2017, Angka Kematian Ibu Melahirkan di Sumbar Meningkat


Selasa, 30 Januari 2018 - 18:27:28 WIB
2017, Angka Kematian Ibu Melahirkan di Sumbar Meningkat Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sepanjang tahun 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat mencatat terjadi angka kematian ibu (AKI) sebanyak 113 kasus. Angka ini menunjukkan adanya peningkatan lima kasus AKI jika dibandingkan tahun 2016 yang hanya 108 kasus.

“Kasus ini terjadi di 17 Kabupaten Kota di Sumbar,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Fionaliza saat ditemui Haluan, Senin (29/1).

Baca Juga : Kasus Dugaan Pencemaran Perusahaan Sawit PT IIS, Warga Tunggu Hasil Labor Diumumkan

Dirincikan Fionaliza, kasus AKI terbanyak terjadi di Kabupaten Pasaman Barat mencapai 20 kasus, disusul Kota Padang peringkat kedua sebanyak 16 kasus. Di bawahnya, ada  Kabupaten Agam dengan 10 kasus AKI serta Pasaman dengan 9 kasus.

Setelah itu,  Kabupaten Dhamasraya, Limapuluh Kota, dan Pesisir Selatan terjadi delapan kasus, dilanjutkan Sijunjung, Mentawai, serta Tanah Datar terjadi enam kasus.

Baca Juga : Duh, Pemukiman Penduduk Hingga Bandara Masuk Kawasan Hutan Lindung

Sementara di Kabupaten Solok terdapat empat kasus AKI dan disusul dengan Kota Payakumbuh, Padang Panjang, Kabupaten Solok Selatan yang masing-masingnya terdapat tiga kasus. Lalu, Kota Pariaman, Bukittinggi, dan Padang Pariaman masing-masing dengan satu kasus.

“Yang tidak terjadi AKI itu di Sawahlunto dan Kota Solok,”jelasnya di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Jati.

Baca Juga : Duh, Lima Kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten Masih Dilanda Banjir

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]