Perda Penanggulangan HIV/AIDS Payakumbuh Belum Menyentuh LGBT


Kamis, 01 Februari 2018 - 17:58:38 WIB
Perda Penanggulangan HIV/AIDS Payakumbuh Belum Menyentuh LGBT Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meski Kota Payakumbuh telah mempunyai Perda tentang Penanggulangan HIV/AIDS. Namun, dalam Perda tersebut belum menyentuh sisi penganan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender). Padahal perilaku LGBT dinilai menjadi penyebab utama penularan HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya.

“Kami tentu mengapresiasi Perda Penanggulangan HIV/AIDS yang diusulkan Pemda, hanya saja dalam perda tersebut belum spesifik membahas tentang LGBT. Padahal HIV dan PMS paling banyak menular melalui LGBT,” Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Payakumbuh, Fahman Rizal, Kamis (01/02). 

Farman menambahkan lembaganya saat ini semakin gencar melakukan tindakan preventif dan promotif untuk menanggulangi naiknya angka LGBT di Payakumbuh.

“Hanya saja dalam melakukan tindakan persuasif dan preventif, kami terkendala urusan HAM. Oleh karena itu Payakumbuh butuh Perda untuk membahas secara khusus LGBT ini,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman mengatakan Perda Penanggulangan HIV/AIDS merupakan usalan Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra. “Perda tersebut lebih membahas kepada dampaknya. Sedangkan untuk perilaku LGBT dan detailnya memang belum ada,”ujarnya.

Senada dengan Kadinkes Payakumbuh, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Suparman mengakui Perda Penanggulangan HIV/AID secara spesifik belum membahas tentang LGBT. Perda masih membahas tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. 

“Waktu pembahasan dulu, isu LGBT ini belum merebak seperti sekarang, sehingga bisa dikatakan persoalan ini menjadi terlewatkan. Namun ke depan, kami tentu menerima masukan dan usulan baik dari LSM, masyarakat maupun stakeholder yang konsen dengan persoalan LGBT ini,” pungkasnya.(mg-ari) 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 21:38:59 WIB

    Raker Perdana Aspena, Bupati Sutan Riska Minta Pemuda Berkontribusi dalam Pembangunan

    Raker Perdana Aspena, Bupati Sutan Riska Minta Pemuda Berkontribusi dalam Pembangunan JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Para pemuda harus berperan aktif dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah. Inilah yang menjadi salah satu poin penting yang disampaikan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Keraja.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 13:37:18 WIB

    Sah! DPRD Kota Padang Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018

    Sah! DPRD Kota Padang Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2018 PADANG, HARIANHALUAN.COM-DPRD Kota Padang setujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2018 menjadi Peraturan daerah (Perda)..
  • Senin, 24 Juni 2019 - 19:54:23 WIB

    Wali Kota Padang Sampaikan Ranperda Pertangunggajawaban APBD

    Wali Kota Padang Sampaikan Ranperda Pertangunggajawaban APBD PADANG,HARIAN HALUAN.COM–Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan secara resmi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Ang.
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 22:53:48 WIB

    Imigrasi Agam Gelar Sosialisasi, Cegah Perdagangan Orang

    Imigrasi Agam Gelar Sosialisasi, Cegah Perdagangan Orang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM,  terus berupaya memperketat pengawasan dalam melakukan penerbitan paspor. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan perlindung.
  • Jumat, 01 Maret 2019 - 11:56:46 WIB

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM- Sebagai upaya menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, Komisi IV DPRD Sumbar mengejar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Zonasi Kawasan Danau Maninjau bisa terselesaikan segera..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM