Perda Penanggulangan HIV/AIDS Payakumbuh Belum Menyentuh LGBT


Kamis, 01 Februari 2018 - 17:58:38 WIB
Perda Penanggulangan HIV/AIDS Payakumbuh Belum Menyentuh LGBT Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meski Kota Payakumbuh telah mempunyai Perda tentang Penanggulangan HIV/AIDS. Namun, dalam Perda tersebut belum menyentuh sisi penganan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Padahal perilaku LGBT dinilai menjadi penyebab utama penularan HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya.

“Kami tentu mengapresiasi Perda Penanggulangan HIV/AIDS yang diusulkan Pemda, hanya saja dalam perda tersebut belum spesifik membahas tentang LGBT. Padahal HIV dan PMS paling banyak menular melalui LGBT,” Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Payakumbuh, Fahman Rizal, Kamis (01/02). 

Farman menambahkan lembaganya saat ini semakin gencar melakukan tindakan preventif dan promotif untuk menanggulangi naiknya angka LGBT di Payakumbuh.

“Hanya saja dalam melakukan tindakan persuasif dan preventif, kami terkendala urusan HAM. Oleh karena itu Payakumbuh butuh Perda untuk membahas secara khusus LGBT ini,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan Perda Penanggulangan HIV/AIDS merupakan usalan Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra. “Perda tersebut lebih membahas kepada dampaknya. Sedangkan untuk perilaku LGBT dan detailnya memang belum ada,”ujarnya.

Senada dengan Kadinkes Payakumbuh, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Suparman mengakui Perda Penanggulangan HIV/AID secara spesifik belum membahas tentang LGBT. Perda masih membahas tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. 

“Waktu pembahasan dulu, isu LGBT ini belum merebak seperti sekarang, sehingga bisa dikatakan persoalan ini menjadi terlewatkan. Namun ke depan, kami tentu menerima masukan dan usulan baik dari LSM, masyarakat maupun stakeholder yang konsen dengan persoalan LGBT ini,” pungkasnya.(mg-ari) 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 Maret 2019 - 11:56:46 WIB

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM- Sebagai upaya menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, Komisi IV DPRD Sumbar mengejar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Zonasi Kawasan Danau Maninjau bisa terselesaikan segera..
  • Rabu, 06 Februari 2019 - 12:57:44 WIB

    Perda RTRW Pessel Menggantung

    Perda RTRW Pessel Menggantung PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pembahasan Peraturan Daerah (Perda), tentang Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) Kabupaten Pesisir Selatan hingga kini masih belum rampung. Masih ada tiga poin penting yang harus direvisi oleh pemeri.
  • Senin, 22 Oktober 2018 - 19:05:27 WIB

    Santri di Agam Miliki Peran Menebarkan Perdamaian

    Santri di Agam Miliki Peran Menebarkan Perdamaian AGAM, HARIANHALUAN.COM-- Melalui Hari Santri Nasional akan semakin  memperkokoh peran santri sebagai pioner perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi keberagaman di Indonesia. Satri memiliki peran dalam menjaga keut.
  • Jumat, 15 Desember 2017 - 12:07:40 WIB

    Petani Agam Tanam Perdana 2.250 Batang Manggis

    Petani Agam Tanam Perdana 2.250 Batang Manggis AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Kelompok tani (Poktan) Alai-Alai Indah nagari Sitalang kecamatan Ampek Nagari melakukan penanaman perdana 2.250 batang bibit manggis unggul pada lahan seluas 15 hektare Kamis, (14/12). .
  • Senin, 12 Juni 2017 - 00:10:12 WIB

    Di Payakumbuh, Tarif Parkir Tak Sesuai Perda Dikeluhkan

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Sejumlah pengunjung di Pasar Payakumbuh mengeluhkan pemungutan uang parkir yang tak sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan dalam Perda nomor 19 tahun 2011 tentang Restribusi Parkir. Selisih tarif yan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM