Terpilih Sebagai Ketua KNPI

Fadly Amran, Tiang Kokoh Pemuda Sumbar


Senin, 05 Februari 2018 - 03:27:04 WIB
Fadly Amran, Tiang Kokoh Pemuda Sumbar Fadly Amran

Lewat Musyawarah Provinsi (Musprov) yang mengedepankan mufakat, Sabtu (3/2), Fadly Amran terpilih secara aklamasi memimpin Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar. Bagi Fadly, keterpilihan dirinya bukanlah akhir dari perjuangan. Dia baru saja memulai ‘perang’ di tengah keringnya semangat membangun di diri pemuda ranah ini.

Lantai dua Gedung Pemuda Sumbar di Kompleks GOR Agus Salim, hiruk oleh suara-suara seratusan anak muda. Fadly Amran berada di tengahnya. Musprov KNPI baru saja usai. Fadly tanpa pesaing untuk mewarisi amanah sebagai ketua dari Defika Yufiandra yang habis masa pengabdiannya. Musprov yang terlaksana menjadi babak baru Fadly dalam berorganisasi. Tantangan berat menunggunya, dan Fadly tahu itu. “Ini dorongan hati. Saya percaya, perubahan harus dilakukan secara bersama. Tidak bisa dicapai jika dia bekerja sendiri. Ibarat kapal besar di tengah amuk gelombang, saya butuh tangan-tangan lain, butuh kebersamaan untuk bisa lolos dari gelombang itu. Lewat KNPI, kebersamaan yang dibutuhkan tersebut ada. KNPI ke depannya aadalah rumah bagi pemuda tanpa ada sekat pangkat, jabatan atau kelas sosial,” papar Fadly.

Baca Juga : Gegara Isu Kudeta, 7 Kader Partai Demokrat Bakal Dipecat

Pemuda Sumbar kekinian ibarat anak ayam kehilangan induk. Kehilangan arah dan tercerai. Nyaris tidak punya tokoh sentral yang menjadi nakhoda. Dengan kondisi demikian, kejayaan pemuda Sumbar perlahan redup. Jika pun ada anak muda Sumbar yang bersinar dan berhasil mengambil panggung secara nasional, itu lebih banyak berproses di luar. Inilah tugas utama yang mesti diemban Fadly Amran. Dia harus bisa menciptakan pemuda-pemuda yang memiliki karakter, pemuda yang tahu kalau dirinya adalah penggerak perubahan. “Sumbar kini dihadapkan pada ancaman terputusnya regenerasi kepemimpinan. Jika tidak cepat diatasi, sepuluh atau 20 tahun lagi, negeri ini bisa tidak memiliki sosok yang mampu menjadi pengayom. Sebagai Ketua KNPI Sumbar, mencetak pemimpin menjadi bagian penting yang harus saya lakukan,” papar Fadly.

Fadly datang dengan segudang harapan yang dimilikinya. Keberhasilannya memimpin KNPI Kota Padang, membuat para pemilik suara di Musprov KNPI Sumbar memercayakan tampuk kepemimpinan kepadanya. Fadly bukan tokoh karbitan, dia pemuda yang masak di batang. Lahir 9 Februari 1988, dia memulai pengalaman berorganisasi sebagai External Legilativer di PERMIAS (Persatuan Mahasiswa Indonesia Amerika Serikat) tahun 2007-2009. Pulang dari Amerika Serikat, setelah menamatkan pendidikan di Seattle University, Fadly dipilih sebagai Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Padang. Pengalaman sebagai pengusaha, juga membawanya sebagai pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumbar dengan jabatan Komite Tetap Perdagangan dan Jasa.

Baca Juga : Setelah PKS, PAN juga Usulkan Kader Dampingi Hendri Septa sebagai Walikota Padang

Tahun 2012, Fadly terpilih sebagai Ketua Umum HIPMI Kota Padang. Di tahun yang sama, Fadly juga menjadi Ketua Bidang di Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PERBAKIN) Sumbar. Kemudian, sebagai Local President Junior Chamber Indonesia (JCI) West Sumatera. Tahun 2015, Fadly terpilih sebagai Ketua Umum DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang. Selain organisasi kepemudaan, Fadly juga aktif di Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sumbar. Tahun lalu, ia dipilih sebagai Ketua Umum PARFI Sumbar. Kemudian, Fadly diangkat sebagai Ketua Bidang Organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar periode 2017-2021.

Keberhasilan Fadly dalam bisnis dan organisasi tidak lepas dari pengaruh orangtuanya. Ayahnya, H Amran dikenal sebagai pengusaha sukses di Sumbar dan Indonesia. Pemilik Universitas Baiturrahmah dan Rumah Sakit Siti Rahmah Padang ini sangat familiar bagi warga Sumbar. Menyandang nama Amran, bukan berarti Fadly terbiasa hidup manja. Ayahnya, mengajarkan untuk hidup mandiri. Hal ini sangat dirasakan ketika harus meninggalkan Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.  Terbukti ia saat ini dikenal sebagai tokoh muda Sumatera Barat yang sukses dengan beberapa perusahaan yang dibangunnya sendiri.

Baca Juga : Ramai Isu Kudeta, 34 Ketua DPD Partai Demokrat Ikrar Kesetiaan di Cikeas Disaksikan AHY

Kemandirian itu pula yang mengajarkannya memulai usaha dari nol. Sepulang dari Amerika, tahun 2009, Fadly membuka usaha Warung Internet (warnet). Usaha tersebut membawanya ke HIPMI untuk menempa pengalaman organisasi dan belajar mengembangkan ide-ide bisnis. Maka dikembangkanlah bisnisnya dengan mendirikan PT. Bangun Harapan Indonesia dengan unit usaha G Sports Center, Fitness Gold, GP Futsal, Minang Mart Gunung Pangilun, D’Besto Gunung Pangilun, Coffe Toffe Padang, Martha Thilaar Padang, Batu Peti Resort Padang, dan Oto Pro Padang. Perusahaan lainnya, PT. Arfa Bangun Perkasa (Arfa Stone Crusher Plant Pekanbaru). Selain itu, menjabat Direktur Utama di kedua perusahaannya, Fadly juga dipercaya sebagai Sekretaris di Yayasan Universitas Baiturrahmah dan Yayasan Rumah Sakit Islam Siti Rahmah. Pengalaman memimpin perusahaan dan yayasan dengan 1.500 lebih karyawan, serta organisasi dengan berbagai tingkat keanggotaannya, menguatkan hati Fadly masuk ke dunia politik. Pengalaman pertama yang dijajalnya adalah bertarung dalam pemilihan Wali Kota Padang Panjang.

Nama Fadly Amran memang tak bisa lepas dari dunia organisasi. Berorganisasi baginya adalah cara untuk mengabdi di tengah masyarakat. Lewat organisasi, Fadly menceburkan dirinya dari satu pengabdian ke pengabdian lain.  Kini, di bahunya terpikul beban berat untuk mengembalikan kejayaan pemuda Sumbar yang nyaris kehilangan suara. Fadly tak gamang, dia siap mencatat sejarah baru, baik bagi dirinya secara pribadi, ataupun untuk KNPI yang dijadikannya sebagai ladang pengabdian.  (*)

Baca Juga : Pengurus PKS Aceh Bersilaturahmi dengan Kapolda Perkuat Sinergitas

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]