Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden


Senin, 05 Februari 2018 - 18:33:20 WIB
Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden Ketua DPW Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari Dt. Palindih

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Gerakan Ekonomi Budaya (Gebu) Minang Sumatera Barat (Sumbar) akan melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gebu Minang 19 kabupaten/kota di provinsi ini di Kyriad Bumiminang Hotel pada 8 Februari. Pada pelantikan tersebut, Gebu Minang Sumbar melantik 475 pengurus DPD se-Sumbar.

Ketua Panitia Pelantikan DPD Gebu Minang Sumbar, Suhermanto Reza, mengutarakan, setelag dilantik oleh DPP Gebu Minang pada September 2017, DPW Gebu Minang Sumbar mengadakan konsolidasi ke kabupaten/kota di provinsi ini. Dalam waktu kurang lebih empat bulan, Gebu Minang Sumbar telah memberikan mandat kepada DPD Gebu Minang 19 kabupaten/kota. Setelah menerima mandat, DPD tersebut perlu dilantik secara resmi oleh DPP Gebu Minang.

"Satu DPD Gebu Minang terdiri dari 25 orang. Apabila dikalikan dengan 19 kabupaten/kota, jumlah DPD Gebu Minang Sumbar sebanyak 475 orang," ujarnya di Kantor DPW Gebu Minang Sumbar, Ulak Karang, Padang, Senin (5/2).

Setelah dilantik nanti, kata Suhermanto, DPD diberikan waktu sebulan untuk menyusun program kerja. DPD harus menyerahkan program kerja itu pada rapat koordinasi daerah DPD Gebu Minang Sumbar yang akan dilaksanakan sebulan setelah pelantikan DPD.

"Program kerja DPD harus sesuai dengan visi dan misi Gebu Minang, yakni bidang agama, budaya, dan ekonomi. Tiap-tiap DPD memiliki program skala prioritas yang disesuaikan dengan kondisi daerah DPD masing-masing," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari Dt. Palindih, mengatakan, Ketua Umum DPP Gebu Minang, Osman Sapta Odang, akan melantik DPD Gebu Minang 19 kabupaten/kota. Beberapa ketua DPD merupakan kepala daerah, yakni Muzni Zakaria (Bupati Solok Selatan), Sutan Riska (Bupati Dharmasraya), Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota), Reinier (Wakil Wali Kota Solok), dan Suhartri Bur (Wakil Bupati Padang Pariaman)  

Pada pelantikan DPD, kata Boy Lestari, pihaknya mengundang presiden, panglima TNI, dan Kapolri.

" Presiden Jokowi, panglima TNI, Kapolri, dan pejabat tinggi negara lainnya berada di Padang pada hari itu untuk menghadiri Hari Pers Nasional. Kami mengundang mereka pada pelantikan nanti untuk memperlihatkan bahwa orang Minang hebat dari segi agama, budaya, dan perdagangan. Kami juga ingin memperlihatkan bahwa orang Minang suka bermusyawarah, bermufakat, berpikir rasional dan emosional," ucapnya.

Apabila presiden dan pejabat tinggi negara hadir pada pelantikan DPD tersebut, kata Boy Lestari, pihaknya akan menyampaikan bahwa Gebu Minang Sumbar siap bekerja sama dengan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

"Kami siap bekerja sama dengan pemerintah, siapa pun presidennya, gubernurnya, wali kota dan bupatinya dalam rangka amar makruf nahi mungkar. Gebu Minang tidak melihat apa partai politiknya kareba Gebu Minang tidak ada kepentingan politik. Bukan berarti kami tidak tahu dengan politik. Kami tahu dengan politik. Pengurus DPD Gebu Minang pun ada dari 12 partai politik, tetapi Gebu Minang bukan gerakan dan organisasi politik," tutur ketua Majelis Zikr Babussalam Indonesia itu.

Pada pelantikan nanti DPD Gebu Minang, kata Boy, ia akan akan meluncurkan buku “Profil Majelis Zikir Babussalam Indonesia” (PT Buana Lestari Group, Februari 2018).  

Korlap Pelantikan DPD Gebu Minang Sumbar, Bunda Refan, menambahkan, pada pelantikan tersebut diadakan pameran kerajinan UMKM bertema “Pameran Ekonomi Kreatif Binaan Gebu Minang Sumbar”. Pada pameran tersebut ditampilkan hasil kerajinan tangan dan makanan olahan industri rumahan UMKM.

“Ada 600 UMKM binaan Gebu Minang Sumbar. Pembinaan UMKM ini merupakan salah satu implementasi visi misi Gebu Minang di bidang ekonomi,” ucapnya. (h/dib)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 16:00:10 WIB

    15 Pejabat Eselon Pemko Pariaman Dilantik

    15 Pejabat Eselon Pemko Pariaman Dilantik KOTA PARIAMAN, HALUAN - Berselang lima hari, Pemko Pariaman kembali lakukan mutasi dan pelantikan pejabat struktural Pemerintah Kota Pariaman dalam jabatan Administrator (Eselon III) dan Pengawas (Eselon IV) bertempat di Aula.
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 12:04:00 WIB

    Ridwan Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Payakumbuh

    Ridwan Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Payakumbuh dari Fraksi Demokrat Ridwan, SH dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019. Ridwan diambil sumpah/janji jabatannya dipim.
  • Senin, 06 Mei 2019 - 16:39:00 WIB

    Puluhan Pejabat Payakumbuh Dilantik

    Puluhan Pejabat Payakumbuh Dilantik PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 67 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Aula Ngalau Indah Lt. III Kantor.
  • Jumat, 03 Mei 2019 - 20:24:53 WIB

    Mutasi  di Pemko Pariaman, Inilah Pejabat yang Dilantik Wako Genius Umar

    Mutasi  di Pemko Pariaman, Inilah Pejabat yang Dilantik Wako Genius Umar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Mutasi  bergulir di jajaran Pemerintah Kota Pariaman. Walikota Pariaman Genius Umar, melantik pejabat eselon II, III dan IV serta Kepala Rumah Sakit di Lingkungan Pemko Pariaman, di Aula Balaikota .
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 11:23:07 WIB

    Pejabat di BNNP Sumbar Resmi Dilantik

    Pejabat di BNNP Sumbar Resmi Dilantik PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, memimpin acara pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan pengawas, dan jabatan fungsional tertentu, Selasa (19/2) di Aula Kantor BNNP.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM