berjualan. Hanya boleh digunakan sementara waktu oleh masyarakat sebagai dermaga kapal ikan.

"Betapa indahnya bantaran sungai Batang Arau, jika tidak ada PKL dan Bangli. Serta masyarakat tidak membuang sampah kedalam sungai,”sebutnya. (h/mg-mel)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]