Nagari Tuo Pariangan, Pusek Jalo Minangkabau


Jumat, 26 Januari 2018 - 09:12:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Nagari Tuo Pariangan, Pusek Jalo Minangkabau SAMBUTAN -- DR.Ahmad Fauzi,M.Si tengah memberi sambutannya pada  Musrenbang Nagari Tuo Pariangan . EMRIZAL

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM Nagari Tuo Pariangan yang saat ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan,diharapkan mampu menunjukkan jati dirinya sebagai wilayah “pusek jalo” di wilayah alam Minangkabau.

“Sesuai potensi yang ada berupa sejumlah peninggalan budaya seperti Kuburan Panjang Tantejo Gurhano,Tungku Tigo Sajarangan,Sawah Gadang Satampang Baniah dan sebagainya didukung oleh kuliner asli tradisi, akan mampu meraup upaya mendongkrak ekonomi warga”, tutur tokoh warga Pariangan DR.Ahmad Fauzi,M.Si saat menghadiri Musrenbang Nagari setempat Kamis 25/1.

Apalagi menurut DR.Ahmad Fauzi dosen UNP Padang ini, Nagari Tuo Pariangan yang telah viral di media social sebagai Desa terindah di dunia, semua lapisan warganya harus mampu menunjukkan jati dirinya sebagai masyarakat yang senang menerima dan melayani tamu yang datang.

Sebagai putra daerah Nagari Tuo Pariangan, DR.Ahmad Fauzi berjanji akan selalu memberikan pemikiran dan peluang usaha bagi warganya, terutama dalam upaya peningkapan taraf ekonomi warga.

Pada kesemptana tersebut dia mengutarakan, bahwa Universitas Negeri Padang juga telah bersedia menjadikan Pariangan sebagai wilayah binaan perguruan tinggi tersebut.

Sementara Saidani,SP anggota DPRD Tanah Datar asal nagari Tuo Pariangan pada kesempatan tersebut juga mengutarakan tekadnya untuk memajukan tanah kelahirannya.

“Kucuran dana sebesar Rp.3 Milyar untuk tahun ini ke Nagari Pariangan, diharapkan mampu memberikan suntikan bagi kemajuan pembangunan berbagai infra struktur bagi kebutuhan warga”, tuturnya.

Wali Nagari Pariangan April Kh.Saidi dalam kata sambutannya dalam Musrenbang tersebut mengutarakan berbagai sarana yang saat ini dibutuhkan warga, seperti ruas jalan yang sempit,sarana ibadah, lapangan bola kaki dan lain sebagainya.

Imran,SH selaku ketua tim kabupaten yang menghadiri Musrenbang di Nagari Tuo Pariangan tersebut juga mengharapkan kepada semua elemen masyarakat ,untuk selalu berupaya meningkatkan taraf kehidupan warga melalui berbagai program yang diapungkan, baik fisik maupun mental spiritual.

Turut hadir dalam acara Musrenbang tersebut sejumlah pimpinan SOPD seperti kepala Dinas Pariwisata,Budaya dan Olahraga Edi Susanto,Anggota DPRD dari wilayah pemilihan I Saidani dan Afriman Dt.Majo Indo, peserta Musrenbang,anggota BPRN,Niniak Mamak,Alim Ulama ,Bundo Kanduang serta unsure pemuda lainnya.( h/emz )



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 September 2018 - 16:37:55 WIB

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata

    Nagari Jawi Jawi Bakal Dikembangkan Jadi Kampung Wisata AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Puluhan praktisi dan pemerhati pariwisata yang berhimpun dalam tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Terpadu (TP3T) Kabupaten Solok melakukan pertemuan untuk mewujudkan program kepariwisataan p.
  • Jumat, 24 Agustus 2018 - 11:16:21 WIB

    Kantor Balaikota Butuh ATM Nagari

    Kantor Balaikota Butuh ATM Nagari PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Sejak dimanfaatkannya kantor Balaikota Payakumbuh yang baru berada dipusat kota, sejumlah pegawai yang bekerja di pusat pemerintahan tersebut sedikit kecewa, terutama dalam transaksi keuangan..
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 - 16:42:23 WIB

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah AROSUKA, HARIANHALUAN--Ribuan warga Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang digelar nagari itu dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke 73 kemerdekaan RI, S.
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 17:43:45 WIB

    Ada Padi Ungu di Nagari Kasang Padang Pariaman

    Ada Padi Ungu di Nagari Kasang Padang Pariaman PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dusun Tong Blau, Kenagarian Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, ternyata mempunyai padi berwarna ungu. Bahkan pada Kamis (9/8) sudah dilakukan pemotongan pemotongan atau panen p.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 14:51:27 WIB

    FKPT Sumbar: Gerakan Antiradikalisme Harus Dimulai dari Nagari

    FKPT Sumbar: Gerakan Antiradikalisme Harus Dimulai dari Nagari PADANG, HARIANHALUAN.COM – Upaya pencegahan terorisme yang dimulai dari menurunkan tensi radikalisme (deradikalisme) yang tumbuh di sebagian masyarakat tidak bisa tidak kecuali dengan melakukan sebuah gerakan terpadu..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM